4324
  2017-07-31       forosalud.facilisimo.com

7 Bahan Alami Untuk Mengatasi Jerawat Badan

Hilangkan jerawat badan dengan 7 bahan alami berikut ini, yuk!

Lidya O. 66 views

Tidak hanya di wajah, jerawat pun seringkali muncul di bagian tubuh kita. Kesal nggak? Kesal sih. Rasanya ingin segera diambil pakai jari tangan langsung tapi setelah itu malah bakalan lebih sering muncul. Apalagi kalau tangan kita tidak steril. Lalu, bagaimana ya cara mengatasi jerawat badan yang membandel ini? Simak yuk bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk jerawat badanmu!

1. Bawang Putih

Bawang putih ternyata memiliki khasiat sebagai masker jerawat badan yang cukup ampuh. Salah satunya adalah kandungan antibiotik alami yang mampu mengatasi jerawat. Kamu hanya perlu menghaluskannya dengan air hingga menjadi pasta. Kemudian aplikasikan secukupnya pada bagian kulit badan yang berjerawat. Lalu, cuci bersih setelah lewat dari 5 menit. Namun yang perlu diperhatikan adalah kecocokan kulit dengan masker bawang putih ini. Seandainya saat dioleskan badan menjadi perih, panas dan kemerahan, segera hentikan penggunaannya dan beralihkan ke step yang lain.

2. Cuka Sari Apel

Source: pondokibu.com

Selanjutnya ada sari cuka apel. Kalau kamu gagal menggunakan masker bawang putih, cobalah cuka sari apel yang bisa kamu dapatkan di toko maupun membuatnya sendiri. Dan perlu kamu ketahui bahwa cuka sari apel mengandung asam alfa hidroksi yang sering digunakan pada obat jerawat. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan sari apel dengan air. Jangan lupa perbandingan pengecerannya 1:4 ya Moeslemates. Kemudian, aplikasikan ke bagian tubuh yang berjerawat dengan menggunakan kapas bersih. Namun berhati-hatilah jika kulitmu termasuk kulit yang sensitif. Jika terjadi iritasi, hentikan sesaat dan kamu bisa mencari alternatif lain karena masih banyak bahan-bahan alami yang bisa menyembuhkan jerawat badan.

3. Mentimun

Selain bisa untuk masker wajah dan mata, timun ternyata memiliki keunggulan sebagai obat untuk penghilang jerawat badan lho. Caranya cukup campurkan 1 buah timun kecil dan 1 cangkir oatmeal hingga membentuk pasta. Setelah itu, campurkan kembali dengan 1 sendok teh yogurt dan aplikasikan ke bagian yang berjerawat. Diamkan selama 30 menit dan bilaslah hingga bersih.

Selain cara di atas, ada pula cara lain yang bisa kamu ikuti. Langkah-langkahnya adalah hancurkan 1 buah timun utuh dan ambil airnya. Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan gula dan aduk rata. Oleskan pada bagian tubuh yang berjerawat dan biarkan selama 10 menit. Kemudian, bilaslah dengan air dingin.

4. Lemon

Source: food.ndtv.com

Lemon mengandung asam sitrat dan asam askorbat yang memiliki fungsi sebagai antioksidan dan astringent alami. Buat kamu yang punya masalah jerawat baik di tubuh maupun di wajah, lemon diakui baik untuk obat alaminya. Namun, sampai sejauh ini belum ada penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya. Tapi, tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan?

Caranya mudah, kamu hanya perlu usapkan perasan lemon pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan kapas yang didiamkan selama semalam. Kemudian cuci bersih keesokan paginya.

5. Madu

Madu yang nikmat untuk dimakan atau dijadikan bahan olahan ternyata bermanfaat untuk mengobati jerawat lho. Pastikan kamu membersihkan badan terlebih dahulu dengan air hangat agar pori-pori terbuka. Kemudian, pilihlah madu asli yang tidak menggunakan bahan tambahan untuk dioleskan ke bagian yang berjerawat selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan bilas kembali dengan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.

6. Es Batu

Mengobati jerawat juga bisa dengan es batu yang dibungkus terlebih dahulu sebelum dikompres. Suhu dingin secara langsung yang terkena area yang berjerawat, dapat mengurangi kemerahan maupun pembengkakan yang sudah mulai terasa ngilu maupun sakit. Tapi pastikan es batu dan kain yang digunakan untuk membungkusnya bersih ya Moeslemates.

7. Anggur

Source: rumahbuah.com

Terakhir adalah buah anggur. Siapkan buah anggur segar dan potonglah menjadi dua bagian. Setelah itu, gosok pada bagian yang berjerawat. Lalu bilas dengan air dingin untuk membersihkannya.


Itulah tadi yang bisa saya paparkan mengenai bahan-bahan alami yang bisa kalian coba sebagai obat jerawat. Dan saran saya, hindarilah memencet jerawat meskipun dalam keadaan tangan yang bersih. Apalagi jika kalian termasuk yang memiliki kulit sensitif. Pemencetan jerawat baik di tubuh maupun wajah sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat jerawat tersebut terkontaminasi oleh bakteri dari tangan. Nah, hal yang selanjutnya terjadi adalah infeksi sehingga menyulitkan kita untuk menghilangkan jerawat itu.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS