4540
  2017-09-05       time.com

7 Jenis Olahraga yang Lagi Hits di Pusat Kebugaran

Mau mulai mencoba nge-gym? Beberapa bentuk olahraga berikut yang bisa kamu temui di pusat kebugaran.

Official Moeslema Team 63 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Olahraga merupakan suatu aktivitas yang bisa membuat kita berkeringat dan bertujuan untuk menyehatkan serta membentuk tubuh. Saat ini Semakin banyak cara asyik untuk menyehatkan badan, sekaligus menurunkan berat badan. Jika olahraga seperti aoerobik, jogging dan lainnya sudah terasa membosankan atau tidak menantang lagi, kamu bisa mencoba beberapa bentuk olahraga berikut yang bisa kamu temui di pusat kebugaran.

Sh'bam

Sh'Bam ini adalah olahraga yang diciptakan oleh grup LesMills, yaitu kelompok praktisi kebugaran yang menciptakan kelas-kelas BodyPump, BodyBalance, dan BodyCombat. Olahraga ini dipraktekkan di pusat-pusat kebugaran. Sh’bam Dance adalah gerakan tarian untuk membentuk tubuh. Tarian itu ditemani oleh musik popular yang sedang hits saat ini dan digabungkan dengan beat latin yang modern. Dalam waktu 45 menit akan ada 12 gerakan dansa sederhana yang dikoreografikan dengan iringan musik. Setiap sesi Sh'Bam bisa membakar hingga 500 kalori.

Kita akan merasakan gerakan yang energik, unik dan bervariasi. Dengan latihan Sh'Bam, kita juga dapat memperbaiki koordinasi dan tentunya membuat kita menguasai sejumlah gerakan dansa. Sangat menyenangkan sehingga Anda lupa bahwa Anda sedang berolahraga, dan hasilnya, Anda lebih cepat dalam membakar lemak! Selain itu olahraga ini juga akan lebih asik jika dilakukan berkelompok. So ini adalah salah satu cara untuk berolahraga yang sociable.

Zumba

Zumba dance adalah olahraga yang berasal dari Amerika yang terdiri dari 30% gerakan fitness dan 70% gerakan dansa. Manfaat olahraga ini pun sangat banyak karena anda bisa membakar 600 hingga 1000. Satu sesi kelas zumba biasanya berlangsung selama 50-60 menit yang terdiri dari  sesi gerakan cepat (fast rhythm)dan gerakan lambat (slow rhythm) dikombinasi dengan resistance training untuk membakar lemak dan membentuk otot. Bisa dikatakan zumba adalah olahraga cardio yang juga mampu membentuk tubuh.

Terdapat 8 jenis zumba yang disesuaikan dengan tingkat usia dan tenaga yang dikeluarkan yaitu Zumba Gold, Zumba Step, Zumba Toning, Aqua Zumba, Zumba In The Circuit, Zumba Kids, Zumba Gold dan Zumba Sentao.
Dengan banyaknya variasi zumba yang tersedia, zumba diklaim cocok dilakukan oleh berbagai tingkat usia.

Body Jam

BODYJAM adalah latihan cardio dimana kamu akan bebas untuk menikmati sensasi tari. Kita akan diajak untuk bergerak dan menari selama 55 menit. Melakukan gerakan dance ini dengan penuh semangat dan enjoy, maka tanpa terasa kita akan membakar kalori dengan cepat. Secara keseluruhan bodyjam ini adalah satu program di gym  berupa kelas massal dengan gerakan yang beda banget sama aerobik

Body Jam lebih sedikit high impact cardio dancing class dibandingkan dengan jenis olahraga dance yang lain dimana ritme dan adrenalin member dipacu mulai dari ritme pelan (warm up dan isolation pada track 1-3) sampai dengan pendinginan yang berdurasi sekitar 55 menit setiap kelasnya dengan hasil pembakaran kalori disetiap kelas yang diikuti yaitu mencapai 300-700 kalori per kelas.

Body Combat

BodyCombat adalah salah satu rilis kelas dari Les Mills International. Pertama kali dirilis tahun Juni tahun 1999 di New Zealand. BodyCombat adalah salah satu dari kelas kebugaran yang dibuat dan didistribusikan oleh Les Mills International yang menggabungkan seni bela diri dari seluruh dunia. BodyCombat terinspirasi ilmu bela diri seperti Taijiquan, Muay Thai, Taekwondo, Kungfu dan karate. Biarpun mengusung nama besar ilmu bela diri namun peserta kelas BodyCombat tidak diharuskan memiliki stamina ataupun ketahanan otot bak atlet dan tidak memiliki gerakan kontak fisik seperti bela diri umumnya. 

Karena BodyCombat adalah kelas dimana peserta mengatur sendiri intensitas gerakan maka keamanan serta keberhasilan semua tergantung kepada peserta. Karena Body Combat bukan termasuk ke dalam seni bela diri, maka kelas ini menuntut kita untuk banyak bergerak. Itulah sebabnya, sebelum memulai Body Combat sangat disarankan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Lakukan treadmill, elliptical, sepeda row, atau sejenis latihan kardio lainnya setidaknya selama 15 menit. Untuk meminimalisir cedera mulai dengan intensitas rendah, perhatikan instruktur serta jangan dipaksakan.
 
Kelas BodyCombat biasanya terdiri sepuluh set gerakan dengan sepuluh lagu berbeda. Sepuluh set gerakan itu memiliki fungsi masing-masing, Keuntungan Melakukan BODYCOMBAT yaitu dapat menghilangkan stres, memberi inspirasi dan fun, membakar kalori serta latihan kardiovaskular karena olahraga ini menggerakkan seluruh tubuh. Satu sesi kelas Body Combat dapat memakan waktu hingga 45 menit, kira-kira dapat membakar hampir 300-350 kalori. Bagi para pemula, gerakan-gerakan Body Combat akan membuat Anda merasa kelelahan dan sulit untuk mengejar nafas. Namun, Anda jangan lantas menyerah. Cobalah mengikuti kelas ini 2-3 kali seminggu .

CX Worx

LesMills CXWORX adalah kelas latihan inti pelatihan 30 menit yang revolusioner, eksklusif untuk Énergie Cardio. Ini adalah langkah cepat, latihan efektif dan fungsional yang akan membuat kaki menjadi kencang, gluteus, perut dan punggung, meningkatkan kekuatan fungsional dan keseimbangan tubuh. Pada kelas CXWORX kita akan diajarkan teknik dan gerakan yang benar sehingga kita sadar akan tubuh Anda sendiri dan tahu bagaimana cara membuatnya lebih kuat. Pelatihan ini tidak hanya memanfaatkan berat badan sendiri seperti di sit-up, tapi juga beberapa alat bantu seperti tabung latihan dan piring berat.

Meski memperkuat otot inti adalah tujuan utama, daerah pinggul, pantat, dan punggung bawah juga akan mendapatkan beberapa latihan. Di sini kita akan belajar bagaimana mengaktifkan otot yang bertanggung jawab untuk pengendalian inti yang optimal. Membakar kalori bukanlah fokus utama meski kita pasti akan menjadi lebih ramping. Ini semua tentang mendapatkan kekuatan dan otot. Kita akan didorong untuk terus menantang kemampuan sendiri, secara bertahap meningkatkan tingkat ketahanan dan kekuatan. Dengan inti yang lebih kuat, kita akan mendapatkan perut yang lebih ketat namun juga, meningkatkan kekuatan fungsional, serta mencegah cedera di masa depan.

Body Vive 3.1

Source: www.youtube.com

Jika kamu mencari latihan yang menggabungkan program untuk melatih strength, cardio dan core, maka latihan ini adalah pilihan yang tepat. Anda pasti akan setuju bahwa kelas BODYVIVE 3.1 adalah latihan yang komplit dan Anda butuhkan. Berbagai gerakan menantang seperti lunges, squats, running dan tubbing exercise akan membakar kalori di tubuh dan tentunya membawa fitness level pada tingkat yang lebih tinggi. Nikmati hari yang lebih berenergi dan bersemangat setelah berolahraga ini.

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS