4403
  2017-07-30       id.pinterest.com

Bunuh Diri Dilihat dari Sudut Pandang Agama Islam

Jadi bagaimana Islam memandang kasus bunuh diri? Yuk simak di sini untuk memahaminya.

Syanin_ 146 views

Assalamu Alaikum Moeslemates,

Beberapa hari kebelakang media tengah digemparkan dengan kabar bunuh diri. Salah satunya dengan adanya pemberitaan dari dua orang kakak beradik yang berasal dari Bandung yang nekat melompat dari atas apartemen dengan alasan yang saat ini masih dipertanyakan. Selain itu, yang paling fenomenal adalah berita dari salah seorang vokalis band papan atas, Linkin Park, yang juga diberitakan bunuh diri.

Melihat fenomena yang memilukan ini, jadi sebenarnya, bagaimana sih agama Islam memandang bunuh diri itu sendiri? Selamat menyimak penjelasan selengkapnya dibawah ini Moeslemates.

Perbuatan yang 'Sangat Dibenci' oleh Allah

Bunuh diri merupakan perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Karena membunuh diri sendiri berarti telah mendahului takdir dan juga ketetapan Allah. Padahal orang tersebut diberi nafas, kesehatan, dan hidup yang layak oleh Allah agar digunakan sebaik-baiknya tetapi justru disia-siakan begitu saja hanya karena masalah dunia. Di luar sana begitu banyak orang yang menginginkan nikmat kesehatan, indahnya kehidupan, lezatnya santapan, tetapi justru orang tersebut menyia-nyiakan nikmat dan anugrah yang telah diberikan oleh Tuhan.

Bisa bayangkan betapa marahnya kamu jika memberi hadiah terbaik kepada temanmu dengan pengharapan agar hadiah tersebut digunakan sebaik-baiknya tetapi temanmu justru membuang hadiah tersebut seperti tidak ada artinya lagi?

Bahkan Allah pun memberikan ancaman kepada umat-Nya yang bunuh diri akan kekal abadi didalam neraka yang tertuang dalam dalilnya di dalam surat An-Nisa ayat 29-30.



يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا ( ٢٩)


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا (٢٩) وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ عُدْوَانًا وَظُلْمًا فَسَوْفَ نُصْلِيهِ نَارًا وَكَانَ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرًا (٣٠



Artinya:

29. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar)[1], kecuali dengan jalan perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama-suka di antara kamu[2]. Dan janganlah kamu membunuh dirimu[3]. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepadamu[4].

30. Dan barang siapa berbuat demikian[5] dengan cara melanggar hukum dan zalim[6], akan Kami masukkan dia ke dalam neraka. Yang demikian itu mudah bagi Allah.
Source: tafsir.web.id

Mendapat Balasan Sesuai dengan Caranya Membunuh Diri

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ تَرَدَّى مِنْ جَبَلٍ فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ فِي نَارِ جَهَنَّمَ يَتَرَدَّى فِيهِ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا وَمَنْ تَحَسَّى سُمًّا فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَسُمُّهُ فِي يَدِهِ يَتَحَسَّاهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا وَمَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِحَدِيدَةٍ فَحَدِيدَتُهُ فِي يَدِهِ يَجَأُ بِهَا فِي بَطْنِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا

Barangsiapa menjatuhkan dirinya dari sebuah gunung sehingga membunuh dirinya, maka di dalam neraka Jahannam dia (juga) menjatuhkan dirinya dari sebuah gunung. Dia akan tinggal di dalam neraka Jahannam selama-lamanya. Barangsiapa meminum racun sehingga membunuh dirinya, maka racunnya akan berada di tangannya. Dia akan meminumnya di dalam neraka Jahannam. Dia tinggal di dalam neraka Jahannam selama-selamanya. Barangsiapa membunuh dirinya dengan besi, maka besinya akan berada di tangannya. Di dalam neraka Jahannam ia akan menikam perutnya. Dia akan tinggal di dalam neraka Jahannam selama-lamanya”. [HR. Bukhâri, no. 5778; Muslim, no. 109; dari Abu Hurairah; lafazh bagi Bukhâri]
Source: almanhaj.or.id

Sungguh mengerikan bukan? Bagaimana orang tersebut membunuh dirinya di akhir hidupnya, seperti itu jugalah yang akan dia kerjakan sebagai pembalasan.

Bagaimana ada orang yang nekat mengakhiri hidupnya dengan menenggak racun, cara itu pula lah yang akan ia kerjakan selama-lamanya di neraka jahanam.

Bagaimana orang tersebut melempar dirinya dari atas gunung, hal itu jugalah yang ia kerjakan sebagai pembalasan.

Mengalami 3 Fase Penderitaan

Penderitaan pertama yang diterimanya adalah penderitaan di dunia. Bagaimana orang tersebut mengalami berbagai macam permasalahan konkrit yang ada di dunia. Seperti kebangkrutan, rasa frustasi, rasa depresi, hutang yang menumpuk, dijauhi dan dibully oleh teman-teman, dan berbagai penderitaan hidup lainnya.

Penderitaan kedua adalah saat tubuh kamu harus dilukai, digantung, ditusuk, atau melompat dari atas tempat tinggi hingga akhirnya orang tersebut menghembuskan nafasnya yang terakhir dalam keadaan yang mengenaskan dan menyakitkan.

Dan penderitaan terakhir seperti yang sudah disebutkan diatas, bagaimana Allah akan membuatnya kekal abadi di neraka jahannam dengan balasan yang mengerikan.

Moeslemates, itulah hukum dari bunuh diri jika dipandang dari sudut pandang agama Islam. Jika Moeslemates memiliki seseorang yang dikenal dan memiliki kecenderungan untuk melakukan bunuh diri atau sedang mengalami depresi, cobalah untuk ajak berbicara, dengarkan dan pastikan mereka tidak merasa sendiri.

Syanin_ Syanin_
Neverland❤
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Syanin_
Syanin_
Neverland❤

no comments

Follow Moeslema on SNS