4820
  2017-09-25       www.instagram.com

Lakukan Hal-Hal Berikut Ini Saat Hujan Agar Hati Lebih Tenang!

Hujan memang jadi momen galau bagi sebagian orang, tapi Kamu bisa lakukan hal-hal berikut ini saat hujan turun agar hati lebih tenang! Simak selengkapnya di sini!

Official Moeslema Team 523 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Menuju akhir tahun, musim mulai berganti. Awalnya Indonesia dilanda musim panas yang cukup panjang, sekarang musim hujan datang lagi! Moeslemates, apa Kamu termasuk orang yang menyukai hujan? Apa yang Kamu rasakan saat hujan turun? Marah? Bahagia? Atau galau? Hujan merupakan sebuah berkah yang Allah SWT turunkan untuk hamba-Nya di muka bumi ini. Namun kadang kala berkah tersebut berubah jadi musibah tatkala manusia mulai tidak bisa menjaga lingkungannya. Padahal ketika hujan, tanaman mulai menghijau, padi mulai menguning, dan banyak orang yang mendapatkan cukup air untuk bertahan hidup. Sebagaimana firman Allah SWT berikut ini!

Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. [QS. Al-An'am: 99]

Bagi sebagian orang, hujan memang dijadikan momen untuk bergalau ria. Tapi untuk membuat hati Kamu lebih tenang, Kamu bisa melakukan hal-hal berikut ini!

1. Mengambil Hikmah/Pelajaran

Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa berita gembira sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); hingga apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu daerah yang tandus, lalu Kami turunkan hujan di daerah itu, maka Kami keluarkan dengan sebab hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kamu mengambil pelajaran. [QS. Al-A'raf: 57]

Bagaimana Kamu bisa galau jika Kamu sudah tahu bahwa hujan merupakan hal yang menggembirakan?! Allah SWT tidak akan menurunkan sesuatu hal tanpa sebab dan maksud tertentu, seperti bagaimana Allah menurunkan hujan. Kadang saat hujan turun, perasaan galau itu bisa berubah menjadi sesuatu yang lebih menyenangkan, seperti berbagai masalah hidup akan larut dalam tetesan hujan dan pergi entah kemana. Coba deh lebih peka untuk menyadari ada beberapa hal yang Allah SWT coba katakan lewat hujan, seperti bagaimana padi mulai ditanam, kemudian dijaga setiap hari, hujan turun dan mengairi sawah, lambat laun padi berubah menjadi kuning hingga akhirnya kita bisa merasakan nikmatnya makan. Dan begitulah Allah menurunkan hujan agar kita dapat mengambil pelajaran atasnya.

2. Bersyukur

Bagaimana Kamu bisa galau jika hujan adalah salah satu nikmat Allah SWT yang mesti kita syukuri. Dan kadang kita tidak menyadari nikmat tersebut hingga Allah mengambilnya dari kita. Air merupakan salah satu sumber kehidupan manusia yang sangat penting, maka jika hujan tidak turun hingga akhirnya kemarau banyak penyakit yang mulai bermunculan. Malah ada orang yang sengaja shalat istisqa untuk meminta hujan, sedangkan kita yang bisa dengan mudah menikmati hujan tidak mensyukuri hal itu. Karena itu jangan lupa untuk selalu bersyukur Moeslemates!

3. Berdo'a

Hal berikutnya yang bisa Kamu lakukan saat hujan turun dan hati lebih tenang adalah dengan berdo'a. Sudah hafal do'a turun hujan? Do'a itu tidak dibatasi oleh bahasa, Kamu bisa berdo'a apa saja dan dengan bahasa apa saja. Maka dari itu, Kamu boleh meminta kepada Allah SWT agar hujan ini menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kita semua, dan minta ampunan atas segala tingkah laku kita yang membuat-Nya marah. Kamu juga bisa baca do'a berikut ini!

Yuk Tonton Hikmah Dibalik Turunnya Hujan Berikut Ini!

Dari video tersebut, kita bisa mengetahui bahwa hujan merupakan berkah sekaligus hikmah bagi kita, diantaranya adalah:
1. Dengan hujan, Allah SWT menghidupkan yang tandus dan mati, agar kita yakin bahwa Allah akan membangkitkan kita kelak setelah kematian.
2. Hujan memberikan kehidupan bagi segenap mahluk.
3. Hujan mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas segenap nikmat yang Allah berikan.
4. Melalui hujan Allah SWT memberitahu kita akan kesempurnaan sifat-Nya dalam membagi-bagikan rizki bagi segenap mahluk secara bertahap.
5. Hujan sebagai bukti keadilan Allah SWT terhadap hamba-hambaNya yang membangkang dan senantiasa berbuat durhaka sebagaimana terjadinya banjir.


Itulah beberapa hal yang bisa Kamu lakukan saat hujan turun agar hati lebih tenang. Yuk aplikasikan 3 hal di atas dalam kehidupan kita sehari-hari saat hujan turun nanti! Semoga hujan tersebut tidak membuat kita galau, tapi membuat kita lebih bersyukur! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS