511
  2016-08-11       www.hungrypill.com

Food Belief and Food Fadism

Food Belief and Food Fadism adalah sebuah kepercayaan terhadap suatu makanan tertentu.

Triwitaan 155 views

Source: www.google.com

Makanan adalah segala sesuatu yang dapat dimakan dan setelah dicerna serta diserap tubuh akan berguna bagi kesehatan dan kelangsungan hidup. Makanan yang dimakan tentunya yang sehat dan bergizi guna menunjang kesehatan dan kelangsungan hidup pemakannya. Berbagai jenis dan bentuk makanan tersedia untuk dapat dimakan langsung maupun diolah terlebih dahulu. Dari banyaknya jenis makanan yang terdapat beberapa diantaranya, masyarakat masih terjebak dengan pendapat-pendapat yang mengatakan bahwa makanan tertentu memiliki kegunaan dan khasiat tertentu bagi kesehatan. Hal seperti ini sering terjadi, kepada mereka yang tidak mengetahui komposisi dan unsur berkhasiat dalam setiap makanan.

Kenapa seperti itu?
Karena makanan yang dimakan seseorang biasanya berkaitan dengan pola makan budaya masyarakat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang memilih pola makanannya, faktor-faktor tersebut adalah kesenangan dan ketidaksenangan (food like and dislike), kebiasaan (food habit), daya beli serta ketersediaan makanan (purchasing power and food availability), aktualisasi diri (self-actualization), faktor agama serta psikologis, pertimbangan gizi dan kesehatan, serta kepercayaan dan ketakhayulan pada makanan (food belief and food fadism).

Source: www.google.com

Nah, faktor terakhir ini menjadi momok pembahasan kali ini, sering kali kita terjebak semacam kepercayaan serta ketakhayulan akan makanan tertentu dapat menyembuhkan, ada juga pendapat mengatakan bahwa makanan tertentu dapat mencegah penyakit ini, atau dapat mengurangi rasa sakit. Memang penentuan diet pada makanan didunia kesehatan dapat memulihkan kesehatan pasien, sama seperti obat. Keduanya saling memberikan pengaruh besar pada pemulihan, khususnya pada orang sakit. Tetapi yang terjadi di kalangan masyarakat begitu besar pengaruh kepercayaan pada makanan seperti ini. Hal ini harus diklarifikasi pada seseorang yang memang ahli dalam masalah makanan dan nutrisi.

Source: www.google.com

Seperti halnya makanan yang dimakan masyarakat memiliki nilai fundamental bagi beberapa aspek kehidupan. Dalam tradisi agama, budaya dan etos, sebagaian besar pada masyarakat berkembang simbol- simbol makanan sebagai bentuk perhatian dan rasa sayang terhadap orang lain. Sebagai contoh kita dapati salah satu kepedulian seseorang terhadap tetangganya adalah memberikan makanan kepadanya. Pemberian makanan tersebut dapat menghilangkan rasa permusuhan yang demikian membawa perdamaian. Pun sama halnya dengan pemberian makan bagi orang sakit, pemberian tersebut bermaksud sebagai bentuk lambang kasih sayang yang dimana pemberian makanan itu dapat membantu kesembuhan orang yang sakit. Bukan dilihat dari unsur-unsur gizinya saja tetapi tetapi peranan makanan tersebut dapat menjadi asuhan fundamental yang berarti.

Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS