4600
  2017-08-18       mamacantik.web.id

Kupas Tuntas Segala Hal Tentang Kanker Serviks Bersama dr. Diana Mauria RA, SpOG dari RSIA Brawijaya

Ingin tahu lebih dalam tentang kanker serviks beserta gejalanya? Yuk, kupas tuntas bersama ahlinya.

Syanin_ 95 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Jadi pada hari Jum’at kemarin (11/08/17) aku dan Ka Deane Lene berkesempatan untuk mengunjungi salah satu rumah sakit di kawasan Cipete yaitu, Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya , disana kami bertemu dengan salah satu dokter Spesialis Obstetri & Ginekologi yang super ramah bernama dr. Diana Mauria RA, SpOG. Bisa dibilang beliau ini merupakan dokter wanita yang sangat disukai dan direkomendasikan oleh para pasiennya.

Benar saja saat pertama bertemu dr. Diana, beliau menyambut kedatangan kami dengan tangan terbuka, bahasa dan juga tutur kata yang diucapkannya pun mudah dipahami oleh orang awam seperti aku. Pokoknya nyaman deh berbincang-bincang dengan dr. Diana.

Source: Photo © Syanin_

Bagi Moeslemates yang penasaran dan ingin tahu jadwal praktik dr. Diana ini dia jadwal lengkapnya.

Source: Photo © Syanin_

Selain itu kamu juga bisa menanyakan jadwal praktek via telpon ke RSIA Brawijaya. Tenang saja, di RSIA Brawijaya kamu tidak perlu menunggu lama kok, karena setelah konfirmasi jadwal dokter, kamu akan diberi range perkiraan waktu kapan giliran kamu untuk masuk ke ruang dokter. Dan yang lebih kerennya lagi, sehari sebelum pemeriksaan pihak rumah sakit akan menghubungi kamu untuk mereminder ulang jadwal bertemu dokter. Jadi ngga ada deh acara kelupaan punya jadwal ke rumah sakit.

Oke, langsung saja ini dia hasil rangkuman bincang-bincang kemarin.

Asal Mula Kanker Serviks

Source: familinia.com

Kanker serviks merupakan suatu tumor ganas yang terjadi akibat perubahan sel di serviks (mulut rahim) yaitu perbatasan antara vagina dengan uterus (rahim). Dan perbatasannya terletak di mulut rahim tadi. Sedangkan di dalam mulut rahim ada suatu zona yang diberi nama zona transformasi, zona inilah yang biasanya diserang oleh virus HPV (Human Papiloma Virus).
Virus HPV sebenarnya bisa ditemukan di berbagai tempat, kamu bisa menemukannya di toilet duduk, pegangan pintu,

benda-benda yang biasa kamu sentuh, bahkan disalah satu kasus ada salah seorang pasien yang terkena virus HPV melalui daun sirih. Lho, kok bisa? Bisa dong, pasien tersebut ternyata tidak merebus daun sirih yang dibelinya di pasar hingga mendidih, padahal kamu tau betulkan bagaimana keadaan di pasar itu? Banyak orang berlalu-lalang, dan belum tentu juga tangan penjualnya bersih. Setelah itu pasien tersebut langsung menggunakan daun sirih untuk membersihkan daerah kewanitaannya. Maka masuklah virus tersebut kedalam zona peralihan dan menembus membran basal.

Virus HPV sendiri membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk merubah selnya, jadi kamu tidak akan kasus menemukan kasus dimana virus HPV akan menginfeksi serviks dalam hitungan sebulan dua bulan, melainkan sudah menetap disana sejak bertahun-tahun sebelumnya.

Gejala Awal Kanker Serviks

Source: familinia.com

Kanker serviks cukup sulit diketahui keberadaannya, karena berbeda dengan kanker kebanyakan, kanker serviks nyaris tidak memiliki gejala apa-apa pada pre-cancer atau stadium awal. Gejala baru mulai terlihat setelah memasuki stadium 2 keatas, seperti keluar darah setelah berhubungan seksual, bau keputihan yang berbau busuk tetapi tidak disertai rasa gatal. Gejala awal ini bisa dirasakan sendiri-sendiri, dan juga bisa dirasakan bersamaan.

Pencegahan Kanker Serviks

Cara mencegah kanker serviks adalah menjauhi segala hal yang bisa membuat virus HPV menginfeksi tubuh kamu, dengan makan-makanan yang sehat, tidak bergonta-ganti pasangan, setia dengan pasangan, tidak melakukan sex bebas meskipun hanya sebatas menyentuh saja, hindari alkohol, rokok, meminjamkan barang area kewanitaan kepada orang lain, tidur yang cukup, dan rutin berolahraga.

Perawatan Hingga Pencegahan Kanker Serviks di RSIA Brawijaya

Hal pertama yang dilakukan oleh RSIA Brawijaya adalah dengan cara mengedukasi pasien, melakukan program vaksinasi mulai dari usia 9 tahun, dan screening dengan melakukan papsmear. Bagi Moeslemates belum aktif secara seksual (masih perawan) disarankan untuk tidak melakukan papsmear karena dikhawatirkan akan merusak selaput dara, bagi yang masih perawan bisa langsung melakukan suntik vaksin saja.

Dr. Diana sendiri mengatakan, sebenarnya usia terbaik untuk melakukan vaksin sebenarnya pada usia 9 hingga 11 tahun, karena di usia ini activity sexualnya bisa dibilang tidak ada. Setelah penyuntikan vaksin mampu meningkatkan kekebalannya meningkat hingga 100%.

Untuk penanganan penderita kanker serviks pun dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Jika masih dimungkinkan untuk dioperasi maka akan dioperasi, cara pengoperasiannya sendiri pun dilakukan dengan cara radikal, tidak bisa dengan cara biasa. Penangannya lainnya pun dilakukan dengan cara kemoterapi, dan radiasi.

Cara RSIA Brawijaya Mensosialisasikan Tentang Kanker Serviks

Source: www.brawijayahospital.com

RSIA Brawijaya sendiri sudah melakukan sosialisasi tentang kanker serviks dengan beragam cara. Mulai dari melakukan seminar dari kampus ke kampus, dari lembaga ke lembaga, dengan melakukan acara-acara yang mampu menggugah kesadaran masyarakat.
Dan juga memberikan potongan harga kepada para wanita, seperti yang pada bulan Agustus ini dilakukan oleh RSIA Brawijaya.

Lokasi Brawijaya

Brawijaya Women & Children Hospital
Jl. Taman Brawijaya No. 1 Kebayoran Baru
Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Phone. (021) 7211337, 7210756

Brawijaya Clinic at Kemang
Jl. Kemang Utara Raya, No. 83
Jakarta Selatan 12730
Phone : (021) 22717656

Brawijaya Clinic at UOB Plaza
CHUBB Square Building, Thamrin Nine Podium (UOB Plaza)
Level B1, Jl. MH. Thamrin No. 10 Jakarta Pusat 10230.
Phone : 021 - 29261880

Brawijaya Clinic at Buah Batu Bandung
Jl. KH Ahmad Dahlan (Banteng) No. 40 Bandung
Phone: (022) 7308 104

Nah Moeslemates, itu tadi rangkuman hasil berbincang dengan dr. Diana Mauria RA, SpOG. Semoga bermanfaat yah!

Syanin_ Syanin_
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Syanin_
Syanin_
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS