4572
  2017-08-24       id.pinterest.com

4 Dandanan Wanita yang Harus Dihindari!

Berikut inilah 4 dandanan yang harus kamu hindari dan tidak dianjurkan untuk digunakan.

Syanin_ 126 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Allah memberi batasan-batasan dan larangan kepada wanita muslim bukan untuk memberatkan melainkan untuk menjaga wanita tersebut dari pelecehan yang mungkin bisa terjadi dimana pun dan kapan saja. Jadi sebenarnya segala ketentuan tersebut dimaksudkan untuk membuat kaum hawa menjadi lebih dimuliakan. Coba saja jika kamu pergi ke swalayan, kamu tentu lebih suka membeli barang yang masih tersegel rapihkan dibanding barang segelnya sudah terlepas?

Dandanan #1: Mencabut Alis

Dalam salah satu haditsnya rasulullah SAW. Bersabda:

لَعَنَ اللَّهُ النَّا مِصَاتِ و الْمُتَنَمِّصَاتِ

“Allah melaknat perempuan-perempuan yang mencukur alis dan perempuan-perempuan yang minta dicukur alisnya”
Source: almanhaj.or.id

Mengapa mencukur alis dilarang? Karena dengan mencukur alis, berarti tandanya orang tersebut telah merubah ciptaan Allah, tidak peduli banyak atau sedikitnya alis yang telah dicukur tersebut. Segala perbuatan yang dikerjakan dan dinilai hanya untuk mempercantik diri dengan merubah ciptaan Allah merupakan perbuatan yang diharamkan.
Kecuali, perubahaan tersebut dilakukan untuk menolak kemudharatan, semisal kamu harus mencukur alis karena didaerah alis terdapat tumor yang harus dihilangkan.

Dandanan #2: Membuat Tato

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata,

لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ. قَالَ فَبَلَغَ ذَلِكَ امْرَأَةً مِنْ بَنِى أَسَدٍ يُقَالُ لَهَا أُمُّ يَعْقُوبَ وَكَانَتْ تَقْرَأُ الْقُرْآنَ فَأَتَتْهُ فَقَالَتْ مَا حَدِيثٌ بَلَغَنِى عَنْكَ أَنَّكَ لَعَنْتَ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ وَالْمُتَفَلِّجَاتِ لِلْحُسْنِ الْمُغَيِّرَاتِ خَلْقَ اللَّهِ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ وَمَا لِىَ لاَ أَلْعَنُ مَنْ لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَهُوَ فِى كِتَابِ اللَّهِ فَقَالَتِ الْمَرْأَةُ لَقَدْ قَرَأْتُ مَا بَيْنَ لَوْحَىِ الْمُصْحَفِ فَمَا وَجَدْتُهُ. فَقَالَ لَئِنْ كُنْتِ قَرَأْتِيهِ لَقَدْ وَجَدْتِيهِ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ (وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا)

“Allah melaknat perempuan yang menato dan yang meminta ditato, yang menghilangkan bulu di wajahnya dan yang meminta dihilangkan bulu di wajahnya, yang merenggangkan giginya supaya terlihat cantik, juga perempuan yang mengubah ciptaan Allah.”
Source: rumaysho.com

Tidak hanya bagi kaum hawa, menato seluruh anggota tubuh bagi kaum adam pun menurut seluruh keputusan ulama bersama, hukumnya adalah haram. Mengapa tato diharamkan?
Tato yang telah dibubuhkan diatas kulit akan membuat wudhu, dan mandi wajib menjadi tidak sah karena menghalangi masuknya air kedalam pori-pori. Karena itulah bagi muslim maupun muslimah yang sudah terlanjur memiliki tato diwajibkan untuk menghapusnya.

Dandanan #3: Berpakaian Menerawang

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

“Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: [1] Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan [2] para wanita yang berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128
Source: rumaysho.com

Trend yang kian kekinian membuat para muslimah semakin terang-terangan berusaha mencontek segala trend dan menerapkannya ke dalam pakaian sehari-hari, padahal sebenarnya ada beberapa jenis pakaian yang tidak cocok diaplikasikan ke dalam busana muslim.
Seperti yang sudah disebutkan dalam hadits diatas, para wanita yang berpakaian tapi telanjang, yang dimaksudkan disini adalah wanita yang berpakaian tapi menerawang, seluruh tubuh terbalut kain tapi lekuk tubuh tetap terpampang jelas. Karena itulah Moeslemates mulai sekarang cobalah untuk lebih memilih-milih lagi trend pakaian yang akan kamu ikuti.

Dandanan #4: Mengumbar Aurat Agar Terlihat Cantik

Allah Ta’ala berfirman,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59)
Source: rumaysho.com

Didalam ayat tersebut telah dijelaskan bagaimana Allah telah memerintahkan untuk mengenakan hijab agar seluruh aurat tertutup dengan sempurna. Bagaimana mungkin kamu menampakan aurat hanya demi terlihat cantik di mata manusia sedangkan Allah sendiri sudah menyuruh hamba-Nya untuk menutupinya? Jadi siapa yang sebenarnya ingin kamu ikuti? Kata-kata makhluk ciptaan-Nya atau Sang Pencipta?

Nah Moeslemates, itu tadi 4 dandanan yang dilarang oleh Allah. Kalau kamu ingin tahu lebih jelasnya, kamu bisa melihatnya langsung di video berikut ini.

Syanin_ Syanin_
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Syanin_
Syanin_
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS