4478
  2017-08-03    

Ta'aruf Sukses Ala Natta Reza & Wardah Maulina di Seminar "Tak Kenal Maka Ta'aruf"

Ta'aruf itu apa sih? Yuk simak lebih dalam tentang ta'aruf di sini!

Official Moeslema Team 9,751 views

Seminar Pra-Nikah "Tak Kenal Maka Ta'aruf"

Assalamu'alaikum Moeslemates,
Komunitas Sahabat Muslimah bekerja sama dengan Yisc Al-Azhar, Prisma Al-Munawwarah dan Remisya menggelar seminar pra-nikah "Tak Kenal Maka Ta'aruf" pada hari Minggu 30 Juli 2017 yang lalu di Masjid Agung Al-Azhar. Seminar kece satu ini diisi oleh Ustadz Bendry Jaisyurrahman dengan guest star Natta Reza dan Wardah Maulina. Siapa nih diantara Moeslemates yang ikutan Seminar Pra-Nikah kemarin? Gimana, seru kan?! Bagi Kamu yang tidak sempat mengikuti seminar bermanfaat ini, yuk simak ulasannya di sini!

Kupas Tuntas Konsep Ta'aruf bersama Ustadz Bendry Jaisyurrahman.

Berangkat dari memahami hakikat berumah tangga dalam Islam, Ustadz Bendry Jaisyurrahman mengajak kita untuk mengenal lebih dalam, bagaimana sih membangun rumah tangga yang benar? Pada seminar yang sebagian besar didominasi oleh kaum hawa tersebut, beliau menyebutkan bahwa salah satu visi berumah tangga adalah sakinah. Sakinah ini sendiri akan hadir dalam rumah tangga yang diberkahi oleh Allah SWT. Lantas, bagaimana agar rumah tangga kita diberkahi Allah SWT? Allah berfriman dalam Qur'an Surat At-Tahrim ayat 6

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Ayat di atas dapat disimpulkan bahwa Allah lah yang akan menurunkan sakinah pada orang-orang yang beriman. Dalam hal ini, ada 3 hal yg hrs di lakukan :

1. Niat mencari ridho Allah. Contoh: menjaga pandangan pada yang bukan mahramnya.

2. Calon kriteria yang dicari sesuai dengan Allah. Carilah orang yang mencintai Allah dan pasti dicintai Allah.

3. Cara mendapatkannya karena Allah. Contoh: Jika ada Ikhwan yang menyukai akhwat baiknya minta petunjuk dari Allah setelah yakin dia akan mendatangi orangtuanya dan melamarnya.

Apa Itu Ta'aruf?

Setelah memahami hakikat berumah tangga, dari sini lah kita belajar tentang konsep ta'aruf dalam Islam. Ustadz Bendry Jaisyurrahman menjelaskan, ta'aruf adalah upaya kita dalam mencari tahu agama dan akhlak seseorang. Sedangkan yang termasuk konsep Ta'aruf ada 3 yaitu:
Lillah : Karena Allah SWT
Fillah : Mencintai Allah SWT
Billah : Sesuai syariat Allah SWT

Ta'aruf sendiri adalah petunjuk dari Rasulullah SAW agar kita mengenal dan melihat calon pasangan sebelum menikah. Melihat di sini dibagi menjadi 2 yaitu melihat secara fisik dan melihat secara batin.

Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dalam hadist di atas, kita patut memperhatikan 4 hal dalam memilih jodoh. 4 kriteria tersebut adalah agama, kecantikan, keturunan, dan harta. Jika tidak dapat semuanya maka pilihlah agamanya. Dalam ta'aruf yang dilihat adalah agama dan akhlak seseorang. Agama adalah kualitas hubungan dengan Allah, sedangkan akhlak adalah tingkah laku seseorang yang mencerminkan perbuatan yang baik.

Bagaimana Cara Mengetahui Agama dan Akhlak Seseorang?

1. Lihat siapa teman dekatnya atau sahabatnya. Dikatakan sahabat dekat apabila: sudah pernah safar (berpergian) bersama, mabid (menginap) bersama, sudah pernah pinjam meminjam.

2. Libatkan orang terdekat saat proses ta'aruf.

3. Pelajari pola karakter sesuai lingkungan nya. Contoh: Laki-laki yang dekat dengan ibunya cenderung peka terhadap lawan jenis dan laki-laki yang tidak dekat dengan ayahnya cenderung peragu. Sifat orangtua berpengaruh pada pola asuh untuk anak dlm pembentukan karakternya. Sifat Orang tua yang cuek atau pemarah misalnya akan berpengaruh pada karekter anak. Contoh lain misalnya kita mau melihat sifat laki-laki calon suami kita. Cek siapa sosok laki-laki yang paling dekat dengan Ikhwan tersebut bisa ayah, paman, kakek dan lain-lain.

4. Penting melihat orang sekelilingnya, hal ini akan berpengaruh pada karakter dirinya yang sebenarnya.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Ta'aruf.

Hal-hal yang perlu kita perhatikan saat ta'aruf :
1. Mengumpulkan data perilaku pasangan agar lebih mengenal karakternya.
2. Pasangan yang kita pilih adalah orang yang bisa kita antisipasi kekurangannya.
3. Agar yakin doakan pada saat sholat Istikharah.

Dan yang terbaik bukanlah yang sempurna, tapi dengan kekurangan tersebut kita bisa belajar dan saling melengkapi satu sama lain.

Natta Reza & Wardah Maulina

Natta Reza dan Wardah Maulina menceritakan tentang perjalanan cinta mereka yang menggunakan konsep ta'aruf hingga sekarang menyandang status suami istri. Berawal dari like di Instagram, siapa yang bisa menyangka mereka berdua akhirnya berlabuh di pelaminan. Hal ini sontak membuat peserta seminar berdecak kagum sekaligus baper.

Mengikuti kegiatan yang sama pada demo 212 kemarin, Wardah yang menyukai foto Natta di instagram, membuat Natta penasaran dengan wanita tersebut, padahal yang memberikan like pada saat itu lebih dari 5 ribu like. Singkat cerita, Natta yang mengirimi Wardah pesan di instagram, mengajak Wardah untuk menikah. Wardah terheran-heran dengan lelaki yang satu ini, berbeda dengan lelaki lainnya yang mengajaknya ta'aruf, Natta langsung mengajaknya menikah tanpa melihat wajahnya terlebih dahulu. Akhirnya mereka bertemu dan seketika memutuskan segera menikah setelah Natta melihat wajah Wardah, MasyaAllah~

Mungkin benar kata pepatah "Tak butuh waktu lama untuk mencintai seseorang, namun butuh waktu seumur hidup untuk melupakannya" (eaaaa) hihihi Moeslemates, semoga seminar kemarin memberikan kita banyak motivasi untuk berbenah diri sambil menunggu jodoh terbaik dari Allah SWT yaaa! Karena lelaki yang baik untuk perempuan yang baik, begitu pula sebaliknya, maka jika Kamu menginginkan lelaki yang shaleh yuk terus memperbaiki diri supaya menjadi wanita yang shalehah!

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: NEWS&EVENT


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS