4577
  2017-08-14       www.instagram.com

4 Sifat Menyebalkan yang Harus Dibuang Sebelum Menikah

Moeslemates, ternyata ada beberapa sifat yang mesti kita buang sebelum menikah loh, ingin tahu apa saja kah itu? Simak selengkapnya di sini!

Official Moeslema Team 757 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Kamu akan segera melangsungkan pernikahan?
Atau dalam proses memperbaiki diri sebelum hendak menikah?
Ada 4 sifat menyebalkan seorang cewek yang harus dibuang jauh-jauh sebelum hendak berumah tangga. Mungkin sebagian dari Kamu punya sifat ini tapi malah cuek dan tidak peduli, atau sebagian yang lain bahkan tidak menyadarinya. Mending simak selengkapnya di sini ya, 4 sifat menyebalkan yang harus dibuang sebelum menikah!

1. Berkata Kasar & Menyakitkan

Moeslemates, kata-kata kasar tidak hanya berisikan nama-nama hewan, atau sekedar kata-kata yang sering kita dengar di terminal atau jalanan saja loh. Pada dasarnya kata-kata tersebut disebut kasar karena digunakan untuk mencaci-maki, mengata-ngatai, menghujat dan berujung menyakitkan hati. Jika Kamu termasuk orang yang sering menggunakan kata-kata kasar sebagai candaan, sebaiknya mulai dikurangi dan bahkan dihentikan, karena jika Kamu akan menikah, kebiasaan tersebut akan terbawa dalam rumah tangga.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dije (@duniajilbab) pada

Jika kita sering menggunakan kata-kata kasar dan menyakitkan sebagai candaan, nantinya Kamu tidak akan bisa membedakan apakah kata-kata yang Kamu ucapkan itu menyakitkan hati orang lain atau tidak. Duh apakabar nanti dengan suami dan mertua? Bisa-bisa rumah tangga tidak harmonis. Maka, sebagaimana sabda Rasulullah SAW, hendaklah berkata baik atau diam.

2. Perfeksionis

Perfeksionis adalah 1. Orang yang ingin segala-galanya sempurna. 2. Orang yang percaya bahwa kesempurnaan moral dicapai kalau dapat hidup tanpa dosa

Moeslemates, kadang kita tidak bisa membedakan, ingin semuanya berjalan lancar sesuai dengan keinginan, atau justru kita menuntut kesempuranaan dan mengabaikan ketentuan Allah SWT. Sebagai hamba Allah, yang bisa kita lakukan hanyalah berikhtiar, sisanya adalah bertawakal. Jika kita memiliki sifat perfeksionis, maka kita tidak akan pernah puas dan bersyukur atas apa yang Allah SWT karuniakan, perasaan inilah yang membuat seseorang sulit merasa bahagia.

Sesungguhnya Allah SWT lebih mengetahui apa yang terbaik untukmu. Jika sifat perfeksionis ini kemudian terbawa sampai berumah tangga, maka kita tidak akan pernah merasa cukup dengan apa yang diberikan oleh suami, selalu menuntut kesempurnaan padahal tidak ada manusia yang sempurna, hingga merasa kecewa karena merasa suami tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Ujung-ujungnya, sifat perfeksionis tidak hanya merugikan diri sendiri, melainkan juga merugikan orang lain, misalnya suami dan anak-anak kita kelak. Yuk perbanyak bersyukur!

3. Gak Mau Kalah

Apa sih alasan kamu mencintai dan menikah dengan seseorang? Pasti diawali dengan kata "karena....." misalnya, karena dia ganteng, karena dia baik, karena dia rajin menabung dan lain sebagainya. Tapi setelah menikah, alasan kita akan berubah jadi "meskipun..." saya mencintai dia meskipun dia jarang mandi, meskipun dia tukang ngorok, dan lain sebagainya. Begitulah kehidupan setelah menikah, tidak bisa hanya menerima, tapi juga harus memberi, tidak bisa hanya menuntut, tapi juga harus mau dituntut, ada masa-masa dimana harus saling mengerti, harus saling membantu, dan harus saling mengalah. Lalu apa jadinya kalau Kamu punya sifat gak mau kalah?

Sifat yang harus dibuang sebelum menikah yang ketiga adalah gak mau kalah. Setelah kita memahami hakikat pernikahan di atas, maka kita harus benar-benar membuang sifat gak mau kalah. Jika terus dipelihara, gimana kita bisa rukun dengan suami? Lebih-lebih dengan mertua. Karena orang yang memiliki sifat gak mau kalah akan sulit berintropeksi diri, sulit menerima masukan dari orang lain, dan bahkan sibuk membela diri dan mencari-cari alasan. Bukan yang seperti ini kan rumah tangga yang kamu impikan?

4. Mengandalkan Orang Lain

Mengandalkan orang lain sama dengan tidak mandiri. Sifat yang satu ini juga harus kita buang jauh-jauh sebelum menikah. Sebagai seorang istri, memang tidak ada salahnya mengandalkan suaminya, namun bukan berarti menyerahkan semua urusan pada sang suami yaa!

Takut-takut, dengan kebiasaan mengandalkan orang lain ini, Kamu juga akan terbiasa mengandalkan orang lain untuk mengurus pekerjaan rumah, mengandalkan orang lain untuk mengurus anak, lebih-lebih mengandalkan orang lain untuk mengurus rumah tangga, naudzubillahimindzalik! Mengandalkan orang lain ini bukan artinya tidak boleh meminta bantuan orang lain loh, tapi belajar bertanggung jawab atas tugas dan kewajiban kita sendiri.

Tonton 4 Sifat Menyebalkan Cewek Berikut Ini!

Setelah membahas tentang 4 sifat menyebalkan yang harus dibuang sebelum menikah dan menonton videonya, semoga Kamu yang punya sifat ini, bisa berintropeksi diri dan belajar meninggalkan sifat-sifat menyebalkan tersebut. Karena laki-laki yang baik adalah untuk perempuan yang baik pula, jadi jangan bosan untuk memperbaiki diri yaa! Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS