5162
  2017-11-15       id.pinterest.com

Muslim Itu Besaudara! Yuk Ketahui 6 Hak & Kewajiban Sesama Muslim!

Sebagai sesama muslim yang bersaudara kita memiliki hak dan kewajiban yang mesti dipenuhi. Ingin tahu apa sajakah itu? Yuk simak ulasan 6 hak & kewajiban sesama muslim selengkapnya di sini!

Official Moeslema Team 146 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat. [QS. Al-Hujurat: 10]

Allah SWT berfirman bahwasanya sesama muslim yakni orang-orang yang beriman kepada Allah SWT adalah bersaudara, maka jika dua orang muslim bertengkar hendaklah salah seorang diantara kalian ada yang membantu melerai pertengkaran tersebut. Pada ayat tersebut kita bisa mengambil pelajaran takutlah kepada Allah SWT dengan cara berdamai dengan saudara sesama muslim, bahkan dalam riwayat hadist dikatakan bahwa tidak boleh bertengkar lebih dari 3 hari. Itulah sedikit tentang persaudaraan sesama muslim yang mesti kita ketahui, ada begitu banyak hak-hak dan kewajiban sesama muslim yang Allah dan Rasul-Nya perintahkan di dalam Al-Qur'an dan hadist, diantaranya adalah 6 hak dan kewajiban sesama muslim berikut ini!

1. Mengucapkan Salam Ketika Bertemu

Dari Abu Hurairah RA ia berkata: Rasulullah SAW bersabda:
“Hak seorang muslim terhadap sesama muslim itu ada enam, yaitu: (1) jika kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam. . . . . [HR. Muslim, no. 2162]

Hak sesama muslim yang pertama adalah mengucapkan salam ketika bertemu sebagaimana sabda Rasulullah SAW di atas. Mengucapkan salam di zaman sekarang mungkin ada beragam cara dan bentuk, bisa hanya sekedar bilang "Hai!", melambaikan tangan, dan masih banyak lagi. Tapi khususnya bagi seorang muslim salam di sini artinya adalah mengucapkan "Assalamu'alaikum" yang mana mungkin bagi sebagian orang merupakan hal yang sepele, tapi jika melihat makna dari salam itu sendiri adalah sebagai sebuah do'a dari seorang muslim kepada muslim lainnya agar senantiasa diberi keselamatan. Dan sebagai seorang muslim hukum menjawab salam adalah wajib.

2. Memenuhi Undangan

(2) Jika ia mengundangmu maka penuhilah undangannya. . . . . . [HR. Muslim, no. 2162]

Hak dan kewajiban seorang muslim berikutnya adalah memenuhi undangan. Ada beragam undangan yang seringkali kita dapatkan diantaranya undangan pernikahan, undangan sunatan, undangan syukuran, undangan rapat RT/RW dan masih banyak undangan-undangan lainnya. Nah, lalu undangan seperti apa yang wajib kita datangi? Sebagian besar ulama sepakat bahwa menghadiri undangan pernikahanlah yang hukumnya wajib, dan undangan lainnya bersifat sunnah.

3. Memberikan Nasihat

(3) Jika ia meminta nasihat kepadamu maka berilah ia nasihat. . . . . . [HR. Muslim, no. 2162]

Berikutnya adalah memberikan nasihat apabila diminta. Jika ada salah seorang temanmu, atau sadara yang meminta nasihat berupa pendapat atau bertanya tentang suatu hal, maka kita wajib memberikannya nasihat itu. Lalu bagaimana jika dia tidak meminta nasihat? Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an bahwa saling menasehatilah satu sama lain dalam kebaikan dan ketakwaan dan jangan kalian saling menasehati dalam keburukan dan kemunkaran. Ayat tersebut memberikan petunjuk bahwa sesama muslim hendaklah saling mengingatkan dan saling menasehati dalam kebaikan meskipun tidak diminta.

4. Do'akan Ketika Bersin

(4) Jika ia bersin dan mengucapkan: ‘Alhamdulillah’ maka do’akanlah ia dengan Yarhamukallah (artinya = mudah-mudahan Allah memberikan rahmat kepadamu). . . . . [HR. Muslim, no. 2162]

Hak sesama muslim lainnya adalah ketika bersin dan mengucapkan "Alhamdulillah", maka sebagai seorang muslim kita mesti menjawabnya dengan bacaan "Yarhamukallah". Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa ketika kita sedang bersin, seluruh fungsi dalam tubuh kita berhenti seketika. Karena itu sudah sepantasnya kita mensyukuri hal tersebut dengan mengucap hamdalah, sebagai balasannya hendaklah yang mendengar bersin tersebut mendo'akan agar Allah SWT memberikan rahmatnya kepada orang-orang yang mensyukuri hal-hal yang sering kali dianggap kecil tersebut.

5. Tengok Ketika Sakit

(5) Jika ia sakit maka jenguklah. . . . [HR. Muslim, no. 2162]

Moeslemates, mungkin kegiatan menengok satu sama lain ketika sedang sakit sudah menjadi adat dan kebiasaan orang Indonesia khususnya. Tapi jika melihatnya dari sudut pandang agama, menengok orang sakit merupakan hak dan kewajiban seorang muslim sebagaimana sabda Rasulullah di atas. Hal ini juga berkaitan dengan memperhatikan kebutuhan sesama muslim yakni uang untuk berobat, makanan yang bisa di konsumsi, juga melapangkan kesulitannya dengan memberikan dukungan dan motivasi agar semangat dalam menghadapi ujian yang sedang Allah SWT berikan.

Dari Abdullah bin ‘Umar radliyallahu ‘anhuma berkata, Rasulullah SAW bersabda "Seorang muslim itu saudara bagi muslim yang lainnya. Tidak boleh mendhaliminya dan tidak boleh pula menyerahkan kepada orang yang hendak menyakitinya. Barangsiapa yang memperhatikan kebutuhan saudaranya, maka Allah akan memperhatikan kebutuhannya. Barangsiapa yang melapangkan kesulitan seorang muslim, niscaya Allah akan melapangkan kesulitan-kesulitannya di hari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi kesalahan seorang muslim, niscaya Allah akan menutupi kesalahannya kelak di hari kiamat” [HR. Bukhari no. 2442, Muslim no. 2580, Ahmad no. 5646, Abu Dawud no. 4893, at-Tirmidzi no. 1426]

6. Layat Ketika Meninggal

(6) Jika ia meninggal dunia maka iringilah jenazahnya”. [HR. Muslim, no. 2162]

Hak dan kewajiban seorang muslim yang terakhir adalah melayatnya ketika meninggal. Dalam hadits dikatakan untuk mengiringi sang jenazah, maksudnya mulai dari menyolatkan, mengantarkannya ke pemakaman, dan meringankan beban keluarganya yang ditinggalkan. Dalam mengiringi jenazah ini pun kita bisa mengambil pelajaran untuk senantiasa mengingat kematian.

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS