4460
  2017-08-02       www.lifeclinic174.ru

Yuk Ketahui 4 Tingkatan Jerawat dan Cara Mengatasinya

Sebelum terlambat kamu perlu mengetahui 4 tingkatan jerawat berikut cara penanganannya.

Syanin Ss 573 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Mungkin diantara Moeslemates ada yang saat ini tengah berjuang melawan jerawat yang menghiasi wajah dan bingung dengan kondisi wajah saat ini? Untuk itu sebelum kamu berbingung-bingung ria lebih lama lagi kamu bisa mempelajari sudah tingkat berapakah problem jerawat kamu dan bagaimana cara mengatasinya di artikel dibawah ini.

Jerawat Tingkat Ke-1: Jerawat Vulgaris (Ringan)

Jerawat pada tingkat ini bisa dibilang merupakan tingkatan yang paling ringan dan mudah diatasi. Hanya beberapa jerawat kecil yang muncul dalam sesekali waktu dengan jumlah yang sangat sedikit pula kisaran satu atau dua saja paling banyak. Selain itu terdapat juga komedo dan milia, yang kadang-kadang muncul dalam jumlah cukup banyak. Tapi di tingkatan ini tidak terdapat peradangan.

Cara Mengatasinya :
• Rajin membersihkan wajah selepas keluar rumah.
• Rutin melakukan eksfoliasi kulit seminggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan milia.
• Rajin menggunakan masker minimal seninggu dua kali.
• Jika komedo cukup menumpuk kamu bisa mencoba menggunakan pore pack.

Jerawat Tingkat ke-2: Jerawat Vulgaris (Menengah)

Jerawat tingkat ke-2 ini bisa digolongkan sebagai jerawat menengah. Akan terdapat komedo dan milia dalam jumlah yang cukup besar. Selain itu pada tingkatan ini juga terdapat papula dan postula dan juga ada sedikit peradangan pada kulit.
Biasanya jerawat tingkat ke-2 ini menyerang usia remaja dan berkembang dari hidung, dahi, dan menyebar ke seluruh wajah. Selain itu jerawat juga dapat muncul di dada dan bahu, dan di usia pria terkadang muncul pula di punggung. Sedangkan di usia wanita dewasa, jerawat mulai bermunculan pada saat menjelang haid, didaerah pipi, dagu, dan jidat.

Cara Mengobatinya :
• Pastikan kamu selalu membersihkan wajah setiap sehabis terkena udara luar ruangan.
• Kamu bisa mengobatinya sendiri dengan benzoil peroksida dan asam salisilat yang berfungsi untuk membasmi bakteri. Bisa juga menggunakan vitacid namun harus dibawah pengawasan dokter, selain itu efek vitacid terbilang cukup keras, bahkan kalau terkena matahari kulit akan seperti terbakar.
• Pastikan tangan kamu selalu bersih saat menyentuh wajah.

Jerawat tingkat Ke-3: Rosacea (Cukup Parah)

Jerawat pada tingkatan ini tergolong lumayan parah. Perbedaan antara jerawat tingkat ke-2 dan ke-3 terletak pada jumlah peradangan yang terjadi. Di tingkatan ini kulit menjadi mudah merah dan mudah meradang. Papula dan pustula berkembang dalam jumlah yang cukup pesat, selain itu juga terdapat beberapa nodula di area spot-spot tertentu.

Dan di jerawat tingkat ke-3 biasanya sudah menjalar hingga ke bagian tubuh lain, seperti leher, dada, bahu, dan punggung bagian atas. Kemungkinan munculnya jaringan parut juga sangat besar, seiring dengan peluang terjadinya infeksi. Bila tidak sesegera mungkin diatas, kemungkinan besar jerawat yang tadinya berada pada tingkat ke-3 dapat berkembang menjadi tingkat ke-4.

Cara mengobatinya:
• Hindari penggunaan make up agar jerawat tidak semakin meradang.
• Hentikan kebiasaan berganti-ganti produk dalam waktu singkat. Jika ingin mencoba suatu produk, sebaiknya coba lihat resultnya dalam jangka waktu sebulan. Perhatikan juga produk yang kamu gunakan, disarankan untuk menggunakan produk-produk water based agar tidak menyumbat kulit.

Jerawat tingkat ke-4: Conglobata dan Fulminans (Parah)


Pada fase tingkat ke-4 ini bisa dibilang merupakan fase paling parah dalam perjalanan panjang jerawat, bisa diibaratkan dia ini adalah The King of Acne. Jerawat pada tingkatan ini biasa disebut dengan sebutan nodulocystic. Dan semakin diperparah dengan munculnya papula, pustula, nodul dan terdapat juga kista di kulit wajah. Hal-hal itulah yang membuat jerawat semakin meradang, bahkan tak jarang penderita merasakan sakit berdengung dan wajah membengkak parah sebagai akibat adanya peradangan.

Dan seolah menyebarkan peradangan di wajah saja belum cukup, jerawat tingkat keempat ini berkembang hingga ke bagian bahu, punggung, bahkan lengan. Infeksinya bisa dibilang sudah tertanam hingga ke dalam dan menyebar dengan sangat luas. Hal itulah yang membuat penderita jerawat tingkat ini biasanya mengalami luka parut atau biasa disebut bopeng dan juga nyeri didaerah persendian.

Cara Mengobatinya:
• Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah, menghentikan seluruh perawatan wajah yang mengandung bahan kimia.
• Istirahatkan terlebih dahulu wajah kamu dari seluruh bahan-bahan kimia.
• Untuk saat ini, cobalah untuk menggunakan perawatan alami yang bisa kamu makan, karena apapun yang bisa masuk ke perut kamu itu berarti aman digunakan bagi kulit. Istilahnya di makan saja aman. Masa untuk kulit tidak aman?
• Jika sudah tidak tertolong lagi, kamu bisa memeriksanya ke dokter kulit di rumah sakit.

Nah Moeslemates itu tadi 4 tingkatan jerawat beserta cara menanganinya. Semoga bermanfaat!

Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Syanin Ss
Syanin Ss
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS