460
  2016-08-09       cdn0.koreanbapsang.com

Manfaat Mengkonsumsi Miyeok Soup

Susah BAB? Kalian harus coba sup rumput laut dari Korea ini!

Lidya O. 106 views

Kesehatan menjadi bagian yang paling penting dalam kehidupan. Hal ini sangat berpengaruh pada setiap makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Baik itu hanya sekadar cemilan, ganjalan perut atau makan besar. Jika ingin hidup sehat, ubahlah gaya hidup yang lebih memprioritaskan kesehatan agar penyakit tidak mudah masuk menghajar tubuh kita.

Makanan 4 sehat 5 sempurna paling sering direkomendasikan dokter untuk pasiennya yang tidak bisa menjaga pola makan yang baik. Namun apakah Moeslemates tahu bahwa tidak hanya nasi, daging, sayuran, dan buah-buahan saja yang baik untuk kesehatan, tumbuhan laut juga memiliki arti penting sebagai makanan yang wajib dikonsumsi. Salah satunya adalah rumput laut. Tumbuhan jenis ini adalah salah satu sumber daya hayati yang hidup di wilayah pesisir dan laut. Sumber daya ini biasanya dapat kita temui di perairan yang berasosiasi dengan keberadaan ekosistem terumbu karang. Rumput laut merupakan tumbuhan laut jenis alga dan ia memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Jadi tidak heran jika tumbuhan ini dapat kita jumpai dengan warna yang berbeda-beda dan manfaat yang berbeda-beda pula.

Manfaat yang didapatkan jika kita mengkonsumsi rumput laut akan dijabarkan sebagai berikut:

Rumput Laut untuk Ibu Hamil & Menyusui

Source: i.huffpost.com

Rumput laut kering yang dimasak menjadi sup atau yang lebih dikenal sebagai "Miyeok Soup" ini menjadi andalan ibu-ibu hamil dan menyusui di Korea karena mengandung serat yang tinggi lho, Moeslemates!

Rumput Laut untuk Diet Sehat

Berat tubuh yang tidak ideal membuat siapapun merasa tidak percaya diri berada di tengah lingkungan masyarakat. Banyak orang yang percaya untuk diet yang baik adalah dengan tidak mengkonsumsi nasi. Sebenarnya, yang harus diubah adalah pola makan yang memprioritaskan kebutuhan protein atau zat penting lainnya yang bermanfaat untuk menghilangkan lemak dalam tubuh. Selain dengan rajin berolahraga, mengkonsumsi rumput laut yang memiliki serat tinggi dapat membantu memperlancar proses metabolisme lemak pada tubuh sehingga akan mengurangi resiko obesitas. Selain itu, kasus BAB yang tidak lancar menjadi salah satu penyebab orang gagal diet. Makanan yang kita makan jika tidak kita keluarkan akan menjadi sarang penyakit. Solusinya adalah dengan mengkonsumsi rumput laut, Moeslemates bisa memperlancar proses BAB jauh lebih baik daripada harus memancing dengan makanan pedas lho!

Rumput Laut Mencegah Osteoporosis

Memiliki tulang yang sehat dan kuat adalah impian semua orang yang sudah melewati batas usia dewasa. Biasanya, ini terjadi pada ibu atau nenek kita yang mengeluh tidak lagi kuat jalan jauh. Kerapuhan pada tulang orang dewasa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya mengkonsumsi kalsium. Ternyata, tidak hanya susu saja yang mengandung banyak kalsium yang baik untuk kesehatan tulang lho Moeslemates! Rumput laut juga memiliki kandungan kalsium 10 kali lebih banyak dari susu sehingga tepat dikonsumsi untuk mencegah atau mengurangi gejala osteoporosis.

Miyeok Soup Ala Korea

Sebagai salah satu makanan sehat yang terkenal di Korea, wajar kalau Indonesia sudah mulai memperkenalkan dan menjual produk ini untuk konsumen yang menyukai makanan jenis sup. Miyeok kering ini dapat Moeslemates beli di beberapa supermarket besar seperti Hero, Carefour, dan Giant. Harganya sedikit mahal karena mengingat makanan ini adalah produk impor dari Korea.

Sup ini dapat disajikan bersamaan dengan bahan makanan lain sesuai dengan selera. Seperti: tahu putih, ikan, ayam, udang, daging sapi, maupun bakso. Cara pembuatannya juga sangat mudah yaitu hanya dengan merebusnya dan mencampurkan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Namun yang perlu diperhatikan adalah rumput laut ini akan mekar jika direbus. Oleh karena itu, pada saat ingin memasaknya jangan mengambil terlalu banyak dan usahakan memotongnya terlebih dahulu dengan gunting.

Bagaimana Moeslemates? Tertarik untuk membuat menu Miyeok Soup ala Moeslemates? Silakan dicoba di rumah.

Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS