4503
  2017-08-10       id.pinterest.com

3 Tempat di Makkah yang Dimuliakan oleh Allah SWT

Makkah merupakan tempat dimana Allah menurunkan sejumlah tempat-tempat mulia disana. Penasaran tempat apa sajakah itu? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Syanin Ss 141 views

Asalamu Alaikum Moeslemates,

Makkah merupakan kota yang paling dicintai oleh nabi Muhammad, bahkan Allah sendiri pun menganggungkan dan memberkahi tempat ini dengan menurunkan beberapa hadits dan tanda-tanda kebesarannya di kota ini. Bahkan orang dari berbagai penjuru, ntah dekat ataupun ntah jauh berdatangan ke tanah yang mulia ini untuk menunaikan kewajiban.

Tempat di Makkah yang Diagungkan #!: Masjidil Haram


إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِي بِبَكَّةَ مُبَارَكاً وَهُدًى لِّلْعَالَمِينَ فِيهِ (96) آيَاتٌ بَيِّـنَاتٌ مَّقَامُ إِبْرَاهِيمَ وَمَن دَخَلَهُ كَانَ آمِناً وَلِلّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ
اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلاً وَمَن كَفَرَ فَإِنَّ الله غَنِيٌّ عَنِ الْعَالَمِينَ (97).

“Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim ; barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam”. (Ali Imran 96-97)
Source: belajarislam.com

Masjidil Haram atau biasa disebut dengan Masjid Al-Haram, dan terletak dipusat kota Makkah. Masjid inimerupakan masjid yang pertama kali berada di muka bumi. Selain itu di masjid ini terdapat Ka’bah yang merupakan kiblat bagi seluruh umat muslim di dunia. Di dalam hadits-hadits nabi dijelaskan bahwa di masjidil haram makanan berlimpah, buah-buahan, makanan pangan, maupun hewan ternak dapat kamu temukan disana, harga yang ditawarkan pun sangat murah.

Selain itu, didalam salah satu haditsnya rasulullah menyebutkan bahwa solat di masjid ini akan mendapatkan pahala setara dengan solat 100.000 rakaan di masjid-masjid lainnya.


صَلاَةٌ فِى مَسْجِدِى هَذَا أَفْضَلُ مِنْ أَلْفِ صَلاَةٍ فِيمَا سِوَاهُ إِلاَّ الْمَسْجِدَ الْحَرَامَ وَصَلاَةٌ فِى الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَفْضَلُ مِنْ مِائَةِ أَلْفِ صَلاَةٍ

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik 1000 shalat di masjid lainnya kecuali Masjidil Haram. Shalat di Masjidil Haram lebih baik 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad 3/343. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)
Source: rumaysho.com

Tempat di Makkah yang Diagungkan #2: Ka’bah

Al-Baqarah ayat 144


قَدْ نَرَىٰ تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ ۖ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا ۚ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنْتُمْ فَوَلُّوا وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُ ۗ وَإِنَّ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ لَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ ۗ وَمَا اللَّهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ


Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.
Source: tafsirq.com

Ka’bah atau Al Ka'bah Al Musyarrafah (Kakbah Yang Suci) merupakan satu-satunya titik kiblat umat Islam di seluruh dunia. Ka’bah terletak ditengah-tengah masjid paling suci di dalam al-qur’an (masjidil haram).
Yang menjadikan bangunan ini mulia, karena Ka’bah berhubungan langsung dengan 2 rukun islam yaitu, Shalat dan Haji.
Shalat seorang muslim tidakan akan sah jika tidak menghadap kiblat, sedangkan haji seseorang tidak akan sempurna jika tidak melakukan thawaf di Ka’bah. Bahkan Allah melaknat siapapun yang melakukan thawaf selain di Ka’bah dan menjadikannya sebagai rukun saat melaksanakan haji.

Tempat di Makkah yang Diagungkan #3: Hajar Aswad

Hajar Aswad merupakan salah satu tanda-tanda kebesaran Allah yang berada di muka bumi. Pada awalnya Hajar Aswad berwarna lebih putih dari susu, tetapi kemudian dosa-dosa anak adam telah merubahnya menjadi sehitam yang sekarang Moeslemates lihat saat ini.


عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- فِى الْحَجَرِ « وَاللَّهِ لَيَبْعَثَنَّهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَهُ عَيْنَانِ يُبْصِرُ بِهِمَا وَلِسَانٌ يَنْطِقُ بِهِ يَشْهَدُ عَلَى مَنِ اسْتَلَمَهُ بِحَقٍّ »

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda mengenai hajar Aswad, “Demi Allah, Allah akan mengutus batu tersebut pada hari kiamat dan ia memiliki dua mata yang bisa melihat, memiliki lisan yang bisa berbicara dan akan menjadi saksi bagi siapa yang benar-benar menyentuhnya” (HR. Tirmidzi no. 961, Ibnu Majah no. 2944 dan Ahmad 1: 247. Abu Isa At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan dan Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).
Source: muslim.or.id

Hajar Aswad juga kelak akan menjadi saksi bagi orang-orang yang menyentuhnya dengan kebenaran, dan bersaksi atas hal tersebut. Maka dari itu rasulullah pun mensunnahkan agar setiap melewati Hajar Aswad agar bertakbir sebagai permulaan putaran.

Nah Moeslemates, itu tadi 3 tempat di Makkah yang diagungkan oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat!

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS