4562
  2017-08-11       www.theodysseyonline.com

Ciri-ciri Makeup Fake yang Harus Kamu Ketahui

Makeup murah sih boleh saja, tapi makeup fake? Big no no!

Audina Sheila 146 views

Halo, Moeslemates! Apa kabar?

Siapa di sini yang koleksi makeup? Rasanya ingin beli semua aja, ya, terutama saat melihat makeup yang harganya sangat murah. Sayangnya, sampai sekarang masih banyak nih makeup yang murah DAN berbahaya. Walaupun sekarang makin banyak brand makeup yang mengeluarkan produk yang murah dan aman, namun masih banyak juga penjual makeup yang menjual produk fake yang tentunya sangat berbahaya.

Sayangnya lagi, banyak toko makeup yang tidak terang-terangan memberitahu pembeli bahwa produk yang mereka jual adalah palsu. Kalau sudah begini, sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai pembeli untuk lebih berhati-hati. Makanya, wajib untuk kita mengetahui tanda-tanda produk-produk palsu yang dijual di online shop. Yuk simak untuk mengetahui tanda-tandanya!

1. Harga mencurigakan

Apabila ada produk makeup premium yang dijual sangat murah, kalian patut waspada. Kejadian ini terutama bisa ditemukan di online shop makeup yang belum terkenal, nih. Ada baiknya kalian melihat perbandingan harga produk tersebut di counter dan online shop makeup yang sudah terpercaya. Apabila suatu produk dijual seharga Rp 500 ribu di online shop terpercaya dan dijual hanya Rp 150 ribu di online shop lain, itu sudah pertanda bahaya, tuh.

Counter official di Indonesia memang suka menjual produknya lebih mahal dari harga di negara asal, namun itu wajar saja karena mereka harus menghitung biaya sewa tempat, dan lain-lain. Online shop makeup yang sudah sangat terkenal pun suka menjual dengan harga di atas rata-rata. Namun, menurut saya harga dari online shop makeup yang sudah sangat terkenal pantas dijadikan benchmark saat ingin mencari online shop lain yang menjual dengan harga lebih murah. Kalau harganya sudah sangat jauh lebih murah dari online shop yang terpercaya, kemungkinan besar produk itu tidak asli, Moeslemates.

2. Packaging terlihat aneh

Membutuhkan mata ekstra perhatian nih untuk menyadari ciri-ciri yang satu ini. Terkadang, packaging dari makeup fake hanya 90% sama dengan produk aslinya. 10% sisanya bisa berbentuk perbedaan warna, perbedaan posisi gambar-gambar dan tulisan di packaging, dan detail-detail kecil lainnya.

Mudahnya, sebelum kalian membeli sebuah produk, coba search dulu di internet. Contohnya, coba search dengan keyword “Anastasia Modern Renaissance Fake”. Biasanya akan banyak ulasan dan bahasan dari blogger yang membahas perbedaan packaging produk asli dan palsunya, sehingga kalian bisa membandingkan dengan kondisi produk yang akan kalian beli.

3. Toko tersebut menjual barang fake lainnya

Ini juga bisa jadi pertanda, nih, Moeslemates. Biasanya satu toko memasan banyak barang dari satu supplier yang sama. Apabila toko tersebut menjual barang yang jelas-jelas fake (seperti produk yang sudah jelas-jelas fake seperti Naked Eyeshadow 6), apa kalian yakin bahwa produk lain yang ia jual bukanlah fake juga?


Itu dia beberapa ciri-ciri yang dapat kalian perhatikan sebelum membeli makeup agar terhindar dari makeup fake. Daripada membuang uang untuk makeup fake yang dapat merusak kulit, lebih baik membeli produk lokal yang lebih terjangkau dan pastinya aman, betul? Happy smart shopping, Moeslemates!

Audina Sheila Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS