4370
  2017-07-28       www.kabarmuslimah.com

Amalan Hari Jumat Yang Sering Terlupa

Hari Jumat adalah hari yang sangat istimewa bagi kaum Muslim. Dengan banyaknya keutamaan hari Jum'at, tentu sangat sayang jika melewatkan hari tersebut tanpa amalan lebih. Nah apa aja amalan yang bisa kita lakukan?

Woro Ninditarini 736 views

Assalamualaikum Moeslemates

Seperti yang sudah kita ketahui, hari Jumat merupakan hari ‘Id bagi kaum Muslimin setiap pekannya. Banyak sekali keutamaan dan keberkahan yang Allah berikan pada hari ini. Hari Jumat memiliki keutamaan yang tidak dimiliki oleh hari lain, misalnya hari Jumat adalah hari dimana saat doa - doa kaum Muslimin dijabah. Selain itu, hamba Allah yang menemui ajal pada hari Jumat, maka akan terbebas dari pertanyaan alam kubur.

Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum’at; pada hari ini Adam diciptakan, pada hari ini (Adam Alaihissalam) dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari ini pula ia dikeluarkan dari surga. Dan tidaklah kiamat akan terjadi kecuali pada hari ini.
Source: HR Muslim, no. 854

Karena hari Jumat adalah hari yang istimewa dan penuh amalan, tentu sangat sayang sekali jika dilewatkan tanpa mengerjakan amalan baik. Oleh karean itu, seudah sepantasnya kaum Muslim mengisi hari Jumat dengan amalan yang disyariatkan oleh agama. Selain shalat Jumat yang merupakan amalan wajib bagi kaum laki-laki di hari Jumat. Banyak sekali amalan-amalan yang bisa dilakukan oleh kaum perempuan di hari Jumat. Nah, apa saja sih amalan tersebut? Yuk dicek, Moeslemates...

1. Membaca surat al Kahfi

Amalan istimewa yang sangat dianjurkan pada hari jum’at adalah membaca Surat Al-Kahfi. Berdasarkan pada hadits, “Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Barangsiapa membaca surat Al Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga Mekkah. Barangsiapa membaca 10 akhir ayatnya, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai."

Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka ia akan mendapat cahaya antara dirinya dan rumah yang mulia (Mekkah)
Source: Abu Sa’id Al Khudri Sumber : https://rumaysho.com/917-amalan-istimewa-di-hari-jumat.html

2. Memperbanyak shalawat

Bershalawat kepada Rasulullah merupajan sebuah amalan yang bisa kaum Muslim lakukan kapanpun dan dimanapun. Namun, ada keistimewaan lain jika kita bershalawat pada hari Jumat. Maka dari itu, kita sangat dianjurkan untuk bershalawat pada hari Jumat.

Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.
Source: Abu Umamah Sumber : https://rumaysho.com/917-amalan-istimewa-di-hari-jumat.html

3. Memperbanyak doa

Pada hari Jumat, ada beberapa perbedaan pendapat mengenai kapan waktu dikabulkannya doa, yakni saat dimulainya dari duduknya khatib di atas mimbar hingga selesai shalat Jumat, sesaat shalat ashar hingga terbenamnya matahari dan saat-saat penghujung hari Jumat. Namun hendaknya tetap mengistimewakan 3 waktu khusus tersebut dengan lebih memperbanyak doa dikarenakan sangat dianjurkan oleh Rasulullah.

Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim menepatinya dalam keadaan dia berdiri shalat meminta sesuatu kepada Allah melainkan akan dikabulkan oleh-Nya.
Source: HR. al-Bukhari no. 935

4. Membaca surat as-Sajdah dan ad-Dahr pada shalat subuh

Ketika shalat shubuh di hari Jumat, disunnahkan embaca Surat As Sajdah dan Al Insan. Nah mengapa keuda surat tersebut? Kedua surat tersebut sebagai isyarat perihal dua kejadian di hari Jum'at, yakni penciptaan Adam dan hari kiamat.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam biasa membaca pada shalat Shubuh di hari Jum’at “Alam Tanzil …” (surat As Sajdah) pada raka’at pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkura” (surat Al Insan) pada raka’at kedua.
Source: HR. Muslim

Setelah mengetahui betapa istimewanya hari Jumat bagi kaum muslim, semoga kita bisa mengamalkannya setiap hari Jumat ya Moeslemates!

Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, captur...
Like our facebook page if you like this article!



Curator Introduction
Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, capturing moments and any kind of so...

no comments

Follow Moeslema on SNS