4504
  2017-08-17    

Move On dalam Perspektif Islam

Secara gamblang kita sering mengucapkan kata move on benar bukan? Tapi apa maksud move on dan untuk apa? Lalu sejalankah move on yang sudah kita lakukan dalam sudut pandang Islam. Bagaimana sih Islam memaknai Move on ini?

Triwitaan 65 views

Sudah bukan hal lumrah sekarang ini, ucapan move on menjadi kata yang merujuk pada sebuah dorongan kuat untuk berubah, atau berpindah, atau bergerak. Ya, kata move on adalah bentuk pergeseran budaya modern saat ini, sejatinya move on dalam kaca mata islam bisa kita sebut dengan berhijrah. Jadi sepakat bahasan kali ini mengenai berhijrah dalam pandangan Islam.

Apa Definisi dari Move On?

Berhijrah adalah suatu tindakan yang mengarah untuk berpindah dari suatu tempat menuju ketempat yang lain. Kata hijrah sendiri dalam bahasa Arab yang berarti meninggalkan, menjauhkan, dan berpindah tempat. Sedangkan secara bahasa, hijrah adalah meninggalkan.
Hijrah harus memenuhi 2 syarat yang ada, yaitu ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada yang menjadi tujuan. Jadi management spiritual yang harus kita capai adalah memiliki tujuan yang baik menurut Allah, bertaubat dengan sungguh-sungguh meninggalkan perbuatan sesuatu yang kurang baik. Dengan begitu kita dapat meningkatkan keimanan kita dengan mendekatkan Allah lebih dekat. Sebagaimana hijrahnya Nabi Muhammad SAW bersama sabahatnya dari mekkah menuju Madinah. Hijrah Nabi Muhammad SAW ini bertujuan untuk mempertahankan dan menegakkan risalah Allah, berupa akidah dan syariat Islam.

Mengapa kita harus move on?

Source: dakwahyu.com

Untuk memulai sebuah tindakan yang baik memang sangat berat, terlebih lagi hijrah ini dibutuhkan kesabaran juga komitmen untuk terus istiqomah. Seperti dalam sebuah riwayat "Yakhtalitun walaakin yatamayyazun", yaitu bercampur baur namun memiliki ciri khas tersendiri atau tidak terkontaminasi. Maksudnya kita sebagai muslim sejati adalah menjadi muslim yang tidak mudah terkontaminasi sekalipun berbaur dalam kondisi lingkungan yang kurang baik. Dengan begitu kita akan terus beristiqomah dalam hal kebaikan, jika diperlukan kita harus move on dalam kebaikan yang haqiqi.
Itu kenapa kita harus move on Moeslemates? Sejatinya, hidup untuk terus bergerak untuk dapat menciptakan keseimbangan. Dalam syairnya imam Syafi’i berkata air yang tergenang akan busuk. Sementara air yang mengalir akan bening dan jernih. Seandainya matahari berhenti di ufuk timur, niscaya manusia akan stress dan bosan. Jadi demi mencapai sebuah keseimbangan hidup kita harus bergerak, Allah telah memberikan kita untuk mengubah keadaan dengan upaya sendiri. Yakni dengan berhijrah maka Allah akan mengubah nasib kita, juga memberi keberkahan hidup.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.”

Source: Q. S. [13] : 11

Allah pun berfirman dalam kalamnya untuk memulai sesuatu yang baik, harus dimulai dari dalam diri sendiri. Memulai meninggalkan sesuatu yang mengarah pada yang subhat atau benar, dan mencari sesuatu yang baik dan membawa keberkahan dan keniscayaan kepada diri sendiri.

Adapun janji Allah kepada umatnya yang mau move on atau berhijrah, berikut :
1. Allah berjanji akan memberikan rezeki yang berlimpah di dunia bagi orang-orang yang senantiasa berhijrah, kita bisa lihat dalam surah Al-Anfal ayat 74 & An-Nisa ayat 100.
2. Allah berjanji menghapuskan kesalahan dan diampuni dosanya rujukan dalam surah Al-Imran ayat 195.
3. Serta mendapatkan kemenangan yang besar dan ditinggikan derajatnya surah At- Taubah ayat 20 dan 100.

Dan orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad pada jalan Allah, dan orang-orang yang memberi tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang muhajirin), mereka itulah orang-orang yang benar-benar beriman. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki (nikmat) yang mulia.
Source: QS : Al-Anfal ayat 74
Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman): "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik".
Source: QS : Al-Imran ayat 195

Bagaimana Islam Memandang Move On?

Source: www.youtube.com

Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwa mereka adalah lebih tinggi disisi Allah derajatnya. Mereka itulah orang-orang yang memperoleh kemenangan.
Source: QS At-Taubah ayat 20

Islam memandang move on sejauh bagaimana Islam memandang berhijrah. Hal ini merupakan ciri orang-orang yang berjihad dijalan Allah. Ya, berjihad dijalan Allah seperti jihadnya orang yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan Allah, yang berperang dan yang dibunuh pada saat melakukan kebaikan, Subhanallah... Allah akan meninggikan derajatnya disisinya, dan mereka yang berhijrah itulah yang memperoleh kemenangan. Maha besar Allah yang memiliki seluruh alam.

Karena janji Allah bukan main-main, Untuk itu mungkin tak sedikit cercaan, hinaan dan musuh ketika memulai berhijrah. Inilah nikmat yang kita rasa dari hati yang paling dalam. Merasa sangat sulit karena mencoba berubah menjadi baik. Sempat bahkan lontaran kata-kata tidak enak kita dapatkan, tapi itu tadi tidak ada yang mudah untuk memulai berhijrah, apalagi jika kita memiliki masa lalu yang kelam. Seolah dunia sudah menghukum kita agar tidak bisa berubah menjadi lebih baik. Jangan khawatir, Umar bin Khatab pun berkata, terkadang seseorang dengan masa lalu yang paling kelam, mempu menciptakan masa depan yang paling cemerlang.
Dont worry ya Moeslemates...
Allah pun telah pernah tidur untuk memberikan kemuliaan dan keberkahan bagi mereka orang-orang yang sungguh dalam berhijrah.

Barangsiapa meninggalkan sesuatu karena Allah, maka Allah akan menggantikan dengan yang lebih baik.
Source: (HR. Bukhari Muslim)
Triwitaan Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS