4333
  2017-07-18       www.hasanudin.id

Kalender Puasa Sunnah 2017: Yuk Amalkan!

Walaupun Ramadhan telah berlalu, masih ada lho beberapa ibadah puasa sunnah yang bisa kita kerjakan sebagai ladang pahala untuk kita kelak. Yuk disimak tanggal-tanggalnya Moselemates!

Woro Ninditarini 1,793 views

Tahun 2017 sudah berjalan setengah tahun, bulan Ramadhan pun sudah berlalu. Namun, masih ada nih ibadah puasa sunnah yang bisa kita lakuin untuk berburu pahala. Nah, apa aja sih puasa sunnah tersebut? Berikut tanggal-tanggalnya yang bisa kalian catat ya Moeslemates...

Puasa Senin - Kamis

Dengan ditandai warna hijau pada kalender puasa di atas, hikmah puasa senin kamis yakni secara kejiwaan puasa membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kuat di dalam diri.

Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.
Source: (HR. Muslim)

Puasa Ayyamul Bidh

Kita disunnahkan untuk berpuasa minimal tiga kali dalam sebulan. Dan yang lebih utama adalah melakukan puasa pada ayyamul bidh, yaitu pada hari ke-13, 14, dan 15 dari bulan Hijriyah. Konon katanya, pada tanggal - tanggal tersebut bersinar bulan purnama dengan sinar yang putih.

Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun.
Source: (HR. Bukhari no. 1979)

Puasa Arafah

Puasa Arafah dilakukan sehari sebelum hari raya Idul Adha, yaitu pada tanggal 9 Dzulhijah. Hukum melakukan puasa Arafah adalah sunnah muakkad, yakni sunnah yang sangat dianjurkan terutama bagi kaum muslim yang tidak melakukan ibadah haji. Salah satu keistimewaan puasa Arafah yakni diampuni dosanya selama dua tahun, yakni dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Dari Ummul Fadhl binti Al Harits, bahwa orang-orang berbantahan di dekatnya pada hari Arafah tentang puasa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebagian mereka mengatakan, ‘Beliau berpuasa.’ Sebagian lainnya mengatakan, ‘Beliau tidak berpuasa.’ Maka Ummul Fadhl mengirimkan semangkok susu kepada beliau, ketika beliau sedang berhenti di atas unta beliau, maka beliau meminumnya.
Source: (HR. Bukhari no. 1988 dan Muslim no. 1123)

Puasa 'Asyura dan Puasa Tasu’ah

Puasa tanggal 9 Muharram (Tasu’ah) dan Puasa 10 Muharram('Asyura) adalah puasa yang sangat dianjurkan bagi kaum muslim. Kedua puasa ini memiliki keistimewaan yakni salah satunya menghapus dosa setahun yang lalu.

Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.
Source: (HR. Muslim no. 1162)

Nah tunggu apalagi, simpan baik-baik tanggal tersebut ya Moeslemates! Semoga bermanfaat dan bisa menambah pahala bagi kita semua. Amiin

Woro Ninditarini Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, captur...
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Woro Ninditarini
Woro Ninditarini
Things that I love the most : travelling, writing, capturing moments and any kind of so...

no comments

Follow Moeslema on SNS