4401
  2017-07-28       cambon.id

Hukum Mencukur Alis Menurut Pandangan Islam

Moeslemates masih mencukur alis? Sudah tahu hukumnya? Jika belum tau, temukan jawabannya disini yuk!

Deane Lene 87 views

Moeslemates, apakah kalian masih mencukur alis dengan alasan mempercantik penampilan? Mungkin pengalamanku akan membuat kalian berpikir kembali apakah hal tersebut akan kalian lakukan kembali atau tidak. Simak ceritanya dibawa ini yuk!

Cerita singkat

Sebagai seorang perempuan, tidak menutup kemungkinan aku ingin belajar tentang bagaimana cara merawat diri dan mempercantik diri agar terlihat lebih menarik untuk dilihat. Aku baru mengenal dunia perawatan diri dan mempercantik diri pada saat awal kuliah.

Suatu waktu, aku sedang melihat teman di asrama sedang memperindah alisnya dengan cara mencabut rambut-rambut halus yang tidak diinginkannya dan tentu saja hasilnya sangat indah dan rapih. Aku yang sama sekali belum pernah mencoba hal tersebut, sangat tertarik untuk mencobannya tanpa memikirkan apa hukum mencabut alis menurut pandangan islam.

Source: artimimpi.me

Singkat cerita, aku melakukan pencabutan alis sesuai dengan arahan temanku dan memang hasilnya sangat bagus. Alisku yang cukup lebat terlihat sangat rapih dan kedua sisinya memiliki lengkungan yang hampir serupa dibandingkan keadaan aslinya.

Rasa senang, bangga dan bahagia membuatku sangat ingin menceritakan hal yang telah kucapai ini kepada setiap temanku di asrama. Kemudia ceritaku berakhir pada seorang senior teman sekamarku. Ia memberikan sebuah buku kecil yang seketika membuatku menyesali perbuatan yang telah kulakukan pada hari itu.

Mencukur alis? Bolehkah?

Didalam buku tersebut, berisi akan sebuah dalil besrta artinya. Dalil tersebut menjelaskan hukum mencabut/ mencukur alis bagi seorang perempuan muslim. Dalilnya sebagai berikut:

Dari Abdullah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ

“Allah melaknat wanita yang membuat tato dan yang minta dibuatkan (tato), yang mencukur alis dan yang meminta dicukurkan”. [HR Muslim].
Source: 2778-seputar-rambut-atau-bulu-yang-wajib-dibiarkan-dan-tidak-boleh-dihilangkan.html

Setelah membaca dalil tersebut, seketika aku menangis dan menyesali hal yang telah aku lakukan tersebut karena mencukur alis merupakan dosa besar bagi seorang perempuan dengan alasan apapun terlebih dengan alasan untuk mempercantik diri. Dan, jawaban Allah SWT atas dosa besar seorang umat Islam adalah menempatkan mereka pada neraka. naudzubillah min dzalik.

Mencukur alis merupakan dosa besar sebab dengan melakukan hal tersebut sama saja dengan kalian sedang mengubah ciptaan Allah SWT karena menurut kalian terdapat suatu kecacatan dalam ciptaan Allah SWT.

Lalu bagaimana jika terlanjur melakukannya?

Bertaubatlah. Memohon ampunan dari Allah SWT atas apa yang telah kalian lakukan. Berjanji dan berkomitmen pada diri sendiri untuk tidak melakukan hal tersebut di waktu yang akan datang.

Bersyukurlah atas apa yang telah Allah SWT berikan pada kalian karena dengan cara bersyukur, kalian akan terhindar dari melakukan hal yang sama dikemudian hari.

Lalu bagaimana jika kalian tidak mengetahuinya? Sama seperti aku di masa lalu. Aku pun tidak mengetahui apa yang telah kulakukan adalah sesuatu hal yang dilarang oleh Allah SWT. Tetapi setelah aku diberi tahu dan kemduian aku mengetahui hukumnya, aku tidak lagi melakukannya. Jadi bisa dibilang mencukur alis adalah hal yang aku lakukan sekali dalam seumur hidupku dan tidak akan aku lakukan sampai kapanpun di kemudian hari.

Yang lalu biarlah berlalu tetapi kalian tidak boleh berhenti memohon ampunan atas dosa yang telah kalian lakukan di masa lalu. Diterima atau tidaknya permohonan maaf dan taubat kalian oleh Allah SWT, biarlah menjadi urusan Allah SWT yang terpenting kalian tidak berhenti berusaha untuk memohon ampunannya.

Deane Lene Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS