4502
  2017-08-09       id.pinterest.com

3 Perbuatan yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan di Tanah Suci

Sebaiknya kamu tidak melakukan perbuatan-perbuatan ini saat berada di tanah suci.

Syanin Ss 80 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Mengingat sekarang tengah musim haji, terkadang ada beberapa jamaah yang sering melakukan perbuatan konyol. Bahkan nabi pun sampai tidak ingin gambar wajahnya di sebarkan? Mengapa? Karena takut ada beberapa orang yang menyembah-nyembah foto tersebut. Sedangkan menyembah dan menganggungkan selain kepada Allah bisa dikategorikan sebagai perbuatan syirik, seperti yang tertuang dalam surat asy-syura:21

أَمْ لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهُ ۚ وَلَوْلَا كَلِمَةُ الْفَصْلِ لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ ۗ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

Apakah mereka mempunyai sembahan-sembahan selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah? Sekiranya tak ada ketetapan yang menentukan (dari Allah) tentulah mereka telah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu akan memperoleh azab yang amat pedih.
Source: tafsirq.com

Perbuatan ke-1: Menyembah-Nyembah Makam

أَنَّ عَائِشَةَ وَعَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ قَالَا لَمَّا نَزَلَ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَفِقَ يَطْرَحُ خَمِيصَةً لَهُ عَلَى وَجْهِهِ فَإِذَا اغْتَمَّ بِهَا كَشَفَهَا عَنْ وَجْهِهِ فَقَالَ وَهُوَ كَذَلِكَ لَعْنَةُ اللَّهِ عَلَى الْيَهُودِ وَالنَّصَارَى اتَّخَذُوا قُبُورَ أَنْبِيَائِهِمْ مَسَاجِدَ يُحَذِّرُ مَا صَنَعُوا

Dari ‘Aisyah dan Abdullah bin Abbas –semoga Allah meridhoi mereka- mengatakan: “Ketika kematian datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau mulai meletakkan kain wol bergaris-garis pada wajah beliau, sewaktu beliau susah bernafas karenanya, beliau membukanya dari wajahnya, ketika dalam keadaan demikian, lalu beliau mengatakan: “Laknat Allah atas orang-orang Yahudi dan Nashoro, mereka menjadikan kubur-kubur Nabi-Nabi mereka sebagai masjid-masjid”. Beliau memperingatkan apa yang telah mereka lakukan. (HSR. Bukhari no: 435, 436; Muslim no:531)
Source: muslim.or.id

Tidak usah heran, terkadang ada beberapa jamaah yang rela menyembah-nyembah makam, melakukan suatu perbuatan yang berlebihan ketika berada di makam. Maka tidak usah heran jika di daerah Arab kuburan hanya berpancang kayu tanpa dituliskan nama sama sekali.
Karena menyembah-nyembah makam dan berharap mendapat manfaat darinya bisa jadi merupakan sarana menuju kesyirikan. Mencegah lebih baik bukan?

Perbuatan ke-2: Mencari Berkah dari Benda Keramat atau Tempat Keramat

وَلَقَدْ أُوحِيَ إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكَ لَئِنْ أَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ
“Dan sungguh telah diwahyukan kepadamu dan kepada para Nabi sebelum engkau, ‘Jika kamu berbuat syirik maka pastilah seluruh amalmu akan lenyap terhapus dan kamu benar-benar akan termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Az Zumar: 65)
Source: muslim.or.id/623-awas-syirik-1.html

Dari beberapa kejadian yang telah lalu ada beberapa jamaah yang masih mempercayai beberapa takhayul dengan melakukan kekonyolan seperti, mengambil tanah di kuburan untuk kemudian dibawa pulang ke kampung halaman, mengusap dinding dan dan pintu-pintu di masjid berharap tangan yang menyentuh area-area tersebut akan membawa keajaiban, bahkan sampai ada beberapa orang yang nekat menuliskan tulisan-tulisan yang berisi permohonan agar beban hidup mereka dipermudah.

Perbuatan-perbuatan yang telah disebutkan diatas bisa dikategorikan sebagai perbuatan syirik, karena telah mengajukan permohonan kepada benda-benda keramat tersebut dibandingkan berdoa kepada Allah. Bahkan Allah telah menjelaskan dalam dalilmnya betapa suatu perbuatan syirik merupakan perbuatan yang benar-benar merugi.

Perbuatan ke-3: Menjalani Ritual diluar yang Disyariatkan oleh Nabi

Pernah dengar ada beberapa jamaah haji yang memungut makanan burung di Makkah agar cepat hamil? Dan bahkan ada beberapa orang lainnya yang meletakkan potongan-potongan kertas berisi harapan dan cita-cita mereka di masjid. Bisa bayangkan betapa konyolnya hal-hal tersebut?

Padahal jelas-jelas tanpa menuliskan keinginan tersebut Allah sudah lebih mengetahui hal tersebut. Selain itu menjalani ritual yang tidak disyariatkan dikhawatirkan akan berujung pada syirik.

Hal ini tertuang dalam salah satu hadits:

Hudzaifah Radhiyallahu ‘anhu berkata, “Setiap ibadah yang tidak pernah dilakukan oleh para sahabat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, janganlah kalian melakukannya. Karena zaman awal itu tidak membiarkan sesuatu apapun untuk zaman setelahnya. Bertaqwallah kalian wahai para pembaca (Al-Qur’an), ambillah jalan-jalan orang sebelum kalian.”
Source: Al-Amru bi al-Ittiba’, hal.62

Nah Moeslemates, itu tadi beberapa perilaku yang sebaiknya tidak kamu lakukan. Semoga kita selalu senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS