4539
  2017-08-30       rajadenim.com

Trend Celana Jeans dari Waktu ke Waktu

Tahukah kamu perjalan celana jeans ini dari tahun ke tahun dan ada perubahan model celana jeans yang seperti apa saja ya.

Official Moeslema Team 1,275 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Celana jeans Merupakan item fashion yang nggak ada matinya. Dari zaman nenek kakek kita dulu ternyata celana ini sudah menjadi pilihan fashion untuk kegiatan sehari-hari. Dan tidak memungkiri juga kamu pasti memiliki celana jeans di dalam lemari kan Moeslemates. Tapi tahukah kamu perjalan celana jeans ini dari tahun ke tahun. Perubahan model celana jeans seperti apakah yang trend dari tahun ke tahun? Ingin tahu? yuk simak yang satu ini ya !

1960an

Pada tahun 1960an celana jeans dibuat dengan model yang terlalu panjang dan kebesaransehingga harus dilipat atau yang biasa kita kenal dengan celana koboi. Jeans saat itu disesuaikan dengan si penggunanya, yakni para pekerja tambang yang membutuhkan celana yang bisa melindungi kakinya dan supaya mereka bisa beregerak leluasa untuk bekerja. celana jeans yang berkembang pada era 60-an sebagian besar dibuat dengan model seperti dan menjadi sangat tren.

1970an

Kalau melihat gambar ini Moeslemates pasti tau kalau ini adalah model cutbray jeans. Model cutbray sebenarnya sudah muncul di tahun 1960an, namun di tahun 1970an barulah model celana jeans yang lebar pada bagian bawah ini menjadi trend yang sangat marak untuk pria dan wanita. Ditambah d tahun 1970an adalah era nya seorang legenda musik yang namanya pasti tidak asing di telinga kita yaitu Elvis Presley the King of Rock n' Roll. Elvis Presley sangat suka menggunakan model celana cutbray ketika manggung, so gak heran kalau di tahun 1970an, sehingga celana cutbray sangatlah hits.

Sejarah asal mula cutbray belum dapat dipastikan. Pada awal abad 19, celana panjang dengan ujung membentuk lonceng mulai dipakai di Angkatan Laut AS. Cutbray menjadi sangat modis bagi perempuan pada tahun 1960 pertengahan di Eropa dan di Amerika Utara pada 1960-an. Pada tahun 1970-an, celana ini menjadi tren baik untuk pria dan wanita.

1980an

Berbeda dengan era sebelumnya, trend 80-an lebih banyak didominasi oleh celana Stone washing. Stone washing adalah proses manufaktur tekstil yang digunakan untuk memberikan kesan usang pada jeans yang baru diproduksi. Warna pada beberapa bagian celana dibuat berbeda, ada yang lebih gelap dan ada pula yang lebih terang. Pada awalnya, cara pencucian stonewash adalah dengan menggunakan batu apung, yang mana batu apung tersebut akan mengikis permukaan serat benang sehingga menghasilkan tampilan yang mensimulasikan seakan-akan pakaian tersebut sudah dipakai lama.

Proses pengerjaannya menggunakan berbagai jenis dan ukuran batu apung, tergantung jenis penampilan yang diinginkan. Cara ini adalah jenis proses pencucian yang mengandalkan aksi mekanis, yang dilakukan justru setelah pakaian jadi (bukan selagi masih berupa lembaran kain, sebagaimana lazimnya). Metode stone washing juga membantu meningkatkan kelembutan dan fleksibilitas kain yang biasanya kaku seperti bahan denim. Nah di tahun ini mulai marak celana jeans dengan teknik stone washing.

1990an

Di tahun ini ada dua celana jeans yang ng-hits banget. Pertama adalah carpenter jeans, yaitu celana yang memiliki banyak kantong atau saku. Celana ini dulunya memang banyak dikenakan oleh para pekerja bangunan yang memanfaatkan banyaknya kantong untuk menaruh alat-alat mereka. Celana jeans pada umumnya hanya memiliki 4 kantong, yaitu di paha sebelah kiri dan kanan, lalu di daerah pantat sebelah kiri dan kanan. Carpenter Jeans terkenal dengan banyaknya saku di celana jeans tersebut, mula dari samping lutut, di samping betis maupun tempat-tempat lainnya yang tidak terlihat lazim seperti celana panjang pada umumnya. Tambahan saku ini berfungsi untuk menaruh barang dan pada umumnya digunakan oleh pekerja bangunann dan tukang kayu. Model celana ini juga memiliki potongan yang cenderung kebesaran agar pemakai bisa beregerak leluasa.

Source: www.feelway.com

Yang kedua adalah Baggy jeans, atau yang juga dikenal dengan sebutan hareem pants adalah celana dengan model agak besar di paha, dan menyempit di bagian lutut ke bawah. Celana ini sempat populer di era 80’an. Celana ini juga sering disebut dengan sebutan celana alladin, karena memang modelnya yang terinspirasi dari gaya celana timur tengah yang diangkat dalam cerita alladin. celana yang satu ini menjadi penanda munculnya musik hip hop dan RnB. Tahun 1990an merupakan awal munculnya musik HIpHop dan RnB. Dan Baggy jeans merupakan ciri khas dari para musisi HipHop dan RnB tersebut. Mereka menggunakan Baggy jeans sebagai gaya mereka dalam bernyanyi, sehingga kemudian banyak masyarakat yang juga menggunakan Baggy Jeans.

2000an

Kemunculan celana jeans model Ultra Low Rise Jeans pada awal tahun 2000an ditandai dengan munculnya diva pop dunia Britney Spears. Celana tersebut digunakan persis di atas bokong sehingga memberikan tampilan lebih seksi bagi si pemakai dan menunjukkan lekukan tubuh secara sempurna

Setelah itu muncul juga Skinny jeans pada 2005-2006 yang mulai terkenal dan banyak dipakai orang. Model jeans ketat sampai membentuk kaki. Sebenarnya celana ini sudah pernah jadi trend di era 80an yang sering dipakai band-band rock. Ada lagi yang jadi tren dipertengahan 2008 sampai sekarang yaitu “high waist”.Biasanya banyak para fashionista yang suka memadukan high waist dengan kemeja putih longgar.

Dan yang sekarang ini juga lagi trend Ripped Jeans, yaitu celana jeans yang robek dan terlihat belel. Celana yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1980-an dimana saat itu penggunanya mayoritas dari kalangan band Rock dan Heavy Metal. Bukan hanya Ripped Jeans, saat ini juga tengah sangat popular Patchwork Jeans, celana dengan tambalan patch pada bagian dengkul. Model yang satu ini diperkenalkan di Amerika pada pertengahan tahun 2015 ini.

Wah ternyata di setiap zaman ada perubahan model jeans yang keren-keren ya. Kalau kamu suka jeans model seperti apa Moeslemates.

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS