4711
  2017-08-26       www.delyanet.com

5 Ibadah Ringan Saat Haid

Moeslemates, sudah tahu ibadah apa saja yang bisa dilakukan saat haid? Kita simak yuk ulasannya diartikel ini !

Alin Rizkiana 229 views

Assalamualaikum moeslemates, pasti sudah tidak asing ya dengan tamu bulanan yang datang. Nah, saat haid datang bukan berarti kita dapat bersantai dan bermalas-malasan dalam beribadah. Meski kita tidak bisa solat atau puasa sunnah seperti biasanya, kita masih bisa melakukan ibadah lain loh. Kita rinci lebih lanjut ya.

1. Menyampaikan Dakwah

Ilmu yang kita ketahui, hendaknya dibagikan lagi kepada orang lain supaya ilmunya berkah dan juga kita mendapat ilmu baru kembali. Saat haid, kita bisa ikut datang ke kajian. Catat dan kemudian sebarkan kepada teman-teman yang lain. Mungkin bisa melalui media sosial atau pun aplikasi chat yang moeslemates miliki. Sampaikanlah walau satu ayat.

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً

“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari) 

2. Memperbanyak Solawat

Perbanyaklah bersolawat. Karena satu kali kita bersolawat, maka Allah akan bersolawat 10 kali kepada kita. Kita juga akan dapat syafaat dari Rasulullah SAW bila sering bersolawat kepadanya. Solawat juga merupakan bukti cinta kita kepada Allah dan Rasulullah SAW.

أَكْثِرُوا الصَّلاَةَ عَلَىَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَةَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَىَّ صَلاَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرًا

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada pada hari Jum'at dan malam Jum'at. Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali niscaya Allah bershalawat kepadanya sepuluh kali." (HR. Al Baihaqi dalam Sunan Kubranya dan dinytakan oleh Syaikh al Albani dalam Ash Shahihah, sanadnya shahih).

3. Memperbanyak Istighfar dan Dzikir

Source: www.etsy.com

Memperbanyak istighfar dan juga berdzikir. Kita sebagai manusia adalah tempat salah dan lupa. Sudah selayaknya kita banyak mengingat Allah dengan berdzikir, juga banyak beristighfar agar dosa-dosa kita diampuni oleh Allah. Banyak sekali manfaatnya kalau kita berdzikir. Firman Allah didalam Al Quran yaitu :

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ ١٣:٢٨

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati-hati mereka menjadi tenteram dengan berdzikir (mengingat) kepada Allah. Ingatlah, hanya dengan berdzikir (mengingat) kepada Allah-lah, hati akan menjadi tenteram”. [ar Ra’d / 13 : 28].


Source: Sumber: https://almanhaj.or.id/2886-tenteram-indikasi-kebenaran.html

4. Memperluas Ilmu Agama

Source: abiummi.com

Menambah ilmu pengetahuan agama bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa dengan melihat ceramah di televisi, membaca buku-buku agama, ataupun ikut ke kajian. Dengan menambahnya ilmu agama kita, maka kita akan semakin semangat dalam beribadah kepada Allah. Sebisa mungkin kita si waktu luang kita dengan hal yang bermanfaat atau positif.

5. Memberi Sedekah

Memberi sedekah bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan dengan tersenyum saja kita sudah bersedekah loh moeslemates. Tapi senyumnya bukan untuk menggoda lawan jenis yah.hehe...

Sedekah juga tidak hanya melulu dengan cara memberi uang kepada fakir miskin, tetapi juga dengan cara membantu membuat makanan untuk ibu-ibu pengajian di masjid sekitar, atau bisa juga dengan memberikan sebagian rejeki yang kita peroleh kepada orang tua kita atau keluarga terdekat kita.


Itulah 5 ibadah ringan yang dapat kita lakukan saat sedang haid. Jadi nggak ada alasan lagi ya untuk tidak beribadah. 5 hal ini bisa kamu kembangkan sendiri lebih luas lagi untuk dapat beribadah lebih banyak lagi ya.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share ya. Terima kasih 😊

Alin Rizkiana Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

no comments

Follow Moeslema on SNS