4745
  2017-08-29       www.instagram.com

Hukum Qurban Wajib Atau Sunnah? (Hal-hal Seputar Qurban)

Hukum qurban wajib atau sunnah sih? Masih ragu-ragu untuk berkurban? Yuk simak hal-hal seputar qurban berikut hakikat dan ketentuannya di sini!

Official Moeslema Team 112 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Umat muslim pasti tidak asing lagi dengan dua moment khas menjelang lebaran Idul Adha, yakni qurban dan haji. Apa tahun ini Kamu berangkat ke tanah suci? Atau hanya mampu berkurban? Kenapa sih emang kita mesti berkurban? Apa hukum qurban itu wajib? Dan apa sih hakikat berkurban yang sebenarnya? Mungkin sebagian umat muslim masih menyimpan banyak pertanyaan atau bahkan tidak tahu hukum qurban dan hakikat berkurban, untuk menjawab semua pertanyaan itu, yuk simak ulasannya di sini!

Hakikat & Hukum Qurban

Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah). [QS Al-Hajj: 34]

Moeslemates, jauh sebelum kita diperintahkan untuk berkurban, Allah SWT telah lebih dulu memerintahkan Habil & Qabil putra Nabi Adam As untuk berkurban. Setelah itu, bahkan Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim As untuk mengorbankan anaknya sendiri yakni Nabi Ismail As, dan berkat keikhlasan dan ketakwaan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, Allah SWT menggantinya dengan seekor domba.

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ), dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. [Ash Shaaffaat: 102-107]

Masya Allah, bahkan Nabi Ibrahim dan Ismail tidak ada keraguan dalam menjalankan perintah Allah, Ia bersabar dan bertakwa atas segala ketetapan-Nya, maka apakah kita masih bisa menegakkan kepala jika hanya diperintahkan untuk menyembelih hewan ternak saja masih ogah-ogahan?! Moeslemates, hukum qurban adalah sunnah muakkadah, tapi berubah hukumnya menjadi wajib bagi mereka yang memiliki kelapangan harta.

Ketentuan & Waktu Qurban

Dari Al Bara' Ibnu Azib RA berkata, Rasulullah SAW berdiri ditengah-tengah kami dan bersabda: Empat macam hewan yang tidak boleh dijadikan kurban yaitu hewan yang tampak jelas butanya, tampak jelas sakitnya, tampak jelas picangnya dan hewan tua yang tidak bersumsum. [Riwayat Ahmad dan Imam Empat, Hadits Shahih menurut Tirmidzi dan Ibnu Hibban]

Moeslemates, seperti yang kita ketahui, hewan yang boleh disembelih sebagai hewan qurban adalah hewan ternak diantaranya unta, sapi, dan kambing. Diantara hewan tersebut, janganlah memilih hewan qurban yang memiliki empat larangan di atas. Dan tiap orang bisa berserikat untuk menyembelih satu hewan qurban, yakni 10 orang untuk satu unta, dan 7 orang untuk satu sapi dan bagi Kamu yang ingin menyembelih kambing maka 1 kambing hanya untuk satu orang. Tapi hitungan 10, 7 dan 1 orang itu menurut sebagian ulama maksudnya dalam satu keluarga jika ada satu orang yang berkurban maka cukuplah berkahnya atau pahalanya untuk satu keluarga.

Maka ketentuan bagi Kamu yang hendak melaksanakan qurban adalah tidak memotong kuku dan rambut hingga berkurban. Sebagaimana sabda Rasulullah berikut ini:

Apabila engkau telah memasuki sepuluh hari pertama (bulan Dzulhijjah) sedangkan diantara kalian ingin berqurban maka janganlah dia menyentuh sedikitpun bagian dari rambut dan kulitnya.” (HR. Muslim)

Adapun waktu berkurban yang disyariatkan adalah pada tanggal 10 Dzulhijjah setelah shalat Idul Adha jika tidak sempat maka bisa melakukan qurban di hari tasyriq yakni 11-13 Dzulhijjah. Maka umat Islam dilarang untuk berpuasa di hari tasyriq tersebut.

Manfaat Qurban

Moeslemates, bagi Kamu yang melaksanakan qurban tahun ini, maka sesungguhnya dibalik ibadah tersebut ada beberapa manfaat yang bisa Kamu raih, diantaranya:
1. Meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT
2. Bekal di akhirat
3. Rezeki menjadi berkah
4. Melatih diri menjadi dermawan
5. Membangun sikap solidaritas
6. Memupuk rasa empati

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik. [Al-Hajj: 37]

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dije (@duniajilbab) pada


Moeslemates, itu dia seputar qurban yang bisa menguatkan dan meneguhkan hatimu agar semakin bertakwa dan siap untuk berkurban tahun ini, bagi Kamu yang tidak mampu melaksanakannya di tahun ini, yuk mulai menabung dan menyiapkan qurban terbaikmu di tahun depan! Masa mau terus-terusan qurban perasaan sih, move on dong! Tahun depan kita qurban sapi atau kambing yaaa! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS