4346
  2017-07-26       s-media-cache-ak0.pinimg.com

Kenali Bahan Suede dan Ketahui 3 Cara Tepat Merawat Bahan Suede Agar Tidak Mudah Rusak

Apa itu Suede? Apa saja produk dari bahan Suede? Bagaimana cara membersihkannya? Temukan jawabannya diartikel berikut ini.

Deane Lene 1,851 views

Bagi kalian yang kurang menaruh perahtian akan fashion tentunya sangat asing bagi kalian dengan jenis bahan seperti ini. Dan, bisa jadi secara tidak sadar di dalam lemari pakaian kalian terdapat satu atau dua jenis pakaian yang berbahan Suede ini hanya karena suka dengan modelnya atau karena alasan lain.

Karena ketidak tahuan kalian akan bahan Suede ini, tidak menutup kemungkinan bahwa kalian melakukan perawatan yang sama dengan jenis pakaian lainnya. Padahal pakaian dengan jenis ini sangat membutuhkan perhatian dan perawatan yang berbeda dengan pakaian jenis lainnya. Salah dalam melakukan perawatan, pakaian kalian dengan jenis ini akan cepat rusak.

Nah, untuk kalian yang masih belum tahu apa itu bahan Suede dan bagaimana cara merawat pakaian dengan jenis ini, temukan jawabannya di bawah ini. Jadi, pastikan kalian membaca artikel berikut ini sampai habis agar informasinya kalian dapatkan secara maksimal.

Apa itu Suede?

Suede adalah suatu bahan yang bersumber dari kulit binatang bagian dalam yang memiliki tekstur lembut dan lentur. Suede awalnya digunakan untuk sarung tangan wanita, namun seiring perkembangan jaman, sudah banyak produk fashion yang berbahan dasar Suede seperti jaket, sepatu, aksesoris dan masih banyak lagi. Pada dasarnya bahan suede memiliki sifat mudah menyerap cairan, cepat kotor, dan mudah rusak. Hal ini disebabkan karena sifat kulit dalam binatang itu bertekstur dan pori-pori terbuka.

Singkatnya, Suede adalah jenis bahan yang hampir mirip dengan beludru hanya saja Suede tidak memiliki bulu lebat bahkan cenderung tidak memilikinya hanya saja jika dilihat dari kejauhan bahan Suede terlihat seperti berbulu. Dan, jika kalian sentuh, Suede lebih lembut dibandingkan beludru.

Cara merawat bahan Suede

Karena bahan ini cukup berbeda dengan bahan lainnya tentunya bahan jenis ini membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Salah-salah cara merawat produk berbahan Suede ini justru akan merusaknya. Jika kalian tidak ingin hal itu terjadi, ada baiknya kalian pahami tiga langkah berikut ini untuk menjaga bahan Suede ini agar tetap baik dalam jangka waktu yang cukup lama.

1. Stop penggunaan air!

Source: cdn.brilio.net

Jika sampai saat ini kalian masih menggunakan air untuk mencuci pakaian atau sepatu berbahan ini, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Sebab penggunaan air saat membersihkan bahan ini justru akan merusak teksturnya loh, Moeslemates.

Gunakan sikat kering untuk membersihkannya dan cukup di jemur pada tempat yang tidak terkena langsung oleh matahari. Gunakan pembersih khusus untuk pakaian dengan jenis suede. Kalian bisa mendapatkan cairan pembersih khusus pada tempat dimana kalian membeli pakaian tersebut karena biasanya suatu galeri pakaian yang menjual produk berbahan Suede juga menjual cairan pembersihnya karena mereka tahu bahwa pakaian dengan jenis bahan ini tidak bisa sembarang dibersihkan. Atau, jika galeri tersebut tidak menyediakan cairan pembersihnya pastikan mereka memberikan saran dimana kalian bisa mendapatkan cairan pembersih tersebut.

2. Gunakan penghapus pensil untuk menghilangkan noda

Salah satu kemudahan dari pakaian berbahan Suede ini ketika terkena noda adalah bisa segera hilang hanya dengan menggunakan penghapus pensil saja. Bahkan penggunaan penghapus pensil juga ampuh menghilangkan noda membandel sekalipun. Jadi pastikan kalian memiliki penghapus pensil dengan kualitas baik untuk mendapatkan hasli yang maksimal dan pastikan penghapus yang kalian gunakan tidak meninggalkan noda pada kain ya.

3. Lindungi dengan cairan khusus

Mungkin sebagian besar dari kalian para pemiliki pakaian, sepatu atau benda lainnya berbahan Suede ini tidak mengetahui bahwa ada cara yang cukup ampuh untuk mengatasi permasalahan bahan ini terkena noda atau hal-hal lain yang menyebabkan bahan ini rusak.

Ternyata ada cairan pelindung khusus bahan Suede ini agar terhindar dari zat-zat yang memungkinkan menjadi penyebab kerusakannya loh. Cara penggunaanya pun cukup mudah mengingat produk ini biasanya berupa spray. Pastikan sesaat membeli produk berbahan Suede ini, segera semprotkan cairan pelindungnya agar produk yang kalian beli aman dari zat yang mampu merusak tampilannya.

Kalian juga tidak perlu khawatir cairan ini akan merubah warna dari bahan Suede itu sendiri dan kalian tidak perlu khawatir cairan ini akan meninggalkan bercak pada permukaan bahan Suede itu sendiri sebab cairan pelindung bahan ini sudah dirancang sedemikian rupa agar tetap menjaga keindahan bahan itu sendiri.

Nah itu tadi tips sederhana dan cara yang sangat tepat untuk merawat pakaian dengan jenis ini. Jadi mulai sekarang kalian jangan lagi lakukan perawatan diluar apa yang disarankan sebelumnya dan pastikan kalian melakukan perawatan itu sendiri agar kalian merasa puas dengan hasil yang didapatkan nantinya.

Dan, jika kalian membutuhkan bantuan jasa orang lain untuk merawat pakaian kalian, pastikan kalian memberikan edukasi atau memberikan tips-tips di atas agar tidak salah dalam merawat pakaian kalian dengan jenis ini. Kalian tidak mau kan kalau pakaian kesayangan kalian rusak karena perawatan yang dilakukan oleh orang lain?

Selamat mencoba Moeslemates.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS