4349
  2017-07-22       www.hidupseimbangku.com

3 Detoks Tubuh yang Aman dan Baik untuk Kesehatan

Penasaran gak sih Moeslemates kalo racun ada didalam tubuh kita dan menghambat penyerapan zat gizi dan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Yuk lakukan detoks alami yang aman untuk kesehatan.

Triwitaan 184 views

Moeslemates pasti adalah seorang yang lebih dari setengah harinya berada diluar bukan? Kesibukan setiap harinya menyita waktu untuk menyantap makanan yang sehat tentu bergizi. Selain harus pesan antar makanan, terlebih kita merasa acuh terhadap jenis pilihan makanan. Alhasil tubuh kurang efektif dan cepat merasa lelah. Karena makanan yang kita konsumsi belum terjamin asupin nutrisinya lengkap. Apalagi proses pemasakan, teknik pengolahan, dan penyimpanan mempengaruhi nutrisi dan zat gizi yang diasup tubuh. Terjadilah penumpukan racun akibat makanan cepat saji dan tinggi lemak dan kolesterol. Untuk itu perlu untuk melakukan detoks minimal 1 kali dalam sebulan.

Apasih Detoks itu?


Detoks adalah suatu proses mengeluarkan toksin dalam tubuh melalui urin, pernapasan, tinja, dan keringat dengan menggunakan empat organ utama yaitu, hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit. Detok berfungsi untuk mengoptimalkan proses pengeluaran racun-racun dari tubuh. Karena semua proses penyerapan zat gizi, dan nutrisi terjadi di usus. Jadi ada kemungkinan usus mengalami kerak dan lemak tinggi yang menempel di dinding usus. Selain itu tubuh akan mencerna makanan secara lebih baik, kulit akan menjadi halus, sakit kronik lainnya akan berkurang bahkan hilang dan akan meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Detoksifikasi paling aman dilakukan dengan Langkah-langkah berikut ini.

1. Detoks Buah-buahan

Source: pinkkorset.com

Detoksifikasi melalui buah-buahan adalah cara yang aman dan baik bagi tubuh. Karena efektivitas dari buah sendiri akan langsung terkontak oleh tubuh. Ini adalah cara untuk membersihkan sistempencernaan. Selain itu buah mengandung phytonutrien yang aktif sebagai pengisi elektron bebas untuk menggantikan radikal bebas yang merombak sel sehat kita. Antioksidan dari buah-buahan terdapat pada pigmen warna warni tersebut. Caranya dengan juicer buah tanpa tambahan susu atau pemanis, seperti gula. Atau dimakan langsung bisa juga disimpan dalam jar, seperti infused water. Lakukan selama 7 hari teratur. Fungsi lambung, usus dan sistem pencernaan lain akan aktif untuk mengakatalisator enzim-enzim.

2. Detoks Makanan Probiotik

Source: richs.com.mx

Gunakan makanan jenis probiotik, seperti yoghurt, kefir,
dan sejenisnya. Yakult juga termasuk jenis probiotik. Apasih sebenarnya probiotik ini? Jadi probiotik ini adalah formulasi dari makanan yang sengaja diformulasi untuk memenuhi kebutuhan akan bakteri baik didalam tubuh. Jadi bakteri baiknya ada melalui makanan. Pada hakikatnya memang tubuh memproduksi sendiri bakteri baik didalam tubuh. Akankah jenis bakteri baik lebih banyak didalam tubuh? Sudahkah tercukupi? Untuk itu kita memerlukannya dari makanan. Ya, dari jenis makanan probiotik ini. Keberlangsungan usus akan sangat baik untuk pencernaan manusia. Ada beberapa penyakit yang dapat dibantu oleh probiotik, seperti radang usus besar dan usus halus infeksi dan diare. Untuk detoks ini lakukan 2 kali dalam seminggu. Diperlukan makanan sehat dan lengkap sesuai pedoman gizi seimbang sebagai pendamping ya, karena detoks ini buat diet yang hanya dikonsumsi sendirian.

3. Detoks Air Mineral

Source: Inviro.co.id

Pada sebuah jurnal penelitian tentang pengaruh air putih terhadap berar badan, indeks massa tubuh dan persen lemak pada putri yang mengalami gizi lebih, didapati bahwa meminum air putih 30 menit sebelum makan sebanyak 454 ml selama 5 minggu akan mengurangi persen lemak tubuh pada remaja putri yang mengalami gizi lebih. Nah, hal ini sama seperti detoks yang dilakukan dengan meminum air putih. Hal yang sama akan terjadi yaitu larutnya lemak didalam usus. Sehingga pencernaan akan kembalk bekerja dengan semestinya. Karena cara makan kita Sebelumnya tidak terkendali, apa saja bisa masuk dengan asupan tinggi natrium dan lemak. Cara ini baik untuk Detoksifikasi tubuh. Selain persen lemak akan larut dan terbawa akibat konsumsi air yang banyak. Air pun akan mengikat natrium dan mengeluarkannya melalui sekresi, lewat keringat dan urine. Konsumsi yang baik air mineral 8 gelas perhari atau sekitar 1850 ml. Untuk detoks air mineral konsumsilah tiap pagi 2 gelas air setelah bangun tidur.

3 Detoks tersebut bisa membantu Moeslemates untuk membuang racun-racun yang mengganggu kerja sistem pencernaan untuk bekerja dengan semestinya. Selain detoks harus diingat juga untuk konsumsi makanan yang sehat dan bergizi, karena detoks bukan diet yang harus dilakukan secara terus menerus, dampingi dengan pola hidup sehat dan berolahraga. Ingat untuk batasi konsumsi gula, garam dan lemak. Semoga bermanfaat.

Triwitaan Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, F...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Related Tags
Curator Introduction
Triwitaan
Triwitaan
Writer, Nutrition Addict, Konference Journalist Addict, Food Fadism, Student, Medical E...

no comments

Follow Moeslema on SNS