4468
  2017-08-15       www.caraspot.com

7 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

Jerawatmu susah hilang? Coba deh cek ketujuh poin di bawah ini, apakah kamu termasuk salah satu yang belum menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk ini?

Lidya O. 201 views

Jerawat merupakan masalah wajah yang pembahasannya tidak akan pernah habis. Berbagai cara untuk menghilangkan, mencegah, mengobati bahkan jenis-jenis jerawat yang wajib kita ketahui pun sudah banyak diketahui. Tapi terkadang, kita masih sering lupa bahwa kebiasaan-kebiasaan yang dianggap sepele ini ternyata sangat berpengaruh pada peradangan jerawat di wajah. Nah, untuk lebih paham lagi simak yuk ulasan di bawah ini.

1. Terlalu Sering Menyentuh Wajah Saat Tangan Belum Bersih

Tangan merupakan salah satu bagian anggota tubuh yang mudah sekali terkena kuman dan sarang bakteri. Untuk itu, sebenarnya kita sangat wajib mencuci tangan dengan sabun hingga bersih saat sebelum dan sesudah beraktivitas. Kenapa? Dikhawatirkan kita akan tidak sengaja menyentuh bagian wajah dengan tangan yang kotor. Apalagi saat sedang tumbuh jerawat. Kuman dan bakteri penyebab jerawat akan dengan mudahnya masuk dan menyerang kulit wajah kita.

2. Terlalu Sering Gonta-Ganti Makeup

Kalau keadaan kulit wajahmu sedang berjerawat atau berpotensi untuk sering timbul jerawat, hati-hati deh sama produk make up yang kamu akan pakai. Terlebih lagi kalau kamu hobi nyoba-nyoba produk baru yang lagi in dan menggantinya jika sudah nggak in lagi. Dengan kata lain, wajah yang berjerawat sangat riskan untuk menggunakan make up yang bermacam-macam jenisnya.

3. Tidak Membersihkan Alat Makeup

Sering menggunakan make up dalam sehari-hari, jangan sampai lupa kewajiban yang satu ini. Yaitu, membersihkan alat-alat make up. Apalagi ijika sudah menahun, duh sebaiknya cepat-cepat deh dibersihkan karena kotoran dan kuman yang tersisa di alat make up kamu itu bisa jadi penyebab jerawat tambah parah lho. Dan lagi, bakteri akan senang berkembang biak di sana.

4. Terlalu Sering Mencuci Muka

Source: www.musely.com

Banyak orang berpendapat bahwa sering cuci muka akan menghasilkan wajah yang bersih, sehat dan bebas dari kotoran penyebab jerawat. Namun ternyata tanggapan itu kurang tepat. Justru jika kamu trelalu sering mencuci muka, maka wajah akan menghasilkan lebih banyak kadar minyak dari yang biasanya dihasilkan. Hal tersebut terjadi karena dengan mencuci muka, kulit wajah akan kering dan sel-sel kulit akan memproduksi dua kali lipat minyak agar kulit wajah kembali seperti keadaan normal. Jadi, hindari cuci muka berlebihan ya Moeslemates.

5. Makan Makanan Berminyak

Source: beritahati.com

Nah, yang satu ini kita semua tahu bahwa tidak hanya perempuan Indonesia saja, tetapi kaum laki-laki pun mulai dari anak kecil hingga dewasa pasti suka sama yang namanya gorengan atau makanan berminyak. Sebenarnya ini juga yang harus dikurangi atau dihindari. Selain nggak baik untuk kesehatan, wajah pun ikut terkena imbasnya lho. Untuk itu, kurangi yuk konsumsi makanan berminyak.

6. Sering Begadang

Buat kamu yang tugasnya banyak atau kerjaannya musti dikerjakan pada malam hari, harap berhati-hati ya. Karena kebiasaan begadang bisa membuat jerawatmu makin parah. Pola tidur yang teratur dan gizi seimbang bisa menjadi solusinya. Kalau kamu benar-benar sedang butuh untuk begadang, usahakan untuk tidak menjadikannya rutinitas tiap malam. Lagipula, nggak hanya kesehatan wajah yang terganggu, metabolisme tubuhmu juga akan menjadi tidak seimbang dengan jam tidur yang berantakan itu.

7. Terpapar Sinar Matahari Dalam Jangka Waktu Yang Panjang

Buat kamu yang senang berjemur di pantai tapi malas pakai sunblock, mulai dari sekarang kurangin deh kebiasaan yang satu ini. Karena paparan sinar matahari dalam jangka panjang ternyata tidak hanya mampu merusak kulit tapi juga menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah lho.


Nah itu tadi ketujuh poin penting yang wajib banget kamu hindari untuk mendapatkan wajah yang terhindari dari masalah jerawat. Semoga bermanfaat ya Moeslemates!

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS