4561
  2017-08-11       www.etopical.com

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Ikuti tips-tips berikut ini untuk berpisah dengan bekas jerawatmu!

Audina Sheila 381 views

Halo, Moeslemates! Apa kabar?

Siapa di sini yang bermasalah dengan bekas jerawat? *angkat tangan*. Tenang aja Moeslemates, hal ini normal banget kok. Rasanya, hampir semua orang pernah bermasalah dengan bekas jerawat. Apabila kamu termasuk yang memiliki problem bekas jerawat juga, jangan sedih dulu. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada bekas jerawatmu.

1. AHA (Alpha Hydroxy Acids)

AHA adalah water-soluble chemical exfoliants yang dapat mengeksfoliasi permukaan kulit dengan cara melarutkan hubungan antar sel sehingga kulit mati dapat diangkat secara mudah. Kedengaran rumit? Well, intinya, AHA bekerja di permukaan kulit dan membantu pengangkatan kulit mati. Selain itu, AHA juga mempercepat pembentukan sel kulit baru. Nah, kebisaan ajaib dari AHA inilah yang membuatnya efektif dalam menghilangkan bekas jerawat.

Selain menghilangkan bekas jerawat, AHA juga efektif untuk mencerahkan wajah dan membuat overall skintone lebih merata. Walaupun AHA mengangkat kulit mati, AHA juga melembabkan kulit dan menimalisir fine lines, loh! Hebat, kan? AHA biasanya ditemukan dalam bentuk actives, serum, atau krim. Penggunaan AHA yang direkomendasikan untuk sehari-hari adalah sekitar 5 – 10%.

2. BHA (Beta Hydroxy Acids)

Source: au.iherb.com

BHA adalah oil-soluble chemical exfoliants yang bekerja seperti AHA. Namun, beda dari BHA adalah ia dapat lebih masuk ke pori-pori terdalam dan membersihkan kulit di level yang lebih dalam. Oleh karena itu, BHA juga hebat untuk membersihkan komedo di kulit selain menghilangkan bekas jerawat.
Selain dua kegunaan di atas, BHA juga dapat membersihkan debu, minyak, dan kulit mati dari dalam pori-pori dan juga meringankan jerawat yang sedang meradang.

BHA biasanya ditemukan dalam bentuk actives, serum, dan juga krim. Penggunaan BHA yang direkomendasikan untuk sehari-hari adalah sekitar 2- 4%. Kalian dapat menggunakan BHA 2-3x seminggu saat pertama mencoba, dan menambah intensitas sampai ke setiap hari bila dibutuhkan.

3. Vitamin C

Vitamin C dapat mempercepat proses menghilangkan bekas jerawat karena sifatnya yang dapat mempercepat healing time dari kulit dan juga mempercepat pertumbuhan kolagen. Selain itu, Vitamin C juga dapat menenangkan peradangan dari jerawat. Cocok banget kan untuk kalian yang berperang dengan jerawat?

Selain itu, Vitamin C juga bisa mengurangi fine lines pada wajah. Banyak kan, kegunaannya!

4. Treatment dengan dokter kulit

Tips yang ini cocok terutama untuk kalian yang membutuhkan hasil yang lebih instan. Konsultasikan dengan dokter / klinik kulit langganan kalian untuk treatment yang bisa digunakan untuk mencerahkan bekas jerawat di wajah kalian. Biasanya treatment yang akan diberikan adalah laser, peeling, atau mikrodermabrasi.

Karena treatment yang diberikan cukup keras, jangan memaksa dokter kulit untuk memberi kalian treatment dalam waktu yang sangat berdekatan, ya. Oh ya, dari semua tips di artikel ini, yang ini tentulah yang paling memakan biaya.

5. Jangan lupa sunblock!

Source: www.laneige.com

Tips-tips di atas dapat membuat kulit kalian menjadi lebih sensitif terhadap matahari. Oleh karena itu, jangan sampai skip menggunakan sunblock, ya! Selain itu, tidak menggunakan sunblock dapat membuat sun spot dan noda-noda lainnya di kulit. Gak mau kan, selesai satu masalah di kulit, eh datang lagi satu masalah?


Nah, itu dia beberapa tips untuk menghilangkan bekas jerawat. Jangan lupa sabar dan jangan mengharapkan hasil yang instan, ya. Selamat mencoba, Moeslemates!

Audina Sheila Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS