4940
  2017-10-19       www.limecrime.com

Mengenal Berbagai Jenis dan Fungsi Make Up Brush Part 1

Yuk cari tahu berbagai macam jenis dan fungsi brush makeup agar kamu nggak salah menggunakannya.

Marta Marselina 185 views

Dalam mengaplikasikan make up ada banyak sekali jenis brush yang bisa kita gunakan. Brush ini akan mempermudah kamu dalam merias wajah. Tapi apakah kamu sudah tahu semua kegunaannya dengan benar?
Brush atau kuas make up ada berbagai macam jenis dan fungsinya. Jadi kamu tidak bisa sembarangan juga dalam menggunakan kuas tersebut. Nah, biar kamu nggak salah, yuk kenali berbagai macam jenis kuas make up dan fungsinyanya.

1. Foundation Brush

Saat menggunakan foundation sebenarnya ada beberapa pilihan cara pengaplikasiannya. Pertama bisa menggunakan jari tangan kedua, kedua kamu bisa menggunakan kuas. Kuas ini cocok banget digunakan untuk jenis liquid foundation. Ketiga, aplikasikan dahulu dengan jari, kemudian baru ratakan menggunakan kuas.

Foundation Brush atau kuas foundation biasanya berbentuk. agak pipih dengan ujung yang sedikit melengkung. Bentuk ini bisa kamu gunakan bila menginginkan hasil coverage yang merata pada seluruh wajah. Kuas ini wajib dimiliki untuk alas makeup yang sempurna. Kuasnya pun juga harus yang pas ya, karena kalau kita memilih kuas foundation yang kurang bagus ternyata juga dapat mengakibatkan hasil makeup yang terlalu tebal.

2. Powder Brush

Seperti namanya Powder Brush, kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan makeup yang bertekstur bubuk seperti bedak tabur atau finishing powder. Kuas ini biasanya berbentuk paling besar dan memiliki iujung bulat. Kuas yang kebanyakan terbuat dari memiliki bulu-bulu sintetik ini digunakan untuk menyapu makeup ke seluruh wajah agar hasil akhir merata. Kuas dengan bentuknya yang tebal ini mencegah agar bedak di wajah yang menempel tidak terlalu tebal. Tidak hanya untuk mengaplikasikan bedak saja, kuas ini juga bisa digunakan untuk mengaplikasikan shimmering sebagai sentuhan akhir di wajah.

3. Blusher Brush

Kuas ini bentuknya hampir sama dengan kuas powder, tetapi lebih bulat dan ketebalan bulunya lebih sedikit dibandingkan powder brush. Kuas blush dipakai untuk mengaplikasikan blush on atau bronzer pada pipi dan dagu secara sempurna serta menyamarkan garis-garis muka. Kuas jenis ini juga memiliki banyak ukuran ada yang kecil, medium, hingga besar. Cara memakainya dengan memulaskan secara vertikal maupun melingkar, sehingga meninggalkan kesan natural dan merata. Aplikasikanlah brush mulai dari depan telinga sampai ke puncak pipi, wana blush di bagian depan telinga harus lebih tebal bila dibanding dengan puncak pipi, untuk menciptakan kesan pipi yang lebih tirus.

4. Concealer brush

Concealer Brush / Kuas concealer ini biasanya berukuran panjang dengan ujung bulu bulat dan meruncing. Ujung runcing dan ukuran kecilnya memudahkan menggapai area yang sempit dan kecil, seperti ujung mata dan hidung. Kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan concealer untuk mengkoreksi kekurangan di wajah seperti wajah warna kulit wajah yang tidak merata atau mungkin kulit wajah yang sedang berjerawat. Kuas ini juga digunakan untuk menyamarkan noda hitam dan lingkaran hitam pada mata. Pilihlah brush yang tepat untuk mengaplikasikan concealer secara merata agar tidak cakey setelah lama digunakan.

5. Contour Brush

Source: www.byrdie.com

Contour Brush memiliki bentuk kemiringan pada susunan bulu kuasnya. Kuas ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan make up yang gunanya untuk membuat kontur pada tulang pipi dan garis dahi serta garis dagu, dengan memberikan bronzer atau bedak tabur dengan warna lebih gelap di bagian leher maupun rahang agar kontur warna dapat membuat karakter wajah lebih slim atau tirus dengan merampingkan bentuk hidung serta mempertegas cekungan pipi dan rahang. Kamu wajib memiliki kuas contour agar mendapat hasil riasan yang sempurna.

6. Eyeshadow Brush

Kuas ini berfungsi untuk mengaplikasikan eyeshadow, kuas ini berukuran kecil dan bulunya padat. Kuas eyeshadow yang baik mampu menahan sisa eyeshadow saat pengaplikasian, sehingga butir-butirnya tidak jatuh ke bawah mata. Pilihlah kuas yang memiliki bulu halus dan nyaman. Selain itu bisa menjangkau kelopak mata saat mengaplikasikan berbagai warna eyeshadow. Standarnya bentuk kuas untuk eyeshadow sedikit pipih dengan ujung yang membulat. Kuas eyeshadow yang tepat menjadi salah satu kunci makeup artist dalam mendapatkan riasan mata yang sempurna. Kuas ini fungsinya hampir sama dengan pengulas eyeshadow yang terbuat dari sponge kecil, yaitu untuk mengaplikasikan eyeshadow dan dapat juga digunakan sebagai brush pembentuk sudut mata.

7. Blending Brush

Untuk mendapatkan riasan mata yang cantik kamu juga perlu memiliki blending brush. Fungsinya untuk membaurkan eyeshadow agar bisa memberikan gradasi warna yang menarik. Perbedaannya dengan eyeshadow brush, bentuk kuasnya lebih bulat dengan ujungnya yang melengkung. 

8. Large atau Big Fan Brush

Dari namanya, kuas ini mudah dikenali. Big Fan Brush memiliki bentuk kuas tipis/pipih, lebar seperti kipas tangan. Kuas ini lebih dikenal sebagai kuas kipas. Fungsi kuas kipas ini adalah untuk merapikan dan membersihkan riasan pada wajah, misalnya bubuk serpihan eyeshadow yang jatuh di daerah wajah lainnya. Saat finishing touch, kuas berbentuk kipas ini berfungsi membersihkan eyeshadow yang meluber pada riasan, serta merapikan bronzer dan blush on yang tidak rata atau terlalu tebal. Selain itu juga ada big fan brush yang berukuran lebih kecil dan tipi. Fungsinya pun sama, tetapi kuas ini digunakan pada bagian yg lebih detail yang sekiranya tidak terjangkau oleh large fan brush.

Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction

no comments

Follow Moeslema on SNS