Assalamu’alaikum Moeslemates,

Moeslemates saat ini dunia perskincarean sedang dihebohkan oleh chemical exfoliation seperti AHA, BHA dan PHA. Sudah banyak review positif mengenai keampuhan Ketiga chemical tersebut. Sebenarnya, AHA, BHA dan PHA itu adalah sejenis asam atau acid yang telah melaui uji klinis sehingga aman dan efektif untuk digunakan dalam produk kecantikan dan diklaim sangat ampuh untuk membuat kulitmu semakin cantik. AHA, BHA dan PHA memiliki manfaat yang sedikit berbeda walaupun tiga acid ini sama-sama berfungsi sebagai exfloitator. Salah menggunakan acid jenis ini malah bisa mendatangkan iritasi pada kulit loh! Agar tidak salah pilih kenali dulu yuk, bedanya AHA, BHA, dan PHA. Simak ulasannya di bawah ini!

AHA

Alpha Hydroxy Acids yang terkenal dengan nama bekennya yaitu AHA, adalah asam yang memiliki fungsi mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi kerut halus pada kulit, meratakan tekstur kulit, mengurangi kemerahan dan dapat menghilangkan bekas jerawat. Tetapi acid jenis ini hanya bekerja di permukaan kulit saja, tidak dapat menembus ke lapisan minyak di dalam pori-pori. Selain untuk eksfoliasi permukaan kulit, AHA juga mampu untuk melembabkan kulit. Sehingga sangat cocok dan direkomendasikan untuk kamu pemilik jenis kulit kering.

BHA

Untuk kamu pemilik jenis kulit oily, penggunaan BHA atau Beta Hydroxy Acids adalah chemical yang bekerja lebih ampuh pada kulit berminyak, yang sangat rentan dengan permasalahan kulit seperti jerawat, komedo bahkan milia. BHA sangat ampuh membersihkan kandungan minyak yang menyumbat pori-pori serta mampu eksfoliasi permukaan kulit. Selain itu zat ini juga berfungsi anti-inflammatory yang dapat menenangkan peradangan pada jerawat dan mengurangi kemerahan pada wajah akibat jerawat.

PHA

Source : victoriahealth.com

Polyhydroxy acids atau PHA adalah acid sangat direkomendasikan untuk kamu pemilik kulit sensitif. Kandungan acid yang tidak terlalu keras seperti pada AHA dan BHA menjadikan PHA lembut saat diaplikasikan ke kulit. Selain itu kemungkinan untuk menimbulkan iritasi pada kulit sangat minim bahkan aman untuk mereka yang memiliki penyakit kulit seperti eczema dan rosacea loh!

Nah Moeslemates sekarang sudah tahu kan perbedaan AHA, BHA dan PHA. Meski sudah teruji klinis Moeslemates harus tetap berhati-hati saat membeli. Karena masing-masing skincare memiliki persentase yang berbeda mengenai tiga kandungan asam ini. Pilihlah produk kecantikan yang memiliki kandungan tersebut dengan persentase yang tidak terlalu tinggi, untuk menghindari adanya resiko iritasi pada kulit.