4695
  2017-08-27       Dok. Pribadi

Islam dan Kucing

Ada yg tau kira-kira apa sih hubungannya Islam dengan kucing? Yuk simak artikel berikut ini moeslemates..

Alin Rizkiana 96 views

Assalamualaikum moeslemates, kali ini aku mau bahas tentang salah satu hewan peliharaan rumahan yang biasa banyak dipelihara, apa itu? Yap betul kucing.hehe... ternyata dibalik keimutan tingkah laku hewan ini ada fakta menarik loh yang berkaitan dengan islam. Lebih rinci kita bahas satu per satu dibawah ini.

Hewan Kesayangan Nabi

Source: Dok. Pribadi

Moeslemates pasti sebagian sudah banyak yang tahu kan kalau kucing itu adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Kucing beliau bernama Mueeza. Kucing ini bahkan memiliki tingkah laku yang tidak biasa loh moeslemates. Saat adzan berkumandang biasanya ikut mengeong mirip seperti lantunan adzan. Bahkan saat Mueeza tertidur di jubah Nabi, jubahnya sampai dipotong agar tidak mengganggu Mueeza yang sedang tidur. Dan saat Nabi pulang, mueeza yang telah bangun merunduk sujud pada Nabi sebagai bentuk kasih sayang, Nabi pun membalas perlakuan Mueeza dengan mengelus kepalanya sebanyak 3 kali. Ketika ada yang bertamu kerumah Nabi, Mueeza biasanya dipangku oleh Nabi sambil bercengkrama dengan tamu beliau. Nabi pun berpesan supaya memperlakukan kucing seperti keluarga sendiri. Subhanallah, bahkan Nabi saja sangat menyayangi kucing. Kucing sangat erat dengan Islam kedudukannya karena ia adalah hewan kesayangan Rasulullah SAW yang merupakan manusia istimewa pilihan Allah.

Hukuman Bagi yang Menyakiti Kucing

Tidak tanggung-tanggung loh moeslemates hukuman bagi yang menyakiti hewan lucu ini. Didalam sebuah hadits disebutkan bahwa :

دَخَلَتِ امْرَأَةٌ النَّارَ فِي هِرَّةٍ رَبَطَتْهَا فَلاَ هِيَ أَطْعَمَتْهَا وَلاَ هِيَ أَرْسَلَتْهَا تَأْكُلُ مِنْ خَشَاشِ اْلأَرْضِ حَتَّى مَاتَتْ هَزْلاً

“Seorang wanita masuk Neraka karena seekor kucing yang diikatnya. Dia tidak memberinya makan dan tidak membiarkannya makan serangga bumi, sehingga mati kelaparan.” (Muttafaq 'Alaih)

Manfaat Memelihara Kucing

1. Teladan dalam Menjaga Kebersihan Diri

Source: pixabay.com

Kucing adalah hewan bersih. Bahkan air bekas minumnya saja dapat dipakai untuk berwudhu. Islam adalah agama yang mencintai kebersihan, kucing dapat kita jadikan contoh dalam menjaga kebersihan diri. Dalam sebuah penelitian, air yang diminum oleh kucing tidak terdapat suatu bakteri apapun, hal ini dikarenakan adanya papillae. Papillae ini sejenis rambut tajam yang tumbuh dilidah kucing berfungsi untuk menyisir bulu kucing dan juga sebagai indera perasa. Maka ketika kucing sedang minum disebuah tempat, air liurnya tidak menetes.

2. Sebagai Terapi

Source: www.today.com

Kucing ternyata dapat membantu kalian mengurangi stres loh moeslemates. Dengan mengelus kucing beberapa saat, tekanan darah anda akan menurun dan hormon serotonin membuat kalian lebih rileks. Melihat tingkahnya yang imut pun dapat membuat kita tertawa gemas. Bahkan ada sebuah terapi memelihara kucing yang diperuntukkan bagi anak autis. Memelihara kucing dirumah juga dapat membantu kalian untuk menambah rasa empati kepada sesama. Hal ini sesuai dengan anjuran didalam islam yang mengharuskan kita empati kepada orang lain.

3. Membentuk Sifat Tanggung Jawab

Dengan memelihara seekor hewan, kita dituntut bertanggung jawab. Kita harus memberi makan dan juga merawatnya dengan kasih sayang. Kita juga harus peka bila terjadi sesuatu dengan kucing. Misalkan saat kucing sakit, kita juga harus mengobatinya membawa ke dokter hewan. Hal ini sekaligus melatih kita dalam bertanggung jawab dalam segala sesuatunya.

4. Mendapat Balasan Kebaikan dan Pahala

Kita tidak boleh meremehkan sesuatu kebaikan sekecil apapun. Memelihara kucing adalah salah satu cara kita berbuat baik pada makhluk ciptaan Allah. Boleh jadi dengan kita berbuat baik kepada makhluk Allah yang lain, kita mendapat pahala dan pertolongan dari Allah SWT. Sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran yaitu :

فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ

Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan sekecil apa pun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya ( Q.S Al Zalzalah )
Source: Sumber : https://rumaysho.com/3487-tafsir-surat-al-zalzalah-kebaikan-dan-kejelekan-walau-sebesar-dzarrah-akan-dibalas.html

Nah moeslemates, mulai sekarang kalau ada kucing disekitarmu, boleh loh kamu asuh untuk dijadikan temanmu dirumah. Islam adalah agama rahmatan lil alamin, menyayangi sesama adalah hal yang sangat dianjurkan, salah satunya dengan memelihara kucing. Bisa jadi dengan memelihara kucing akan membuatmu lebih dekat lagi kepada Allah.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan like dan share ya.. ^^

Alin Rizkiana Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

1 comments

Lidya O.
Lidya O. 2017-08-27 17:39:00

Buat para catlovers udah ga asing lagi dengan semua ini, tapi sayangnya masih banyak yang ga suka kucing karena merasa kucing itu bisa menyebarkan penyakit, tokso, kotor, dan merusak barang. Padahal semua itu belum tentu benar. Kadang sedih karena seolah-olah orang-orang itu menyalahkan kucing tanpa memahami lebih dalam apa-apa dan bagaimana tokso itu. Padahal dokter hewan dan dokter umum bilang kalau penyebabnya bukan hanya pada kucing. Dan bukan lewat bulu kucing juga.

Follow Moeslema on SNS