4298
  2017-07-14       www.tzouma.gr

7 Penyebab Timbulnya Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam yang muncul di permukaan wajah sangat mengganggu. Namun tahukah kamu apa yang menjadi penyebabnya?

Lidya O. 616 views

Assalamu'alaikum Moeslemates.

Beberapa waktu yang lalu, saya bersilaturahim ke rumah kakak perempuan saya di Pekanbaru. Kami yang jarang sekali bertemu langsung akhirnya bisa menghabiskan waktu bersama seperti saat beliau belum menikah dulu. Sempat sesekali kami membahas tentang masalah kulit yang membandel. Salah satunya adalah flek. Kakak perempuan saya yang sudah menikah dan memiliki 4 anak-anak mungil ini mengaku sangat sulit merawat wajah terutama masalah flek hitam. Ternyata, tidak hanya karena faktor usia lho Moeslemates. Banyak faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi kemunculan flek hitam pada wajah. Nah, mumpung kita masih muda, sudah sepatutnya di usia 20 tahunan ini kita mulai memperhatikan kesehatan kulit wajah supaya ketika memasuki usia 30 sampai 40, masalah kulit tidak lagi menjadi pembahasan utama. Untuk itu, simak yuk penjelasan mengenai faktor-faktor penyebab kemunculan flek hitam pada wajah di bawah ini.

1. Gangguan Produksi Pigmen

Source: bagiraclub.ru

Sebagai seorang wanita kita wajib memahami bagaimana caranya merawat diri termasuk kulit wajah. Dan gangguan pigmen kulit rasanya sudah wajar terjadi ya Moeslemates. Kerusakan pada kulit akibat gangguan pigmen ternyata diakibatkan karena kulit banyak memproduksi zat melanin yang menyebabkan munculnya titik coklat di wajah yang kemudian perlahan menjadi hitam. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung konsultasikan ini dengan dokter kecantikan.

2. Gangguan Produksi Hormon

Source: ibudanmama.com

Wanita yang sedang hamil akan mengalami banyak hal-hal tak terduga terkait perubahan bentuk tubuh, gangguan produksi hormon, mood, kulit wajah yang berjerawat, dan masih banyak lainnya yang mungkin mengganggu. Tapi ini biasa dan wajar kok. Nah, flek hitam yang muncul saat hamil maupun sesudahnya juga banyak dialami oleh orang-orang sekitar dan teman-teman saya. Karena produksi hormon yang mengalami gangguan ini, biasanya kulit akan berpotensi lebih besar untuk muncul flek hitam yang awalnya disebabkan oleh gangguan pigmen kulit.

3. Paparan Sinar Matahari

Buat kamu yang tinggal di wilayah tropis yang setiap harinya terkena paparan sinar matahari, jangan sepelekan hal ini! Karena jika dibiarkan terus-menerus tanpa pemberian sunblock dan sebagainya, wajah kamu lama kelamaan akan mudah kena flek hitam karena sinar UV sangat berpotensi untuk merubah pigmen dan memicu produksi zat melanin pada kulit. Jadi, jangan heran kalau di usia 30-an wajahmu sudah mulai timbul flek hitam karena tidak peduli pada sinar matahari yang terpapar langsung.

4. Usia

Faktor usia merupakan faktor yang paling umum diketahui banyak orang mengenai masalah flek hitam ini. Biasanya, di akhir usia 30-an, sudah sangat wajar bermunculan flek. Karena tubuh telah banyak mengalami perubahan seperti sistem metabolisme dan gangguan hormon misalnya.

5. Penyakit Gangguan Hati

Source: rinte.net

Selain dari keempat faktor di atas, penderita penyakit gangguan hati juga bisa mengalami bintik hitam pada wajah lho. Hal ini terjadi ketika tubuh tidak bisa mengeluarkan racun akibat fungsi hati yang terganggu. Beberapa radikal bebas yang ada dalam tubuh kemudian akan menyebabkan flek hitam pada wajah. Wah, ayo kita mulai waspada dan jaga kesehatan mulai dari sekarang ya Moeslemates!

6. Bekas Jerawat

Source: demedicina.com

Jerawatan memang suka bikin jengkel. Apalagi buat jerawat batu. Kadang susah sekali untuk dihilangkan. Tapi, Moeslemates, ada yang lebih menyebalkan dari jerawat. Ya, bekas jerawat. Memang senang sih kalau wajah sudah bebas dari jerawat, tapi untuk benar-benar membersihkan dari bekas jerawat yang kadang kita sebut bopeng ini beneran nggak gampang lho. Dan kalau kita nggak rawat dengan baik efeknya akan berpengaruh pada munculnya flek hitam. Kalau foto bareng dari jarak jauh sih oke, kalau harus close up? Pasti kita nggak pede deh dengan si bintik-bintik hitam ini.

7. Radiasi Komputer

Yang terakhir adalah radiasi komputer. Buat kamu yang kerjaannya setiap hari harus depan laptop, bahaya nih! Selain bisa berpengaruh ke kesehatan mata, ternyata radiasi komputer juga bisa bikin kulit wajah kita jadi muncul flek lho.


Begitulah kira-kira yang bisa saya paparkan mengenai faktor-faktor penyebab munculnya flek hitam. Yuk mulai dari sekarang biasakan diri untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah demi masa depan kulit yang bebas dari flek dan masalah kulit lainnya!

Lidya O. Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Lidya O.
Lidya O.
Japanese Language Teacher & Interpreter.

no comments

Follow Moeslema on SNS