4576
  2017-08-16       www.instagram.com

3 Cara Berbakti Kepada Orangtua yang Sudah Meninggal

Berbakti kepada orangtua adalah hal yang mesti kita lakukan meski mereka sudah tiada, gimana caranya? Simak ulasan berikut ini!

Official Moeslema Team 134 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Sudah berbakti pada orangtuamu hari ini?
Moeslemates, selagi orangtua kita masih ada, kita masih punya kesempatan untuk berbakti pada keduanya. Sesungguhnya penyesalan itu selalu datang terlambat, termasuk menyesal karena belum sempat berbakti dan membahagiakan orangtua. Meskipun seluruh jasa orangtua tidak akan pernah bisa kita tebus dan ganti, namun kita tetap harus melakukan yang terbaik semampu kita untuk membalasnya. Lalu bagaimana jika orangtua sudah tiada? Kamu masih bisa berbakti dengan melakukan hal-hal berikut ini!

Saat aku duduk bersama Rasulullah, tiba-tiba ada seorang lelaki dari kaum Anshar yang datang dan bertanya: “Wahai, Rasulullah! Apakah masih ada (perkara) yang tersisa yang menjadi tanggung jawabku berkaitan dengan bakti kepada orang tuaku setelah mereka berdua meninggal yang masih bisa aku lakukan?” Nabi menjawab: “Betul. (Yaitu) ada empat hal: engkau do’akan dan mintakan ampunan bagi mereka, melaksanakan janji mereka, serta memuliakan sahabat-sahabat mereka, juga menyambung tali silaturahmi dengan orang yang ada hubungannya dengan ayah ibu. Inilah (kewajiban) yang masih tersisa dalam berbakti kepada orang tuamu setelah mereka meninggal”. [HR Abu Dawud dan Ahmad].

1. Jadilah Anak Shaleh

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Moeslemates, hal pertama yang bisa kita lakukan untuk berbakti pada orangtua adalah menjadi anak yang shaleh. Menjadi anak yang shaleh tidak hanya dilakukan saat orangtua masih ada, upaya itu masih bisa kita lakukan bahkan saat orangtua sudah tiada. Sebagaimana sabda Rasulullah, ketika seseorang meninggal dunia, semua amalnya terputus kecuali tiga perkara, salah satunya adalah do'a dari anak yang shaleh. Maka ketika kita menjadi hamba Allah yang melakukan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya, secara otomatis kita menjadi orang shaleh yang di sayang Allah, dan memuliakan orangtuanya.

2. Istighfar Buat Keduanya

Sesungguhnya Seseorang Ditinggikan Derajatnya di Surga (kemudian dia heran dan berkata) Mengapa bisa sampai tingkatan ini? Dikatakan kepadanya: itu disebabkan Permohonan Ampunan (Istighfar) Anakmu Untukmu (H.R Ibnu Majah).

Moeslemates, do'a dari anak yang shaleh akan sampai pada orangtua meski sudah tiada, maka dari itu Kamu bisa berdo'a dan meminta ampunan untuk kedua orangtua sebagaimana kita sering diajarkan sejak kecil "Ya Allah ampunilah aku, dan kedua orangtuaku dan kasihilah mereka sebagaimana mereka mengasihi hamba dikala hamba belum dewasa" Beristighfar dan meminta ampunan-Nya agar orangtua kita di tempatkan di surga-Nya.

Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan" (QS An-Nuh: 28)

3. Berbuat Baik Kepada Orang yang Dicintai Oleh Orangtua Kita

dan orang-orang yang menghubungkan apa-apa yang Allah perintahkan supaya dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk. (QS. Ar-Rad: 21)

Sesungguhnya Allah memerintahkan hamba-Nya untuk menyambung silaturahmi, perintah ini jadi amalan yang baik terutama jika kita terus bersilaturahmi dengan orang-orang yang berhubungan baik dengan orangtua kita, hal ini sama artinya dengan berbakti pada orangtua. Bahkan dalam riwayat lain Rasulullah bersabda bahwa silaturahmi meluaskan rezeki dan memperpanjang umur.


Moeslemates, itu dia hal-hal yang bisa Kamu lakukan untuk berbakti kepada orangtua yang sudah meninggal. Bagi kamu yang masih memiliki orangtua, semoga masih diberi kesempatan untuk terus berbakti kepada keduanya, jangan sampai harus bersedih dan merasa menyesal ketika keduanya sudah tak ada lagi di muka bumi ini! Semoga kita jadi bagian dari orang-orang shaleh dan shalehah yang mengantarkan orangtuanya sampai ke surga, aamiinn. Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS