4650
  2017-08-19       www.facetofeet.com

5 Kesalahan Umum Ketika Keramas

Rambut kamu sering bermasalah? Jangan-jangan kamu masih sering melakukan kelima kesalahan di bawah ini saat sedang keramas.

Lidya O. 124 views

Keramas merupakan aktivitas rutin yang paling mudah dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. Dan khusus wanita berhijab tentunya keramas menjadi wajib karena rambut tertutupi jilbab di sepanjang hari termasuk saat sedang ke luar panas-panasan. Hal ini bisa berpengaruh pada kerontokan rambut, lepek, gatal dan keadaan tidak nyaman jika tidak keramas dengan teratur. Tapi, ternyata banyak dari kita yang menyepelekan tata cara keramas yang betul agar terhindar dari berbagai masalah rambut. Untuk itu, simak penjelasan hal-hal apa saja yang dapat merusak rambut saat sebelum dan sedang berkeramas di bawah ini.

1. Membiarkan Rambut Kusut Sebelum Keramas

Bagi kamu yang memiliki rambut dengan tekstur jatuh, mungkin nggak akan terlalu masalah dengan rambut kusut ya. Tapi bagaimana jika rambut sulit diatur dan kusut sebelum beraktivitas? Tentunya, yang harus kamu perhatikan adalah luangkan waktumu untuk menyisir rambut sebelum keramas. Karena jika kamu keramas dalam keadaan rambut kusut, maka akan membuat folikel rambut tertarik dan menjadi rapuh. Dan usahakan untuk tidak menggunakan sisir yang terlalu rapat ya Moeslemates.

2. Tidak Membilas Dengan Baik

Terkadang kita tidak punya banyak waktu untuk keramas di pagi hari dan hasilnya kita jadi terburu-buru saat ingin membilas. Namun tahukah kamu bahwa membilas shampoo secara cepat ternyata bisa mengakibatkan penumpukan produk lho di rambut kita. Apalagi kalau sebelumnya kamu sempat pakai hairspray maupun produk lainnya yang menempel di rambut. Ada baiknya, pijat-pijatlah secara perlahan saat sebelum membilas agar tidak ada yang tersisa lagi di rambut. Jangan biasakan mendiamkan rambut di bawah shower yang menyala ya.

3. Tidak Membasahkan Rambut Dengan Baik

Sebelum keramas, upayakan untuk membasahi rambut dengan air secara menyeluruh. Karena pada dasarnya shampoo membutuhkan cukup air untuk melapisi dan membersihkan rambut kita. Nah, kalau kamu masih malas membasahi rambutmu dengan baik, jangan heran kalau shampoomu cepat habis ya. Terutama buat kamu yang berambut panjang dan tebal.

4. Menggunakan Air Terlalu Panas

Source: ruangrakyat.com

Mandi dengan air hangat sambil berendam di bak adalah hal yang menyenangkan. Apalagi untuk melepas stres dan penat. Tapi perlu Moeslemates ketahui bahwa air yang terlalu panas, selain tidak baik bagi tubuh, bagi rambut pun sebaiknya dihindari ya. Keramas dengan air yang terlalu panas dapat membuka kutikula rambut sehingga rambut akan kehilangan mintak alami dan protein keratinnya. Namun jika kamu tetap ingin keramas dengan air hangat, aturlah suhunya agar tidak terlalu panas. Dan bilaslah dengan air dingin.

5. “Scrunching” Rambut Saat Keramas

Source: www.wikihow.com

Yang terakhir, jangan menarik ujung rambut kamu ke kulit kepala karena ini dapat menyebabkan rambut semakin kusut lho Moeslemates. Sebaiknya, pisahkan kedua bagian rambut mulai dari kulit kepala dan bagian ujung rambut. Kamu bisa menyisir bagian bawah ujung rambut terlebih dahulu agar tidak tertarik oleh rambut bagian atas.


Nah itu tadi penjelasan mengenai hal-hal apa saja yang tidak baik dilakukan sesaat sebelum maupun saat sedang keramas. Semoga bermanfaat ya Moeslemates!

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS