4832
  2017-09-27       www.instagram.com

Yuk Puasa Tasu'a Asyura Bisa Menghapus Dosa Selama 1 Tahun!

Moeslemates, ada puasa yang bisa menghapus dosa selama setahun loh! Ingin tahu? Yuk simak penjelasannya di sini!

Official Moeslema Team 397 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah – Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam. [HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah].

Setelah kemarin memperingati tahun baru Islam yang jatuh pada tanggal 1 Muharram atau sama dengan 21 September 2017 yang lalu, maka kita akan melaksanakan puasa sunnah yakni Tasu'a Asyura yang ditetapkan oleh MUI jatuh pada hari Jum'at dan Sabtu tanggal 29-30 September. Sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas, puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Muharram. Maka jangan sampai Kamu melewatkan puasa yang satu ini yaaa! Ingin tahu lebih banyak tentang puasa Tasu'a Asyura? Yuk simak selengkapnya di sini!

Hakikat Puasa Tasu'a Asyura

Moeslemates, pada tanggal 10 Muharram Rasulullah SAW melihat orang-orang Yahudi berpuasa sebagaimana di sunnahkan oleh Nabi Musa AS sebagai bukti rasa syukur kepada Allah SWT. Dan Rasul menjawab kepada orang Yahudi bahwa "Aku lebih berhak daripada kalian", maka Rasulullah memerintahkan umatnya untuk berpuasa. Namun ketika berpuasa, ada salah seorang sahabat yang mengatakan bahwa orang Yahudi mengagung-agungkan hari tersebut. Akhirnya Rasulullah berkata bahwa tahun depan Beliau akan shaum di tanngal 9 Muharram pula untuk menghindari tasyabuh (menyerupai agama lain) sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut ini!

Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma bahwasanya dia berkata, “ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berpuasa di hari ‘Asyura’ dan memerintahkan manusia untuk berpuasa, para sahabat pun berkata, ‘Ya Rasulullah! Sesungguhnya hari ini adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata, ‘Apabila tahun depan -insya Allah- kita akan berpuasa dengan tanggal 9 (Muharram).’ Belum sempat tahun depan tersebut datang, ternyata Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam meninggal. [HR Muslim no. 1134/2666]
Source: https://muslim.or.id/18656-bulan-muharram-dan-puasa-muharram.html

Keutamaan Puasa Tasu'a Asyura

Moeslemates, bagaimana rasanya jika kita hanya berpuasa sehari namun bisa menghapuskan dosaa satu tahun?
Hal tersebut adalah keutamaan dari puasa Tasu'a Asyura yakni akan dihapuskan dosanya setahun yang lalu. Namun banyak ulama berpendapat bahwa dosa yang dimaksud adalah dosa-dosa kecil, jadi dosa besar seperti syirik yakni menyembah selain Allah SWT tidak akan dihapuskan. Namun tentu saja keutamaan ini akan didapatkan jika kita telah berhasil melaksanakan puasa Tasu'a Asyura. Bagi orang-orang yang berhasil melaksanakan puasa yang satu ini, maka dia akan menjaga tingkah lakunya dari berbuat dosa di tahun-tahun berikutnya! Semoga kita termasuk orang yang mendapatkan keutamaan ini Moeslemates!


Moeslemates, itulah penjelasan mengenai puasa Tasu'a Asyura agar Kamu terhindar dari taqlid buta (mengikuti sesuatu tanpa tahu ilmunya). Jadi masih ada alasan untuk tidak berpuasa? Yuk puasa Tasu'a Asyura 9-10 Muharram 1439 H yang bisa menghapus dosa selama satu tahun!

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS