4769
  2017-09-20       obatnyerimenstruasi.com

Penyebab Nyeri Haid yang Patut Kamu Ketahui

Apa saja ya sebenarnya penyebab sakit perut saat haid dan bagaimana cara mengatasinya?

Official Moeslema Team 130 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Menstruasi adalah proses bulanan yang lazim pada wanita, di mana lapisan rahim meluruh secara periodik, yang kemudian dibuang sebagai darah mens. Pada beberapa perempuan yang mentruasi terkadang atau sering diiringi dengan sakit perut. Sakit perut saat haid, baik berupa nyeri atau kram, dan ketidaknyamanan lain yang mengganggu kita dalam beraktivitas. Jadi apa ya sebenarnya penyebab sakit perut saat haid dan bagaimana cara mengatasinya? Simak yang satu ini yuk !

Produksi prostaglandin

Rasa nyeri biasanya disebabkan oleh tubuh yang mengeluarkan bahan kimia bernama prostaglandin. Bahan kimia ini memicu otot rahim terus berkontraksi. Sebagian wanita memproduksi prostaglandin dalam jumlah lebih banyak sehingga lebih merasakan nyeri dibandingkan yang lain. Selain itu, prostaglandin juga memicu kondisi lain seperti mual, diare, lemas, dan sakit kepala yang kerap menyertai nyeri.

Kontraksi dinding rahim

Sebenarnya setiap saat terjadi kontraksi halus pada otot dinding rahim kita,namun umumnya kita tidak merasakan efeknya sepanjang waktu. Namun di masa menstruasi, kontraksi yang terjadi malah menjadi semakin kencang sebagai bagian dari proses peluruhan dinding rahim saat haid. Kontraksi tersebut akan menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutus suplai darah dan oksigen ke rahim. Karena tidak ada oksigen jaringan rahim melepaskan bahan kimia yang menciptakan rasa nyeri.

Dismenore sekunder

Dismenore primer adalah rasa nyeri yang umum dialami wanita terutama sekitar masa awal menstruasi. Sedangkan dismenore sekunder disebabkan oleh kondisi penyakit tertentu atau gangguan pada sistem reproduksi wanita. Nyeri akibat dismenore sekunder biasanya terjadi lebih awal daripada nyeri menstruasi biasa dan berlangsung lebih lama.

Gangguan yang menyebabkan dismenore sekunder dapat berupa endometriosis,radang panggul, adenomiosis, fibroid, intrauterine device (IUD), stenosis leher rahim. Selain nyeri haid, dismenore sekunder umumnya disertai gejala lain seperti menstruasi yang tidak teratur, keputihan yang kental dan berbau, pendarahan di antara masa menstruasi, serta nyeri saat melakukan hubungan seksual.

Yuk Lihat Bagaimana Pertolongan Pertama pada Nyeri Haid

Kalau sudah nyeri bagaimana ya cara mengatasinya? lihat video berikut ini untuk mengetahui apa saja tindakan yang bisa kita lakukan sebagai pertolongan pertama ketika nyeri haid melanda.

Nah itu tadi beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya nyeri haid. dan bagaimana tindakan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Namun apabila sakitnya terus berlanjut dan sudah tidak tertahan lagi, ada baiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter agar dapat diketahui penyebab pasti dan solusi bagi rasa sakit yang kamu rasakan.

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS