4414
  2017-07-30       islamidia.com

7 Manfaat Solat Tahajud

Moeslemates, solat tahajud itu banyak manfaatnya lho, penasaran ? Baca selengkapnya yuk disini ! ^^

Alin Rizkiana 251 views

Solat adalah salah satu ibadah yang dilakukan oleh seorang muslim. Solat ada yang hukumnya wajib dan sunnah. Adapun salah satu solat sunnah yang dianjurkan adalah solat tahajud. Dibalik itu, solat tahajud menyimpan banyak manfaat lho moeslemates.

1. Semakin dekat kepada Allah

Suasana malam hari yang tenang dimana orang lain masih tertidur lelap, membuat kita semakin khusyuk dalam beribadah. Tentu rasanya hanya ada kita dan Allah. Dalam suatu hadits disebutkan bahwa Allah turun pada sepertiga malam.

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِيْنَ يَبْقَى ثُلُثُ الأَخِيْرِ يَقُوْلُ : مَنْ يَدْعُوْنِيْ فَأَسْتَجِيْبَ لَهُ, مَنْ يَسْأَلُنِيْ فَأُعْطِيَهُ, مَنْ يَسْتَغْفِرُنِيْ فَأَغْفِرَ لَهُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada setiap malam yaitu ketika sepertiga malam terakhir, (kemudian) Dia berfirman, ‘Barang siapa berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan, barang siapa meminta kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan, dan barang siapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya akan Aku ampuni.’ (HR. Bukhari 1145, Muslim 758)

2. Sehat Jasmani dan Bersih Rohani

Source: http://www.sepercikhikmah.com/2016/06/inilah-10-alasan-mengapa-wanita-yang.html

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa orang yang sering melakukan solat tahajud, kekebalan tubuhnya lebih kuat dibanding mereka yang jarang melakukan solat tahajud. Selain itu, udara malam pun bersih karena terbebas dari polusi membuat paru-paru kita lebih sehat. Selain pahala tambahan, kita pun mendapat benefit kesehatan tambahan lho moeslemates.

3. Doa Mudah Terkabul

Semakin kita dekat pada Allah, maka doa kita pun mudah terkabul. Hati kita yang bersih karena selalu ingat kepada Allah, membuat kita lebih mudah fokus dalam berdoa serta selalu berfikiran positif bahwa doa-doa kita pasti akan dikabulkan.

4. Derajat yang Tinggi

Banyak cara untuk mendapatkan derajat lebih tinggi dihadapan Allah, yaitu dengan solat tahajud. Ibadah yang kita lakukan akan membuat derajat kita lebih tinggi. Membiasakan untuk solat tahajud sama saja dengan menabung pahala tambahan yang akan membuat derajat kita lebih tinggi.

ثَوْبَان مَوْلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ أَخْبِرْنِي بِعَمَلٍ أَعْمَلُهُ يُدْخِلُنِي اللَّهُ بِهِ الْجَنَّةَ أَوْ قَالَ قُلْتُ بِأَحَبِّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ فَسَكَتَ ثُمَّ سَأَلْتُهُ فَسَكَتَ ثُمَّ سَأَلْتُهُ
الثَّالِثَةَ فَقَالَ سَأَلْتُ عَنْ ذَلِكَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلَّا رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً


Tsauban, maula Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam, lalu aku bertanya, ‘Kabarkanlah kepadaku dengan suatu amal yang jika kukerjakan niscaya Allâh akan memasukkanku ke dalam surga disebabkan amal tersebut, -atau dia berkata, aku berkata, ‘Dengan amalan yang paling disukai Allâh-, lalu dia diam, kemudian aku bertanya kepadanya, lalu dia diam kemudian aku bertanya kepadanya yang ketiga kalinya.’ Dia menjawab, ‘Aku telah menanyakan hal tersebut kepada Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam, maka beliau menjawab, ‘Hendaklah kamu memperbanyak sujud kepada Allâh, karena tidaklah kamu bersujud kepada Allâh dengan suatu sujud melainkan Allâh akan mengangkatmu satu derajat dengannya, dan menghapuskan satu dosa darimu dengannya’.” (H.R Muslim 753)

5. Penghapus Dosa dan Mencegah Perbuatan Dosa

Sebagai manusia, kita tak dapat luput dari dosa. Namun bukan berarti kita tidak berbuat apa-apa. Lakukanlah solat tahajud secara rutin. Karena solat tahajud dapat menghapuskan dosa-dosa kita, sesuai dengan firman Allah dalam Al Quran yaitu :

وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

“Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.” Q.S Huud: 114

6. Wajah yang Cerah

Salah satu manfaat lainnya dari solat tahajud adalah membuat wajah kita menjadi cerah. Wajah kita menjadi cerah disebabkan karena cahaya kesholihan yang Allah berikan. Selain itu, kalau ditinjau secara ilmiah, udara pagi hari yang masih segar dapat memperlancar aliran darah yang akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik serta sel-sel kulit mati akan cepat tergantikan dengan sel kulit yang baru. Ayo rutinkan moeslemates !

7. Mendapat Keringanan Hisab

Manfaat lainnya adalah mendapat keringanan hisab di akhirat nanti. Solat tahajud adalah solat sunnah yang istimewa, dimana kita harus beribadah di waktu tidur kita. Waktu yang mungkin sangat berharga untuk kita istirahat, namun bila kita manfaatkan dengan baik yaitu untuk melakukan ibadah sunnah solat tahajud, maka kita telah memberikan waktu berharga kita pada Allah yang telah menciptakan kita. Tentu tak main-main balasannya bila Allah sudah menjadi prioritas kita bukan ?


Nah, dari ke tujuh manfaat ini, apa moeslemates masih ragu untuk merutinkan solat sunnah yang luar biasa ini? Memang tujuan utama kita adalah untuk mencari ridho Allah, dan anggap saja manfaat ini sebagai bonus tambahan yaa...

Jangan lupa share dan like artikel ini.. ^^

Alin Rizkiana Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Alin Rizkiana
Alin Rizkiana
Love travelling, culinary, and cat

no comments

Follow Moeslema on SNS