4593
  2017-08-25       medicalsecrets.com

Waspada Diabetes; Kenali Gejalanya, Cari Tahu Cara Atasinya!

Apakah bahaya diabetes sedang mengintaimu? Cari tahu info selengkapnya di sini!

santi lisnawati 46 views

Assalamu'alaikum, Moeslemates!

Diabetes melitus adalah jenis penyakit kronis yang ditandai kadar gula darah (glukosa) tinggi jauh di atas batas normal. Glukosa ini sebetulnya diperlukan sebagai sumber energi utama untuk aktivitas otak dan sel-sel tubuh. Namun, jika kadar glukosa ini berlebih, tentu membawa dampak buruk juga bagi tubuh. Ingat, segala yang berlebihan itu tidaklah baik.

Biasanya penderita diabetes akan mengalami beberapa gejala khusus, antara lain:
1. Rasa lapar berlebihan
2. Sering merasa haus
3. Sering buang air kecil khususnya di malam hari
4. Berat badan turun drastis
5. Mudah lelah
6. Pandangan mulai kabur
7. Terdapat luka yang susah sembuh
8. Sering mengalami infeksi pada gusi, kulit, alat kelamin dan saluran kemih

Diabetes ini sendiri terdiri dari beberapa tipe. Apa saja?

Tipe-Tipe Diabetes

Penderita diabetes tipe 1 harus rutin menggunakan suntikan insulin. Pasalnya, sistem kekebalan tubuhnya akan menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas karena dipaksa untuk memproduksi insulin. Selain harus menggunakan suntikan insulin setiap hari, penderita diabetes tipe 1 ini juga harus menjaga kadar gula dalam darah agar tidak terlalu tinggi. Untuk itu penderita harus menjaga pola makan dan melakukan cek darah secara berkala.






Diabetes tipe 2 adalah tipe diabetes yang umum terjadi pada orang kebanyakan. Tipe diabetes ini disebabkan oleh minimnya produksi insulin dalam tubuh. Biasanya diabetes tipe 2 terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas. Semakin tinggi indeks massa tubuh seseorang, semakin besar pula risiko terkena diabetes tipe 2. Untuk itu, disarankan untuk selalu mengontrol pola makan dan mengontrol gula darah jika tidak ingin berlanjut ke pengobatan yang lebih serius.





Diabetes juga bisa menyerang ibu yang sedang hamil. Jika selama masa hamil kadar gula darah terlalu tinggi, maka tubuh tidak akan bisa memproduksi insulin untuk menyerapnya. Sangat penting untuk terus menjaga keseimbangan gula darah agar tidak berdampak buruk juga pada janin dalam kandungan.

Cara Cegah Diabetes

Selain menjaga pola makan dan rutin berolahraga, diabetes juga bisa dicegah dengan pemeriksaan sejak dini. Pemeriksaan diabetes ini bisa dilakukan di Brawijaya Hospital & Clinic. Sedikit intermezzo, institusi kesehatan satu ini mengkhususkan perawatan bagi perempuan dan anak dengan memberikan fasilitas modern dan pelayanan kelas satu. Brawijaya Hospital & Clinic menawarkan service di banyak bidang, antara lain women's health, surgery, cardiology, neurology, dental, psychology, orthopedic, ENT surgery dan women's beauty. Beragam fasilitas check-up juga tersedia di sini, salah satunya Diabetes Check-Up.

Di Brawijaya Hospital & Clinic, treatment Diabetes Check-Up ini merupakan paket lengkap dengan pemeriksaan darah, kadar kolesterol, fungsi ginjal, cek air seni, hingga X-Ray. Tak hanya itu, treatment ini juga memberikan jasa konsultasi dan pemeriksaan dengan spesialis ahli nutrisi profesional.

Untuk info lengkapnya, silakan klik button link di bawah ini.



Terbuka di beberapa tempat, Brawijaya Hospital & Clinic bisa dikunjungi di lokasi-lokasi berikut ini. Have a proper treatment, Moeslemates!

santi lisnawati santi lisnawati
writing and traveling enthusiast
Like our facebook page if you like this article!
Category: LIFESTYLE


Curator Introduction
santi lisnawati
santi lisnawati
writing and traveling enthusiast

no comments

Follow Moeslema on SNS