4741
  2017-08-30       www.instagram.com

Puasa Sebelum Idul Adha, Puasa Arafah yang Menghapus Dosa 2 Tahun!

Sebagai manusia kita pasti memiliki banyak dosa, lantas apa jadinya jika ada amalan yang mampu menghapus dosa-dosa tersebut? Yuk simak puasa sebelum Idul Adha, Puasa Arafah yang menghapus dosa 2 tahun!

Official Moeslema Team 576 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Alhamdulillah, tinggal menghitung hari menuju Idul Adha! Amalan apa nih yang biasanya Kamu lakukan sebelum Idul Adha? Apakah Kamu pergi haji tahun ini? Atau berkurban? Tahun ini qurban apa Moeslemates? Sapi atau kambing? Semoga amalan berkurban Kamu tahun ini diterima oleh Allah SWT dan menambah ketakwaan Kamu pada sang Ilahi yaa!

Jika Kamu belum mampu untuk berangkat haji tahun ini, atau bahkan belum mampu untuk berkurban, masih ada satu amalan lagi yang bisa Kamu lakukan dan mendapatkan ganjaran yang besar dan dilakukan sebelum Idul Adha yakni puasa arafah. Ingin tahu apa sih puasa arafah itu dan apa ganjarannya? Simak ulasan berikut ini!

Puasa Arafah

Diriwayatkan oleh Muslim, Abu Qotadah berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda, puasa arafah dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang! Moeslemates, tanggal 9 Dzulhijjah bagi umat muslim yang tidak melaksanakan haji dianjurkan untuk berpuasa, puasa ini dinamakan puasa arafah, karena pada hari itu orang yang pergi haji sedang melaksanakan wukuf di Arafah. Karena ganjaran yang besar, yakni menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang, maka sangat di sayangkan bila umat muslim melewatkan ibadah sunnah yang satu ini.

Berbeda dengan yang pergi haji, bagi mereka disunnahkan untuk tidak berpuasa, meskipun terdapat beberapa pendapat yang berbeda dari para ulama mengenai hal tersebut. Adapun dalil yang mendasari hukum puasa arafah bagi yang pergi haji adalah sabda Rasulullah SAW berikut ini:

Dari Ikrimah, ia mengatakan: “aku masuk ke rumah Abu Hurairah lalu bertanya tentang puasa hari Arafah bagi (jamaah haji yang sedang) di Arafah.” Lalu Abu Hurairah menjawab, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang puasa hari Arafah di Arafah” [HR. Ibnu Majah dan Ahmad]

Keistimewaan Puasa Arafah

Sebagaimana yang kita telah ketahui, puasa arafah itu mampu menggugurkan dosa satu tahun sebelum, dan satu tahun sesudahnya. Menurut Ustadz Adi Hidayat, ada beberapa kekeliruan dalam memahami makna dari hadits tersebut, jika seperti itu maka kita bisa melakukan dosa-dosa lainnya setelah berpuasa, karena tidak dihitung dan sudah diampuni. Inilah cara berfikir yang salah, maka bisa dikatakan redaksi yang benar adalah mencegah seseorang melakukan dosa di tahun sesudahnya.

Sebuah kiriman dibagikan oleh hijrah (@reposdakwah) pada

Jika ada orang yang melakukan dosa dari ujung kepala sampai ujung kakinya setelah puasa arafah, maka puasanya telah gagal, dan puasanya tidak bernilai hanya menahan lapar dan haus saja, naudzubillahimindzalik!

Moeslemates, jangan sampai kita menjadi orang yang merugi karena puasanya hanya menahan lapar dan haus saja yaa, tapi semoga kita menjadi orang beruntung yang akan diampuni dosanya pada satu tahun sebelumnya, dan puasa tersebut menjaga kita dari berbuat maksiat dan dosa di tahun berikutnya. Aamiin Ya Rabbal Alamin~

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS