4304
  2017-07-15       nova.grid.id

Hindari 11 Kesalahan Ini Saat Mencuci Muka

Jangan lakukan hal-hal di bawah ini jika kamu mau mendapatkan hasil yang baik setelah mencuci muka dengan facial washmu!

Lidya O. 1,142 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Terkadang, kegiatan mencuci muka menjadi terabaikan bahkan terlupakan karena kesibukan kita masing-masing dan jadwal yang padat. Rasa malas, ngantuk, capek dan ketidaktahuan adalah faktor-faktor terjadinya kesalahan yang jika tidak diubah dari sekarang bisa berakibat fatal. Untuk itu, simak yuk apa saja kebiasaan-kebiasaan yang wajib kita hindari ketika akan, sedang dan setelah mencuci muka yang benar.

1. Mencuci Muka Dengan Tangan Kotor

Source: www.ledisia.com

Pernah nggak sih kamu mencuci muka tanpa mencuci tangan terlebih dahulu? Logikanya kan kita sama saja seperti mencuci tangan dengan sabun ya? Eits, tapi tunggu dulu. Kebiasaan yang satu ini sebenarnya tidak baik lho Moeslemates. Karena yang paling sering melakukan kontak dengan berbagai macam benda adalah telapak tangan kita. Semua kuman, debu, bakteri dan kotoran berkumpul di sana. Jadi, sebelum kamu membersihkan muka, jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dahulu ya. Mencuci muka dengan telapak tangan yang bersih akan membuat wajahmu tidak terkena sisa-sisa kotoran dan debu dari telapak tanganmu itu. Hasilnya kegiatan mencuci muka akan jauh lebih higienis dan bersihnya maksimal.

2. Sembarangan Pilih Produk

Sebelum kamu membeli produk facial wash, kamu harus tahu dulu bagaimana jenis kulitmu. Misalnya, untuk kamu yang berjenis kulit mudah berminyak maka kamu wajib mencari produk khusus oily skin. Pembersih muka yang cocok dengan keadaan kulitmu bisa membuat masalah-masalah seperti minyak yang berlebih, flek hitam dan jerawat akan cepat hilang dan bersih.

3. Mencuci Dengan Air Panas

Source: www.bintang.com

Mencuci muka dengan air yang terlalu panas maupun terlalu dingin wajib kita hindari. Kenapa? Karena ini bisa membuat wajah justru mudah iritasi dan kering lho. Oleh karena itu, jika kamu ingin membersihkan muka dengan maksimal, cobalah ganti dengan air hangat supaya wajahmu tidak begitu kaget dengan suhu airnya.

4. Terlalu Sering Cuci Muka

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit cenderung oily, memang disarankan untuk lebih banyak mencuci muka daripada yang berjenis kulit kering. Tapi ingat, terlalu sering mencuci wajah juga tidak baik bagi kulit meskipun untuk kamu yang berminyak. Jika ini dilakukan terus-menerus, dikhawatirkan akan menipiskan kulit dan tidak baik bagi kesehatan kulit. Maksimal 2-3 kali sehari saja sudah cukup kok.

5. Terlalu Sering Exfoliasi

Source: skin.co.id

Exfoliasi akan baik hasilnya jika kamu tahu cara dan penggunaan yang benar. Pada umumnya, exfoliasi dilakukan sekitar 1-3 kali seminggu. Jangan berlebihan dan sembarang menggosok scrub karena akan membuat kulit mudah infeksi, kering, iritasi dan peradangan. Oleh karena itu, gunakanlah jari-jarimu dalam mengaplikasikan krim exfoliator dengan handuk yang lembab supaya bisa mencegah tergores atau tertariknya kulit. Kamu juga bisa memijatnya secara melingkar dengan lembut untuk hasil yang gemilang.

6. Terburu-buru Membilas

Kalau kita sudah ngantuk dan sibuk, biasanya kegiatan mencuci muka menjadi kegiatan yang paling cepat selesai. Sama seperti mandi kilat, hasilnya tidak baik karena tidak efektif dalam menghilangkan minyak dan kotoran yang ada di kulit. Moeslemates pernah perawatan wajah di spa atau beauty clinic 'kan? Bagaimana cara beautician tersebut mencuci wajahmu? Pasti tidak terburu-buru, pelan-pelan dan menggunakan tehnik pijat memutar, 'kan? Itulah yang selalu saya dapatkan saat sedang perawatan wajah di beauty clinic. Artinya, sebenarnya kita tidak boleh terburu-buru membilas wajah yang sudah disabuni dengan air. Apalagi keadaan wajah kita sedang banyak-banyaknya minyak dan kotoran yang menempel setelah seharian beraktivitas. Yuk mulai biasakan mencuci wajah yang benar dari sekarang.

7. Kebiasaan Menggosok

Source: www2.hm.com

Hati-hati dalam mengaplikasikan masker, pembersih maupun exfoliant. Kalau kamu punya kebiasaan yang satu ini, maka jangan heran jika kulit wajahmu akan cenderung lebih mudah kering yang dapat mempengaruhi elastisitas kulit wajahmu. Tunggulah sampai kulit wajahmu mengering sendiri atau kamu bisa menepuk-nepuknya saja dengan handuk bersih.

8. Pilihan Produk Mahal

Jika kamu membandingkan produk mahal dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu, pasti yang akan jauh terasa manfaatnya adalah produk yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Karena mencuci muka dengan facial wash nggak harus mahal dan branded kok. Kamu bisa mengkonsultasikannya ke dokter yang kamu percayai dalam hal pemilihan facial wash. Saya pun sebelumnya pernah salah dalam menggunakan facial wash yang berakibat wajah jadi mudah berminyak dan timbul jerawat. Tapi setelah memperbaikinya, akhirnya wajah saya yang dulu mudah sekali muncul jerawat baru dan minyak berlebih jadi sangat berbeda karena sudah menemukan facial wash yang sesuai dengan keadaan kulit wajah saya yang sekarang. Jadi, jangan terpengaruh pada merk dan produk yang mahal ya, Moeslemates.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS