4630
  2017-08-23       www.braito.co.id

5 Bahaya Penyambungan Bulu Mata Yang Wajib Kamu Ketahui!

Tampil cantik tidak harus dengan yang palsu, seperti memakai menyambung bulu mata. Selain haram secara agama, tiga bahaya di bawah ini wajib kamu perhitungkan nih.

Lidya O. 115 views

Moeslemates, siapa yang tidak mau memiliki bulu mata yang panjang, tebal, lentik seperti orang Timur Tengah? Penggunaan maskara mungkin cukup membantu melentikkan bulu mata kita. Tetapi, masih ada juga beberapa wanita yang rela melakukan penyambungan demi mendapatkan bulu mata yang cantik. Tapi tahukah kamu bahwa selain haram, extention bulu mata ini juga memiliki resiko berbahaya lho untuk bulu mata kita. Berikut ulasannya.

1. Bulu Mata Rontok

Sama seperti penyambungan rambut, penyambungan bulu mata juga membutuhkan perawatan ekstra yang tidak sembarangan. Kalau tidak telaten, penggunaan bulu mata extension ini dapat memberikan ketegangan kepada bulu mata alamimu. Hal ini dikarenakan berat bulu mata palsu dapat memberikan tekanan pada bulu mata asli dan dapat menyebabkan bulu mata asli rontok. Wah, ternyata berbahaya sekali ya Moeslemates.

2. Iritasi Dan Alergi

Source: www.bintang.com

Buat kamu yang memiliki kulit sensitif, pemakaian sambung bulu mata juga sangat memungkinkan mata kamu iritasi. Ini disebabkan oleh perekat yang menempel pada bulu mata akan membuat mata memerah dan timbul gelembung seperti terisi air pada kulit wajah. Selain itu, sejumlah penemuan pun menambahkan adanya kandungan senyawa kimia formaldehida pada beberapa perekat extension bulu mata yang beredar.

3. Mata Terluka

Source: www.vemale.com

Selain dapat menyebabkan bulu mata asli rontok dan alergi, pemakaian extension juga dapat menyebabkan bakteri dan virus pada bulu mata palsu yang direkatkan mengalami peradangan atau yang disebut juga dengan konjungtivitis. Dalam tingkat keparahan yang tinggi, konjungtivitis dapat mempengaruhi kualitas penglihatan lho. Seperti dilansir dari Medical Daily, pada suatu kasus, bulu mata palsu bahkan dapat jatuh masuk ke dalam mata dan justru sulit dikeluarkan karena telah tertempel dengan mata Anda. Ih, serem banget ya!

4. Perbuatan Yang Dilarang Agama

Source: read01.com

Allah melaknat al-washilah (orang yang menyambung rambut) dan al-mustaushilah (orang yang minta disambungkan rambutnya).
Source: HR. Bukhari Muslim

Menggunakan bulu mata palsu saja hukumnya minimal makruh. Dan banyak ulama yang mayoritas mengharamkannya karena termasuk perbuatan menyambung rambut. Jadi sudah jelas-jelas perbuatan ini termasuk pada perbuatan yang dilaknat oleh Allah dan wajib kita hindari.

5. Menimbulkan Alergi

Pemakaian sambung bulu mata tidak hanya akan mengakibatkan iritasi, perih di bagian mata dan berbagai keluhan lainnya, tetapi juga bisa membuat kamu alergi di bagian mata secara lokal hingga ke bagian tubuh secara keseluruhan lho. Biasanya ini terjadi pada beberapa orang yang memang memiliki kulit dan rangsangan sensitif terhadap suatu benda atau lingkungan baru. Duh, bahaya banget ya!


Melihat kemungkinan-kemungkinan bahaya yang akan terjadi, tentu akan membuat kita lebih waspada untuk tidak sembarang mempercantik diri dengan cara yang kurang tepat ya. Segera deh tinggalkan niat kalian untuk menyambung bulu mata hanya karena untuk kecantikan sesaat. Karena yang cantik tidak harus palsu kok.

Semoga bermanfaat ya.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS