5089
  2017-11-07       www.instagram.com

Sebab-Sebab Merasa Malas Dalam Melaksanakan Shalat Dan Solusinya

Sedang merasa malas melakukan ini dan itu? Atau bahkan merasakan keimananmu sedang turun dan malas dalam beribadah? Duuhh jangan dibiarkan Moeslemates! Baca sebab-sebab merasa malas shalat dan solusinya di sini!

Official Moeslema Team 2,418 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Akhir-akhir ini sering merasa malas melakukan sesuatu? Bahkan malas ketika hendak melaksanakan shalat dan ibadah lainnya? Memang yang namanya keimanan ibarat roller coaster, kadang berada di atas, kadang juga di bawah. Kadang kita rajin melaksanakan ibadah mulai dari hal-hal wajib, hingga sunnah, tapi tiba-tiba jadi malas, bahkan lalai dalam melaksanakan shalat wajib. Ada banyak faktor yang pasti membuat Kamu malas dalam melaksanakan ibadah dalam hal ini adalah shalat. Selain ada yang beralasan karena faktor cuaca yang mendukung, nyatanya ada beberapa sebab-sebab berikut ini yang berbahaya bagi keimananmu dan temukan solusinya di sini!

1. Lalai

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat [4] (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya [5].
[QS. Al-Ma'un 4-5]

Sebab-sebab Kamu merasa malas dalam melaksanakan shalat wajib adalah penyakit lalai. Padahal sebagaimana yang kita ketahui Allah SWT berfirman bahwa orang yang lalai dalam shalatnya maka akan celaka. Kebiasaan menunda-nunda shalat pun menjadi penyebab Kamu lalai dan akhirnya malas untuk shalat. Padahal cita-citamu adalah masuk surga, tapi melaksanakan shalat sja malas, apa masih berhak Kamu menuntut agar bisa masuk surga?

A post shared by Dije (@duniajilbab) on

2. Terbiasa Dalam Perbuatan Munkar

Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. [Al-An'am: 125]

Sebab - sebab seseorang merasa malas melaksanakan shalat berikutnya adalah karena terbiasa dalam perbuatan munkar. Maksudnya, jika Kamu terbiasa lalai shalat, maka kamu akan lalai tanpa merasa risih. Jika Kamu terbiasa tidak shalat, maka Kamu akan dengan mudahnya tidak melaksanakan shalat tanpa ada penyesalan dan merasa berdosa. Sebagaimana firman Allah SWT, jika Allah telah menghendakimu dalam kesesatan maka Kamu akan tersesat, padahal sabda Rasul Allah tidak akan merubah suatu kaum jika tidak kaum itu sendiri yang merubahnya. Kamu tidak akan merasa malas dalam shalat jika Kamu membiasakan diri untuk menunaikannya setiap 5 waktu yang wajib.

A post shared by Dije (@duniajilbab) on

3. Tidak Menjadikan Allah Sebagai Prioritas

Apakah Allah SWT sudah menjadi prioritas utamamu? Karena sebab-sebab malas shalatmu adalah Kamu tidak menjadikan Allah SWT sebagai prioritas. Karena bagi mereka yang telah meletakkan Allah pada posisi pertama dalam hatinya, Dia tidak hanya akan melaksanakan shalat di awal waktu, tidak hanya melaksanakan shalat dengan khusyuk, tapi juga dia menganggap bahwa shalat merupakan bentuk ketaatannya pada Tuhannya, dan ia akan menemui Tuhannya suatu saat nanti. Maka jika Kamu merasa malas, solusinya ingatlah bahwa suatu saat nanti Kamu akan bertemu langsung dengan Tuhannmu dan mempertanggung jawabkan perbuatanmu di dunia.

A post shared by hijaz.id (@hijazdotid) on

4. Kurang Beristighfar

Kurang beristighfar juga merupakan sebab-sebab Kamu merasa malas melaksanakan shalat. Sesungguhnya istighfar tidak hanya membantu menghapus dosa-dosamu, tapi juga mengingatkanmu akan dosa-dosamu! Maka perbanyaklah beristighfar agar terlepas dari rasa malas. Istighfar juga bisa mendamaikan hatimu, menjaga keimanan dan menghilangkan kerusakan ibadahmu.

A post shared by Dije (@duniajilbab) on

5. Baca Do'a Berikut Ini!

Moeslemates, untuk mengiringi ikhtiarmu terhindar dari rasa malas dalam melaksanakan ibadah, alangkah lebih baik jika diiringi do'a berikut ini! Karena sebaik-baiknya pertolongan adalah dari Allah SWT, jangan sampai kita dibiarkan tersesat dari jalan-Nya. Perbanyak do'a dan istighfar yaa!


Itulah sebab-sebab merasa malas dalam melaksanakan shalat dan solusinya yang bisa Kamu amalkan agar terhindar dari perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Jika malas saja dapat merugikanmu, apalagi jika Kamu meninggalkan shalat? Naudzubillahimindzalik! Semoga kita senantiasa diberikan hidayah dan petunjuk untuk selalu melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya. Amminn, semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS