4855
  2017-10-05       beautycrew.com.au

5 Kesalahan Dalam Menggunakan Highlighter

Moeslemates, sedang mencoba full face makeup dan ingin mempraktikkan teknik highlight pada wajah? 5 kesalahan ini perlu kamu ketahui agar kamu bisa menggunakan highlighter dengan tepat!

rianarianni 15,011 views

Assalamualaikum, Moeslemates!

Highlighter, untuk kamu para beauty enthusiast pasti sudah tahu produk makeup yang satu ini. Namun, apa sih sebenarnya Highlighter itu? Fungsi utama highlighter adalah menonjolkan tulang pipi yang sering dilakukan dengan penggunaan shading. Namun, karena seringkali hasil shading tidak begitu natural maka highlighter dapat memberikan efek yang diinginkan pada wajah dengan memberi ilusi dan definisi yang membuat struktur wajah terlihat lebih jelas.

Untuk Moeslemates yang sedang mencoba full face makeup dan ingin mempraktikkan teknik highlight pada wajah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Yuk simak 5 kesalahan yang sering terjadi saat menggunakan highlighter:

1. Highlight Terlalu Tebal

Menggunakan highlighter yang terlalu tebal bukanlah suatu hal yang diarankan. Kecuali jika kamu ingin terlihat super-shiny dengan highlighter yang super banyak itu. Selalu ingat dalam bermakeup ada prinsip less is more dan hal ini juga berlaku saat kamu mengaplikasikan highlight di wajah. Tujuan pemakaian highlighter adalah untuk memberikan kesan yang segar dan glowing pada wajah namun tetap terlihat subtle. Jadi kebayang kan penggunaan pemberian highlighter yang terlalu tebal justru akan membuat kamu terlihat palsu dan menyeramkan.

Jika kamu akan sering berada di luar ruangan atau outdoor, sebaiknya sapukan highlighter pada area-area yang paling awal terkena matahari seperti dahi, tulang pipi, tulang alis, sepanjang batang hidung, dan cupid’s bow di atas bibir. Karena pengaplikasian ke seluruh wajah justru akan membuat wajahmu terlihat oily dan cenderung kusam. Untuk pengaplikasian pada tulang pipi kamu juga harus memastikan untuk mengaplikasikan higlighter di atas tulang pipi bukan di bawah tulang pipi.

2. Pemilihan Warna Yang Salah

Bukan hanya bedak atau foundation yang harus sesuai dengan warna kulit, pemilihan warna highlighter juga harus dipertimbangkan. Jika kamu memiliki jenis kulit yang cenderung putih, pilihlah warna higlighter yang tidak terlalu warm. Kulit jenis ini juga termasuk yang paling mudah dalam memilih highlighter.

Berbeda jika kamu memiliki warna kulit yang sedikit sawo matang. Pilihlah highlighter berwarna bronze atau warna-warna yang hangat. Sedangkan untuk kamu yang memiliki warna kulit cenderung gelap, bisa menggunakan warna highlighter yang sama dengan kulit sawo matang namun pakailah lebih tipis untuk hasil yang natural. Warna-warna golden juga sangat cocok untuk jenis kulit ini karena akan menghasilkan kesan wajah yang eksotis. Untuk kamu beauty enthusiast, pemilihan highlight berbentuk palette juga bisa jadi pilihan untuk warna yang lebih beragam dan sesuai dengan jenis kulitmu.

3. Salah Mengaplikasikan Highlight

Kesalahan lainnya dalam menggunakan highlighter adalah salah menempatkan highlihter di wajah. Kesalahan yang satu ini dapat membuat wajah kamu dapat terlihat berminyak atau bahkan terlihat lebih lebar dibandingkan sebelumnya.

Untuk mendefinisi tulang pipi, pastikan untuk memulaskan highlihter di atas tulang pipi di dekat mata dan tidak memulaskannya di bawah tulang pipi. Sedangkan untuk efek ilusi tulang hidung yang terlihat lebih tinggi dan lancip, kamu bisa memulaskan highlighter di atas tulang hidung bagian tengah. Sedangkan untuk Moeslemates yang menginginkan tampilan yang lebih glamour, sapukan sedikit di atas lipstik dan eyeshadow.

Source: www.youtube.com

Yang perlu diingat adalah gunakan highlighter di titik-titik tertinggi di wajah untuk menonjolkannya. Cobalah untuk terus mencari dan bereksperimen pada bagian wajah kamu agar lebih paham mana yang paling cantik dengan highlighter. Namun, jangan sampai kamu memulaskannya di seluruh area wajah ya!

4. Menggunakan Foundation Yang Salah

Sudah menghindari 3 hal di atas namun teknik highlight kamu masih terasa ada yang salah? Mungkin kamu menggunakan foundation wajah yang salah. Pada umumnya, kamu harus menggunakan formula yang sama antara foundation dan highlighter. Jika kamu menggunakan powder atau bubuk pada foundation maka usahakan untuk memilih highlighter yang bubuk pula. Jika foundation yang kamu gunakan berbentuk cair maka highlighter yang digunakan juga sebaiknya cair.

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan highlighter dengan foundation dan pakailah campuran tersebu untuk digunakan pada area-area yang membutuhkan highlighter.

5. Blend! Blend Blend!

Selain memilih formula yang tepat untuk foundation dan highlighter, teknik blend juga sangatlah penting. Gunakanlah brush yang tepat untuk menyapu highlighter ke arah luar sampai ter-blend dengan baik.


Jika kamu termasuk yang tidak memiliki produk highlighter, ternyata kamu juga bisa lho memanfaatkan eyeshadow sebagai penggantinya. Salah satunya yaitu Wardah Eyexpert Eyeshadow Classic yang bisa kamu gunakan sebagai highlighter. Efek shimmer dari eyeshadow ini membuatnya juga cocok menjadi highlighter saat kamu pergi ke pesta. Harganya juga termasuk lebih terjangkau dan memiliki dua fungsi yaitu sebagai eyeshadow dan highlighter Wardah. Sangat cocok untuk kamu yang pemula dan baru mau mengaplikasikan full face makeup.

Itulah 5 kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan highlighter. Semoga Moeslemates tidak melakukan salah satu dari kelimanya, ya :)

rianarianni
rianarianni
Piscean || 24/7 Fangirl || Cat Enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Related Tags
Curator Introduction
rianarianni
rianarianni
Piscean || 24/7 Fangirl || Cat Enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS