4290
  2017-07-14       www.fimadani.com

6 Sebab Do'a Tidak Terkabul

Yuk hindari do'a yang tertolak dengan membaca 6 sebab do'a tidak terkabul berikut ini!

Official Moeslema Team 984 views

Assalamu'alaikum Moeslemates,

Apa do'a Kamu untuk hari ini?
Apakah masih sama dengan do'a yang kemarin?
Sering berdo'a tapi tak kunjung dikabulkan?
Moeslemates, merasa sering berdo'a tapi tak kunjung dikabulkan, sebaiknya Kamu pastikan tidak ada penyebab tertolaknya sebuah do'a. Apa do'a itu bisa tertolak? Jawabannya "tentu saja!" Pasti ada penyebab dibalik tertolaknya sebuah do'a. Untuk memastikan do'amu bisa terkabul dan tidak ditolak, yuk simak aja 6 sebab do'a tidak terkabul!

1. Ragu Pada Allah

Kunci dari sebuah do'a adalah percaya bahwa do'a tersebut akan dikabulkan. Moeslemates, salah satu sebab do'a tidak terkabul adalah ragu pada Allah SWT. Tidak yakin do'a akan dikabulkan sama halnya dengan meragukan Allah. Padahal dalam sebuah hadits riwayat Bukhari & Muslim dikatakan sesungguhnya Aku (Allah SWT) adalah sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Maka jika Kamu yakin bahwa do'amu akan dikabulkan maka insya Allah akan dikabulkan, begitu pula sebaliknya. Ragu bahwa do'a akan dikabulkan maka secara otomatis tidak akan dikabulkan. Jika Kamu saja tidak yakin dengan apa yang Kamu minta, maka apa mungkin Allah SWT akan kabulkan?

2. Tidak khusyu

Source: sayahafiz.com

Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepada nya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu' kepada Kami. (QS. Al-Anbiya: 90)

Moeslemates, apa Kamu yakin berdo'a dengan khusyu? Salah satu sebab do'a tidak terkabul adalah tidak khusyu ketika berdo'a. Khusyu dalam berdo'a artinya Kamu bersungguh-sungguh meminta kepada Allah SWT. Sekarang jika Kamu tergesa-gesa ketika berdo'a, atau berdo'a dengan memikirkan hal lain, apa bisa disebut bersungguh-sungguh? Sesuai dengan firman Allah SWT berdo'a dengan penuh harap dan berdo'alah dengan khusyu maka akan Allah SWT perkenankan do'anya. Yuk mulai khusyu berdo'a! Jadikan waktu shalatmu sebagai waktu berdo'a terbaik, seperti sedang berkomunikasi dengan Sang Pencipta.

3. Memakan Makanan Haram

Rasulullah bersabda, “Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh rambutnya kusut, mukanya berdebu menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, “Wahai Rabbku! Wahai Rabbku! Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram maka bagaimanakah akan diterimanya doa itu?” (HR Muslim)

Sebab do'a tidak terkabul lainnya adalah memakan makanan haram. Moeslemates Allah memerintahkan manusia yang beriman untuk tidak memakan makanan yang haram, lalu kita mengkonsumsi makanan haram dan meminta sesuatu terhadap Allah SWT, maka apa mungkin do'a akan dikabulkan jika kita saja mengabaikan perintah Allah SWT? Karena sesungguhnya ketika kita memakan makanan yang haram, maka mengalir dalam darah kita sesuatu yang haram pula. Karena itu jika Kamu merasa do'amu tak kunjung dikabulkan, segeralah bermuhasabah diri, apakah kamu tidak memakan makanan yang haram? Salah satu upaya kita untuk terhindar dari makanan yang haram adalah dengan selalu mengecek label halal pada setiap kemasan yang hendak kita beli atau memastikannya sendiri.

4. Berdo'a Sambil Bermaksiat

Berdo'a sambil bermaksiat artinya Kamu berdo'a tapi tetap melakukan dosa. Sesungguhnya manusia tidak pernah terlepas dari dosa, itu memang benar, namun bermaksiat di sini maksudnya Kamu tahu bahwa hal tersebut adalah dosa tapi tetap Kamu lakukan. Hal ini lah yang bertolak belakang dengan do'a. Bagaimana bisa Kamu meminta sesuatu kepada Allah SWT sedangkan Kamu melakukan apa-apa yang dilarang oleh Allah SWT?! Maka sebab do'a tidak terkabul adalah berdo'a sambil terus melakukan kemaksiatan. Naudzubillahi min dzalik Moeslemates, agar do'a Kamu dikabulkan yuk sama-sama menjaga diri dari berbuat dosa, mulai dari hal kecil seperti tidak ghibah/membicarakan kejelekan orang lain.

5. Sombong

Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. (QS. Al-Araf: 55)

Moeslemates, hendaklah menempatkan diri di posisi terendah ketika kita sedang berdo'a, karena sesungguhnya Kamu sedang berhadapan dengan penciptamu dan pencipta seluruh alam ini berikut isinya. Jika Kamu berhadapan dengan guru atau orang yang lebih tua saja Kamu bersikap sopan santun, maka yang Kamu lakukan ketika berdo'a adalah hal yang jauh lebih dalam dari itu. Salah satu sebab do'a tidak terkabul adalah Kamu bersikap sombong saat berdo'a. Sebagaimana firman Allah SWT, berdo'alah dengan suara yang lemah lembut dan berendah diri.

6. Ditunda/Diganti yang Lebih Baik

Moeslemates, jika Kamu sudah menghindari ke-5 sebab do'a tidak terkabul di atas tapi do'anya tetap belum terkabul, maka Allah SWT punya jawaban lain dari do'amu. Sesungguhnya Allah SWT menjawab do'a dengan 3 cara yakni, do'anya langsung Allah SWT kabulkan, Allah menjawab do'anya dengan menggantinya yang lebih baik dan yang terakhir Allah SWT memintamu untuk menunggu dan akhirnya mengabulkan di waktu yang tepat dengan jawaban yang terbaik. Karena itu sebagai seorang muslim yang baik, kita tetap harus berhusnudzan, dan percaya bahwa sesungguhnya Allah mendengar semua do'a-do'a kita dan akan memberikan jawabannya sesuai dengan ketentuan-Nya.


Moeslemates, itu dia 6 sebab do'a tidak terkabul yang mudah-mudahan bisa membuat Kamu terhindar dari do'a-do'a yang tertolak. Berdo'a itu ibarat sedang mengayuh sepeda, lama-lama pasti akan sampai pada arah yang dituju, jadi jangan pernah berhenti berdo'a dan serahkan semua urusanmu pada Sang Maha Cinta Allah SWT, karena hanya pada Allah lah sebaik-baiknya pengharapan. Semoga bermanfaat, selamat berdo'a ^^

Official Moeslema Team Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com
Like our facebook page if you like this article!
Category: ISLAM


Curator Introduction
Official Moeslema Team
Official Moeslema Team
Official Team of Moeslema.com

no comments

Follow Moeslema on SNS