4376
  2017-08-08       7mutiaraislam.blogspot.co.id

Samakah Sholat Tahajjud dan Sholat Hajat?

Pernahkah kalian mempunyai hajat atau permohonan yang ingin dikabulkan? Tentu pernah kan? Nah, sebagai bentuk ikhtiar dalam mewujudkan hajat kalian, amalan sunnah apa yang sudah kalian lakukan?

Woro Ninditarini 19,119 views

Assalamualaikum Moeslemates

Banyak di antara kaum Muslim yang melakukan sholat tahajjud ketika memiliki maksud dan tujuan tertentu, dan ada pula yang melakukan sholat hajat dengan tujuan yang sama. Lalu, apakah bedanya antara sholat tahajjud dan sholat hajat? Ataukah sama saja?

Kebanyakan kaum Muslim melakukan sholat tahajjud karena sedang memiliki maksud atau impian yang ingin dicapai. Selain itu, sebagaimana firman Allah SWT, kaum muslim yang melakukan sholat tahajjud akan ditempatkan di posisi yang terpuji.

Dan di sebagian waktu malam maka bertahajudlah kamu sebagai tambahan buat kamu, kiranya dengan itu Allah akan membangkitkan kamu di tempat yang terpuji.
Source: QS. Al-Isra’: 79

Sementara itu, ada sumber lain yang menganjurkan untuk melaukan sholat hajat jika sedang memiliki maksud tertentu. Sesuai dengan riwayat Abu Darda' sebagai berikut

Barang siapa berwudhu dengan wudhu yang sempurna lalu shalat dua raka’at yang ia lakukan dengan sempurna (lalu dia minta sesuatu kepada Allah), maka Allah akan memberinya baik dengan segera atau tertangguhkan
Source: HR. Ahmad

Sholat Tahajjud

Sholat Tahajjud adalah salah satu sholat sunnah yang sangat dianjurkan karena memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Sholat tahajjud dikerjakan malam hari, di 2/3 malam, biasanya dikerjakan sekitar pukul 02.00 hingga mendekati waktu sholat shubuh atau terbitnya fajar. Sholat tahajjud dikerjakan sebanyak 2 rakaat dan maksimal 11 rakaat dengan ditutup sholat witir. Sholat tahajjud dikerjakan bukan karena untuk mencapai sesuatu hajat, tetapi semata-mata karena sunnah muakkad yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Allah turun ke langit dunia setiap malam pada 1/3 malam terakhir. Allah lalu berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku niscaya Aku kabulkan! Siapa yang meminta kepada-Ku niscaya Aku beri! Siapa yang meminta ampun kepada-Ku tentu Aku ampuni. Demikianlah keadaannya hingga terbit fajar
Source: HR. Bukhari no. 145 dan Muslim no. 758

Selain itu, keutamaan sholat tahajjud adalah pada 1/3 malam terakhir adalah waktu dimana Allah SWT mengabulkan doa orang yang berdoa, memberi sesuatu bagi orang yang meminta, serta mengampuni orang yang memohon ampun kepada-Nya.

Sholat Hajat

Kata 'Hajat' sendiri memiliki arti yaitu keperluan atau kebutuhan. Jadi, sholat hajat adalah sholat yang dilakukan ketika memiliki maksud dan keperluan tertentu dan berharap Allah SWT mengabulkan segala hajatnya. Sholat hajat ini dimaksud untuk menyempurnakan ikhtiarnya dalam mencapai suatu keinginan, dan insya Allah melalui sholat hajat ini Allah akan mengabulkan hajatnya.

Sholat hajat sendiri tidak memiliki waktu khusus dalam melakukannya, kapanpun boleh melakukan sholat hajat. Namun sholat hajat dilarang dilakukan ketika setelah sholat Ashar dan setelah sholat Shubuh. Sholat hajat dilakukan sendiri-sendiri sebanyak dua rakaat dan maksimal 12 rakaat. Adapun setelah sholat hajat dianjurkan membaca istighfar dan shalawat nabi sebanyak masing-masing 100x. Kemudian dilanjutkan dengan doa sholat hajat sebagai berikut :

Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang

Nah itulah perbedaan sholat tahajjud dan sholat hajat. Semoga bisa menambah pengetahuan mengenai apa itu sholat hajat dan sholat tahajjud, serta bisa mengamalkannya di kehidupan sehari-hari :)

Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, captur...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, capturing moments and any kind of so...

no comments

Follow Moeslema on SNS