4777
  2017-09-13       tuntunanshalat.info

5 Tips Mendidik Anak Shalat 5 Waktu Agar Jadi Anak yang Shaleh & Shalehah!

Ingin memilki anak yang shaleh & shalehah? Atau bingung cara mengajarkan anak shalat? Yuk ikuti 5 tips mendidik anak shalat 5 waktu agar jadi anak yang shaleh & shalehah berikut ini!

Official Moeslema Team 141 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Perkara shalat memang sangat penting bagi seorang muslim, karena shalat merupakan tiang agama. Lalu bagi seorang ibu atau ayah, saat ini tidak hanya memperhatikan shalat pribadinya, tapi juga mulai mengenalkan agama pada anak-anaknya agar menjadi anak yang shaleh dan shalehah, salah satunya mengajarkan anak shalat. Muncul beragam pertanyaan, gimana sih cara yang baik mengajarkan anak shalat? Gimana caranya agar anak rajin shalat 5 waktu? Dan masih banyak pertanyaan lainnya. Moeslemates, jangan khawatir, yuk simak tips mengajarkan anak shalat 5 waktu ala Ummi TV berikut ini!

1. Memberikan Contoh yang Baik

Source: www.cermati.com

Orangtua merupakan sosok guru pertama di rumah. Jika orangtua menginginkan anak yang shaleh dan shalehah, maka orangtua harus menunjukkan sikap seperti apa sih yang harusnya anak tiru. Karena itu, jika ingin mengajarkan anak untuk shalat, contohkan pada anak shalat 5 waktu dengan khusyuk, ajak anak untuk shalat bersama secara tepat waktu, dengan bacaan-bacaan yang mudah diikuti dan disyari'atkan oleh agama.

2. Memberikan Nasehat dengan Kasih Sayang

Tidak ada yang ingin diajarkan dengan cara yang kasar atau sambil marah-marah. Jika orangtua ingin menasehati anaknya agar berbuat baik, maka tunjukkan dengan cara yang baik pula. Misalnya, jika anak berbuat salah, orangtua bisa menasehatinya langsung tanpa perlu ditunda-tunda, agar sang anak mengerti yang telah dia lakukan barusan adalah sesuatu yang salah dan kelak tidak akan diulangi lagi. Orangtua juga bisa menasehati anak lewat berbagai cerita atau kisah-kisah nabi, dengan cara seperti ini menasehati anak jadi lebih menyenangkan baik bagi sang anak maupun orangtuanya.

3. Membiasakan Anak Shalat

Tips lainnya dalam mengajarkan anak shalat 5 waktu adalah dengan cara mengajarkan anak terbiasa melaksanakan shalat. Orangtua harus memiliki target-target tertentu untuk kemajuan anak dalam melaksanakan shalat. Misalnya untuk usia balita, orangtua bisa mengajak anak pergi ke masjid, mengenalkan anak shalat itu apa, kenapa harus shalat, dan memasuki usia sekolah, anak diajarkan bacaan dan tata cara shalat, hingga akhirnya anak terbiasa menjalankannya. Pembiasaan ini harus didasari kesabaran dan konsistensi orangtua dalam mengajarkan anak yaa!

4. Memberikan Hukuman

Dalam mendidik anak tentu saja mesti ada aturannya, anak boleh ini dan tidak boleh itu, atau anak boleh ke sana dan tidak boleh ke sini termasuk mengajarkan anak shalat. Dimana ada aturan, di situ ada hukuman. Orangtua mesti berdiskusi dengan anak tentang hukuman apa yang akan dilakukan sang anak. Karena hanya dengan berdiskusi lah anak akan merasa dihargai dan didengarkan pendapatnya oleh orangtua. Jadi tentu saja orangtua harus memberikan hukuman jika anak tidak mengikuti aturan yang telah sama-sama disepakati.

5. Berdo'a

Moeslemates, jangan lupa mengiringi ikhtiarmu dalam mengajarkan anak shalat 5 waktu dengan do'a. Karena do'a adalah salah satu kekuatan orang muslim, pada siapa lagi kita akan meminta segala pertolongan jika bukan pada Sang Pencipta?! Ada satu do'a yang diajarkan oleh Nabi dalam firman Allah SWT berikut...

Tonton Video Mendidik Anak Shalat Berikut Ini!

Ingin tahu penjelasan lebih lengkap tentang cara mendidik anak shalat 5 waktu? Kamu bisa tonton video berikut ini! Insya Allah bisa bikin Kamu lebih semangat mengajarkan anak shalat!


Moeslemates, itu tadi 5 tips mendidik anak shalat 5 waktu agar jadi anak yang shaleh & shalehah. Semoga tips-tips yang diberikan bisa memotivasi orangtua untuk tetap konsisten mengajarkan anak pada kebaikan. Semangat! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS