4340
  2017-07-21       www.instagram.com

5 Obat Penyakit Hati dalam Islam

Hati mu gundah gulana? Cari tahu obatnya? Yuk simak 5 obat penyakit hati dalam Islam ini!

Official Moeslema Team 3,514 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir. (QS. At-Taubah: 125)

Kamu tahu apa itu penyakit hati?
Ingin terhindar dari penyakit hati?
Atau ingin tahu obat dari penyakit hati dalam Islam?
Allah SWT berfirman jika ada penyakit di dalam hati Kamu, maka penyakit itu akan menambah kekafiran seseorang sampai ia mati. Naudzubillahi min dzalik, Moeslemates, jangan sampai ada penyakit di dalam hati kita. Lalu muncul pertanyaan, apa aja sih penyakit hati itu? Penyakit hati diantaranya, sombong, iri, riya/pamer, kikir dan ujub/kagum akan diri sendiri. Siapa sih sebenernya yang ingin punya penyakit hati macam itu? Yuk kita obati segala macam bentuk penyakit hati dan mulai menghindari penyakit hati dengan beberapa tips berikut ini!

1. Bertaubat & Banyak Beristighfar

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (An-Nisa: 110)

Moeslemates, obat penyakit hati dalam Islam yang pertama adalah dengan mengingat Allah dengan segera bertaubat dan banyak beristighfar. Sesungguhnya Allah SWT adalah sebaik-baiknya pengampun, maka hendaknya kita bersungguh-sungguh meminta ampunannya dan meminta pertolongan Allah SWT agar terhindar dari penyakit hati yang menggerogoti jiwa dan menguras iman. Bertaubat dan banyak istighfar ini juga kaitannya dengan berdzikir atau mengingat Allah sebanyak-banyaknya. Orang yang sering berdzikir sepanjang malam, ia akan terhindar dari segala macam penyakit hati dan perbuatan maksiat.

2. Baca Qur'an dan Maknanya

Source: sayahafiz.com

Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (Al-Isra: 82)

Obat penyakit hati dalam Islam yang kedua adalah membaca Al-Qur'an dan maknanya. Allah SWT tidak akan menurunkan penyakit tanpa obatnya, jika sakit kepala saja ada obatnya, maka penyakit hati pun ada obatnya. Sebagaimana firman Allah SWT bahwa Dia tidak menurunkan Al-Qur'an kecuali menjadi penawar bagi mereka yang beriman. Maka untuk menghindari segala penyakit hati, yuk kita perbanyak membaca Al-Qur'an, tidak hanya dibaca, tapi juga dimaknai dan kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Insya Allah dengan membaca Al-Qur'an tidak hanya menyembuhkan penyakit hati, tapi juga membuat hati menjadi tentram.

3. Berpuasa Sunnah

Tidaklah seorang hamba yang puasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim” [Hadits Riwayat Bukhari 6/35, Muslim 1153 dari Abu Sa’id Al-Khudry, ini adalah lafadz Muslim. Sabda Rasulullah : “70 musim” yakni : perjalanan 70 tahun, demikian dikatakan dalam Fathul Bari 6/48]

Moeslemates, memperbanyak puasa sunnah juga bisa mengobati penyakit hati loh. Karena sebagaimana sabda Rasulullah SAW bahwa puasa itu bisa menjauhkan kita dari api neraka sejauh 70 tahun. Karena hakikatnya puasa itu tidak hanya menahan lapar dan haus, tapi mampu menahan diri dari berbuat maksiat. Hindari penyakit hati dengan memperbanyak puasa sunnah yuk!

4. Mendirikan Shalat Malam

Kerjakanlah shalat malam, karena shalat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada TUHAN kalian, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan (HR.Imam Tarmidji & Ahmad)

Moeslemates, shalat di sepertiga malam atau bisa disebut shalat tahajud memiliki banyak manfaat sekaligus syafaatnya loh. Diantaranya adalah menjauhkan kita dari berbagai penyakit hati. Shalat malam atau shalat tahajud merupakan kebiasaan orang-orang yang shaleh, dengan menjadi orang yang shaleh kita akan terhindar dari segala macam penyakit hati sekaligus penebus dosa bahkan menghindari segala penyakit yang bersifat lahiriyyah. Yuk mulai belajar shalat malam dari sekarang!

5. Berkumpul dengan Orang Shaleh

Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan dunia ini; dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas. (Al-Kahfi: 28)

Pernah dengar pepatah yang menyebutkan temanmu adalah cerminan dirimu? Ternyata pepatah ini tidak hanya sekedar pepatah loh, tapi merupakan sabda Rasulullah SAW dan firman Allah SWT agar berkumpul dengan orang-orang shaleh. Salah satu manfaat berkumpul dengan orang-orang shaleh adalah terhindar dari maksiat, dan bisa mencegah dari penyakit hati. Karena jika kita bergaul dengan orang shaleh insya Allah akan saling mengingatkan dalam kebaikan dan ketakwaan. Sesungguhnya manusia itu tempatnya salah dan lupa, maka kita perlu orang lain untuk terus mengingatkan kita pada kebaikan.


Moeslemates, itu dia 5 obat penyakit hati dalam Islam. Semoga kita terhindar dari penyakit hati yaaa! Insya Allah dengan mengamalkan ke-5 obat penyakit hati tersebut, kita akan terhindar dan terus terjaga dari hal-hal yang di benci oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat ^^

Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS