4300
  2017-07-14       majalahkasih.pantiwilasa.com

10 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Bikin Rambutmu Rontok

Sebal dengan rambut yang ketika disisir selalu saja rontok? Jangan-jangan kamu masih melakukan ke-10 kebiasaan buruk ini.

Lidya O. 219 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Akhir-akhir ini, rambut saya sering sekali rontok walaupun masih dalam batas normal. Jumlah rambut yang rontok pada umumnya per hari adalah 50-100 helai. Coba deh cek bagaimana dengan rambutmu? Kalau sudah melebihi batas normal, mulai hati-hati nih dari sekarang. Perhatikan juga kebiasaan-kebiasaan buruk yang sangat mempengaruhi rambut rontok. Kita bahas yuk satu per satu!

1. Mencuci Rambut Dengan Air Panas

Mandi dengan air panas memang asyik apalagi sambil berendam. Tapi untuk kamu yang setiap mandi pasti keramas seperti saya ini wajib hati-hati nih Moeslemates. Karena air panas itu ternyata bisa menyebabkan dehidrasi batang rambut lho. Dilansir dari artikel IDN Times oleh Rina Aprilia, air panas juga akan membuat kulit rambut menjadi kering dan merusak akar rambut. Jadi, saya sarankan untuk keramas dengan air dingin saja ya Moeslemates.

2. Pakai Hair Dryer

Source: www.vemale.com

Siapa di antara kalian yang hobi banget mengeringkan rambut dengan hair dryer? Apalagi untuk kita yang berhijab. rasanya malas sekali menunggu rambut kering jika dikibas-kibas dengan anginnya kipas angin. Untuk mempercepat, biasanya kita pakai hair dryer, kan? Terlebih lagi kalau kita lagi terburu-buru. Tapi Moeslemates, mengeringkan rambut dengan hair dryer sehabis keramas ini bisa merusak kutikula atau pelapis rambut lho. Sama halnya dengan menggunakan alat catok yang sangat membahayakan kesehatan rambut. Jadi, gunakan seperlunya saja ya, Moeslemates.

3. Menyisir Rambut Basah

Source: papasemar.com

Satu kebiasaan ini juga yang menjadi kebiasaan saya selama ini. Saya tidak tahu bahwa menyisir rambut dalam keadaan basah ternyata bisa merusak rambut dan membuatnya rontok. Karena ketika rambut masih basah, akar rambut akan mudah lebih rapuh. Perhatikan juga saat kamu menggosok rambut dengan handuk. Kalau keras-keras bisa memperparah kerusakan kutikula rambut lho.

4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Source: zapclinic.com

Mengikat rambut dengan karet gelang adalah satu hal yang selalu saya hindari. Kenapa? Pasti setelah dilepas akan terbawa beberapa helai rambut dan rambut jadi mudah rontok deh. Khusus buat kita yang berhijab, pasti ikat rambut menjadi aksesori yang paling dibutuhkan untuk yang tidak betah digerai rambutnya, termasuk saya. Renggangkan ikatan rambut untuk menghindari kerusakan rambut yang lebih parah.

5. Menggaruk Kepala Terlalu Keras

Menggaruk rambut yang gatal karena ketombe atau yang lainnya boleh saja. Tapi ingat, jangan terlalu keras ya Moeslemates. Karena garukan yang terlalu kuat bisa buat rambut kita mudah lepas.

6. Terpapar Sinar Matahari

Source: www.vemale.com

Beruntunglah kita yang sudah berhijab karena rambut sudah terlindungi aman dari paparan matahari. Sinar UVA sangat mudah membuat perubahan pigmen pada rambut yang menyebabkan rambut berubah warna jadi lebih terang. Sedangkan sinar UVB sangat mudah menurunkan protein pembentuk batang rambut.

7. Jarang Keramas

Source: doktersehat.com

Buat kamu yang malas keramas atau senang memakai dry shampoo ternyata kedua hal ini bisa buat rambut kamu jadi cepat rontok lho. Usahakan untuk keramas dengan rajin ya Moeslemates. Apalagi kalau rambut kamu lepek dan bau karena aktivitas seharian. Sedangkan jika menggunakan dry shampoo, semua kotoran yang menempel di kulit kepala akan menyumbat folikel rambut dan menyebabkan pertumbuhan rambut jadi terhambat.

8. Stres

Stres juga berpengaruh pada kerontokan rambut karena ketika stres, keseimbangan hormon jadi terganggu. Kemudian, kerja saraf simpatis akan meningkat dan mengalirkan darah hanya ke organ utama di tubuh saja seperti jantung, otak dan hati. Akibatnya, darah yang mengalir ke kulit kepala akan menurun. Dengan begitu, nutrisi rambut pun pasti akan menurun.

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS