4345
  2017-07-26       s-media-cache-ak0.pinimg.com

3 Tips Jitu Merawat Pakaian Berbahan Satin Agar Tidak Mudah Rusak

Kalian punya pakaian berbahan satin? belum tau cara merawatnya? Cek artikel yang satu ini yuk!

Deane Lene 61 views

Bagi sebagian besar perempuan, memiliki pakaian berbahan satin merupakan suatu kebanggan terlebih pakaian tersebut berupa gaun pesta atau sekedar pakaian semiformal saja. Pakaian berbahan satin tentunya terlihat lebih mewah dan lebih menarik perhatian dibandingkan dengan bahan lainnya.

Meskipun ada rasa kebanggan tersendiri dari para wanita memiliki pakaian jenis satin ini, dibalik itu semua ternyata mereka memiliki kekhawatiran mengenai bagaimana cara merawat pakaian berbahan jenis ini. Tenang Moeslemates, diartikel ini kalian bisa menemukan tips singkat merawat pakaian berbahan satin. Simak terus yuk artikel berikut ini.

1. Pastika suhunya sesuai

Source: riaumandiri.co

Pada saat mencuci, pastikan air yang kalian gunakan memiliki suhu yang tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin sebab jika suhu air tersebut berada dalam keadaan yang terlalu ekstrim, maka secara langsung akan merusak bahan satin tersebut. Dampaknya pakaian kalian yang berbahan satin tersebut akan terlihat pudar warnannya. Sebaiknya gunakan suhu air yang berada di tengah-tengah antara panas dan dingin saja agar bahan tidak mudah rusak dan pada proses pencucian, sebaiknya tidak dimasukkan kedalam mesin cuci jika tidak ingin serat kain rusak. Kalian hanya cukup mencucinya dengan tangan atau cukup direndam saja dengan sabun pencuci pakaian.

Source: harga-jual.com

Tidak hanya saat mencuci saja, pada saat menyetrika juga kalian harus memperhatikan suhunya. Pastikan suhu pada setrikaan yang akan kalian gunakan berada pada suhu yang hangat sebab bahan satin sangat mudah rusak ketika terkena suhu yang terlalu panas. Sebaiknya kalian gunakan kain atau kertas pelapis pada saat menyetrika bahan satin ini agar panas yang bersumber dari setrikaan tidak langsung mengenai bahan satin tersebut.

2. Jauhkan dari benda tajam

Jika kalian sedang mengenakan pakaian yang berbahan satin, ada baiknya kalian memilah dan memilih aksesoris yang akan kalian kenakan sebagai pemanis pakaian. Penggunaan aksesoris yang memiliki sudut yang tajam atau memiliki bagian lain yang tajam cenderung membuat serat kain rusak. Terlebih jika aksesoris yang kalian gunakan berupa bros atau benda lain yang mengharuskan cara penggunaanya dengan cara melubangi serat kain. Sebaiknya dihindari.

Hal tersebut harus dihindari karena serat kain satin tidak mudah kembali ke keadaan sedia kala setelah mengalami kerusakan dan cenderung meninggalkan bekas yang cukup terlihat dari kejauhan. Jadi ada baiknya gunakan aksesoris yang memiliki bagian yang tumpul agar pakaian berbahas satin milik kalian tetap aman.

Ternyata tidak hanya aksesoris yang memiliki sudut tajam saja loh yang bisa merusak pakaian berbahan satin, tetapi gantungan pakian atau hanger yang memiliki sudut yang tajam juga bisa merusak pakaian dengan bahan satin ini loh karena sudut yang tajam akan meninggalkan bekas pada bagian yang terkena gantungan pakaian itu sendiri.

3. Penggunaan Parfum

Source: trend2wear.com

Satu hal lagi yang perlu kalian perhatikan adalah penggunaan parfum. Perlu kalian ketahui bahwa beberapa jenis parfum meninggalkan bekas setelah kering pada bagian yang di semprotkan sebelumnya. Sering kali noda tersebut berwarna kuning dan tentunya sulit untuk dihilangkan dikemudian hari.

Kembali pada bahan satin, bahan satin memiliki kemampuan untuk menyerap cairan lebih cepat terlebih cairan tersebut berupa parfum. Bayangkan jika parfum yang kalian gunakan adalah parfum yang berakhir meninggalkan noda, bagaimana tampilan pakaian berbahan satin tersebut? Sungguh tidak enak untuk dipandang bukan? Lalu bagaimana solusinya?

Berilah jarak 50-70 cm saat pengaplikasian pafrum pada pakaian berbahan satin milik kalian agar pakaian terhindar dari noda bekas parfum dan kalian tetap bisa merasakan kesegaran wangi parfum yang kalian semprotkan.


Nah itu tadi Moeslemates tips singkat dan tepat merawat pakaian jenis satin agar tidak mudah rusak. Pastikan bahwa kalian mencucinya sendiri jika memang ingin mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan kalian atau jika kalian ingin meminta bantuan jasa orang lain untuk mencucinya, pastikan kalian memberi tahu terlebih dahulu bagaimana cara mencuci dan menyetrikanya sebelum kalian mempercayakan hal tersebut pada orang lain agar kalian tidak menyesal dikemudian hari.

Dan, jika kalian memilih untuk mencucinya di sebuah perusahaan jasa pencucian pakaian, pastikan kalian memilih perusahaan yang terpercaya agar kalian merasa tenang saat mempercayakan perawatan baju kesayangan.

Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Sen...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Deane Lene
Deane Lene
I love learn, watch, listen, read and make something. Send me email to deanelene@gmail.com

no comments

Follow Moeslema on SNS