4776
  2017-09-12       www.arrahman.id

5 Cara Mendidik Anak Agar Patuh Pada Orangtua Tanpa Paksaan

Ingin memiliki anak yang patuh pada orangtua tanpa paksaan? Ingin memiliki anak yang shaleh dan shalehah? Simak 5 cara mendidik anak agar patuh pada orangtua tanpa paksaan berikut ini!

Official Moeslema Team 205 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Setiap orangtua menginginkan anak yang shaleh & shalehah, karena anak yang shaleh tidak hanya akan patuh pada Tuhanya tapi juga patuh pada orangtuanya. Bagi mamah-mamah muda yang pertama kali memiliki anak, pasti akan merasa kesulitan dalam merawat dan membimbingnya menjadi anak yang shaleh, jangankan mamah muda, orangtua yang sudah memiliki banyak anak pun, kadang merasa tidak memilki metode yang tepat dan pas dalam membesarkan anak-anaknya. Ingin tahu gimana cara yang baik dalam mendidik sang buah hati? Yuk simak cara mendidik anak agar patuh pada orangtua tanpa paksaan by Ummi TV di sini!

1. Konsisten Terhadap Aturan

Setiap orangtua memilki aturan masing-masing dalam mendidik anak-anaknya. Ada yang membatasi jam main, ada yang membatasi jam malam, ada yang melarang ini dan itu, dan masih banyak lagi. Yang perlu diperhatikan agar membuat anak patuh tanpa paksaan adalah sebagai orangtua, kita konsisten terhadap apa yang menjadi aturan. Lebih bagus lagi jika dalam membuat aturan, orangtua melibatkan anaknya layaknya bermusyawarah. Sehingga anak lebih mengerti apa tujuan dari dibuatnya peraturan tersebut, orangtua juga lebih mengerti kemauan anak.

Setelah sepakat, jangan lupa untuk bersikap tegas bukan keras. Jangan hanya karena kasihan pada anak, atau anak menangis, dan halangan-halangan lainnya, lantas kita menggugurkan aturan yang dibuat. Dibalik sebuah aturan yang orangtua buat, ada nilai positif yang hendak diajarkan pada sang anak, jadi bersikap tega lah dalam hal hal yang positif.

2. Kesepakatan Jika Anak Membuat Salah

Source: rockingmama.id

Orangtua bermusyawarah dengan anak tidak hanya tentang aturan yang dibuat, tapi juga konsekuensi yang akan dijalani jika sang anak melanggar aturan. Kenapa mesti bermusyawarah? Karena jika anak telah setuju untuk menjalani aturan tersebut tapi kemudian dilanggar, maka dia akan rela menjalani hukumannya dengan lebih berlapang dada. Jika ingin mendapatkan anak yang shaleh dan shalehah maka sebagai orangtua kita juga harus berupaya terbuka dan menerima segala pendapat sang anak, dalam hal ini kita telah melatih sang anak bertanggung jawab atas janji yang telah dia buat.

3. Memberikan Penghargaan Pada Anak Ketika Sudah Patuh Pada Orang Tua

Setiap orang ingin dihargai, terutama dalam tanggung jawab dan pekerjaan yang telah dilaksanakannya dengan baik. Anak pun harus diapresiasi dan diberikan penghargaan atas apa yang telah ia capai. Penghargaan yang dimaksud bisa berupa pujian, pelukan dan hadiah. Penghargaan ini menunjukkan bahwa orangtua membenarkan apa yang telah sang anak lakukan, dan memotivasi anak agar mau terus berusaha lebih baik lagi. Hal ini pun akan membuat sang anak mengerti bahwa apa yang dilakukannya tidak hanya baik untuk dirinya tapi juga membahagiakan bagi orangtuanya.

4. Lakukan Hal-hal yang Mendekatkan Anak & Orangtua

Source: weekon.com.ar

Moeslemates, jika ingin anak patuh terhadap perintah orangtuanya, maka anak dan orangtua harus memiliki hubungan yang baik dan dekat. Karena bisa jadi anak yang tidak patuh pada orangtuanya karena ia merasa orangtua hanya bisa menuntutnya untuk melakukan ini dan itu, orangtua hanya bisa memarahi segala hal yang ia lakukan. Mulai mencoba berkomunikasi yang baik, bisa dengan cara berbicara dari hati ke hati, atau melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama-sama.

5. Berdo'a Kepada Allah SWT

Moeslemates, jika hubungan orangtua dan anak terlanjur buruk, atau orangtua telah berusaha dengan keras menjalani 4 cara di atas namun belum berbuah manis, maka tidak ada pertolongan yang paling kuat selain dari Sang Maha membolak-balikan hati Allah SWT. Karena sesungguhnya Allah dengan jelas berfirman, bahwa seorang anak tidak hanya jadi anugerah tapi juga jadi cobaan bagi orangtua di dunia. Jika kita melihat kisah-kisah nabi, banyak anak-anak nabi yang bahkan tidak percaya dan beriman atas apa yang disampaikan oleh ayahnya seperti Nabi Nuh dan Nabi Ayub. Tapi mereka hanya bisa meminta pertolongan Allah SWT dengan cara berdo'a.

Source: sayahafiz.com

Ya Tuhanku, anugrahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. [QS. As-Shafaat: 100]

Tonton Video Lengkapnya Di Sini!

Masih ingin tahu lebih lengkap tentang cara mendidik anak agar patuh pada orangtua tanpa paksaan? Kamu bisa melihat video lengkapnya di sini!


Moeslemates, itu dia 5 cara mendidik anak agar patuh pada orangtua tanpa paksaan yang bisa Kamu aplikasikan dalam kehidupan nyata, agar menjadikan anak-anakmu shaleh dan shalehah. Tidak ada orangtua yang secara instan berhasil membesarkan anaknya dengan mudah, semua perlu waktu dan proses. So, bagi mamah-mamah muda di luar sana, jangan menyerah dan putus asa dalam membimbing anak, karena dia adalah darah dagingmu, dan orang yang akan menyelamatkanmu kelak di akhirat sebagai anak yang shaleh. Ingin video-video seru lainnya? Tonton aja di vidio.com! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS