4884
  2017-10-10       nova.grid.id

5 Masalah yang Biasa Dialami Saat Menstruasi

Ada beberapa gejala saat menstruasi yang sebenarnya menunjukkan sesuatu yang serius, Apa saja gejala masalah yang sering dialami saat menstruasi?

Official Moeslema Team 126 views

Menstruasi merupakan siklus alamiah yang terjadi pada tubuh wanita. Siklus ini umumnya muncul tiap sekitar 4 minggu, dimulai sejak hari pertama menstruasi mulai hingga hari pertama menstruasi berikutnya tiba. Masing-masing wanita bisa memiliki siklus menstruasi yang tidak sama antara yang satu dengan yang lain. Hal ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi yang adala dalam tubuh.

Kebanyakan wanita mengalami permasalahan saat menstruasi. Ada beberapa gejala saat menstruasi yang sebenarnya menunjukkan sesuatu yang serius dan Anda harus segera mengunjungi dokter. Apa saja gejala masalah yang sering dialami saat menstruasi?

Berdarah terlalu banyak

Source: hellosehat.com

Jika darah menstruasi yang keluar terlalu banyak sehingga kamu harus mengganti pembalut setiap satu jam, sebaiknya segeralah berkonsultasi ke dokter. Kondisi seperti itu memungkinkan kamu kehilangan banyak darah yang bisa menyebabkan kelelahan, pusing bahkan pingsan. Jadi jangan sepelekan ya.

Nyeri haid yang tak bisa diobati

Penyebab paling umum dari kram dan nyeri saat menstruasi adalah bahan kimia prostaglandin. Bahan ini biasanya terdapat pada obat anti peradangan non-steroid yang menghalangi produksi darah berlebih. Jadi, jika obat pereda nyeri tidak mempan mengobati atau menahan nyeri atau kram pada perut yang kamu rasakan saat menstruasi, bisa jadi kamu menderita endometriosis. Kamu perlu berkonsultasi dengan dokter karena memungkinkan untuk menjalani perawatan lebih lanjut seperti obat atau operasi.

Demam

Source: www.halodoc.com

Jika kamu sering mengalami demam saat menstruasi tiba, sebaiknya segeralah pergi ke dokter. Kondisi seperti ini biasanya bukan karena infeksi bakteri akibat terlalu lama menggunakan pembalut tanpa menggantinya. Biasanya, ini karena penyakit radang panggul yang kambuh saat menstruasi tiba.

Berdarah setelah haid berhenti

Darah keluar dari vagina setelah menstruasi berhenti biasanya wajar kalau kamu baru menggunakan pil KB. Namun, jika kamu tidak menggunakan KB namun masih terdapat bercak darah haid, bisa jadi itu gejala polip di dinding rahim atau pertumbuhan yang berlebih dari dinding rahim. Pendarahan setelah berhubungan seks juga bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Karena, ini menunjukkan kelainan seperti sel displasia abnormal pada dinding rahim yang dapat berkembang menjadi kanker serviks jika tidak diobati.

Haid tidak teratur

Nah masalah ini yang paling banyak dialami wanita saat menstruasi yaitu tidak datang teratur setiap bulan. Bisa jadi ini terjadi karena Kamu sedang hamil. Namun, jika ternyata melewati siklus menstruasinya sudah beberapa kali, sebaiknya segera ke dokter untuk mengecek hormon. Coba juga perhatikan apakah payudara keluar cairan seperti susu, bisa jadi karena kelebihan hormon prolaktin. Ingin tahu apa lagi penyebab menstruasi yang tidak teratur? yuk nonton video yang satu ini !

Nah apa kamu pernah mengalami salah permasalahan di atas? Kalau iya sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter ya Moeslemates.

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Related Tags
Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS