4266
  2017-07-11       www.alibaba.com

Makeup murah, aman gak sih?

Apa benar semua makeup murah itu tidak aman untuk tubuh? Yuk baca pembahasannya di artikel ini.

Audina Sheila 469 views

Halo, Moeslemates. Apa kabar? Semoga kabar kalian semua baik, ya.

Siapa di sini yang suka belanja-belanja makeup online? Kalau iya, kalian pasti sering dong melihat brand-brand makeup yang dijual sangat murah di online shop? Gak tanggung-tanggung, brand makeup murah ini bisa dijual dengan harga sangat rendah, yaitu mulai dari Rp 30.000-an aja!

Seringkali aku melihat banyak komen di akun-akun online shop yang menjual produk-produk ini. “Asli gak sis?” “Produk mana ini sis?” “Kok murah banget ya sis?”. Karena pertanyaan-pertanyaan ini, gak sering sista-sista online shop ini jadi harus menjelaskan panjang lebar mengenai background produk yang mereka jual. Namun sayangnya, masih juga banyak calon pembeli yang meragukan keaslian dan keamanan dari produk-produk murah ini.

Pada artikel ini, aku akan membahas lebih jauh tentang hal-hal yang bisa menyebabkan produk-produk ini sangat murah dibandingkan brand makeup lain yang diimpor dari luar negeri. Oh ya, artikel ini akan fokus membahas brand makeup yang diimpor dari luar negeri ya, bukan brand makeup lokal.

1. Memiliki pabrik di Cina

Source: www.wired.com

Seperti yang kita ketahui, memproduksi barang di Cina jauh lebih murah daripada memproduksi barang di negara-negara barat. Di Cina, upah pekerja dan sewa tempat untuk pabrik tentu saja lebih rendah dibanding negara-negara asal brand makeup ini. Jadi bila kamu memesan brand makeup yang berasal dari USA namun pada packagingnya tertulis Made in China, jangan panik ya.

2. Packagingnya sangat simpel

Berbeda dengan produk-produk impor lain yang packagingnya sangat lucu-lucu, produk-produk ini cenderung memiliki packaging yang basic. Ditambah lagi, bahan dari packaging produk ini mudah rusak karena biasanya hanya terbuat dari plastik.

3. Berasal dari perusahaan yang memproduksi banyak brand makeup

Source: keywordteam.net

Banyak brand makeup seperti ini yang dimiliki oleh satu parent company. Parent company ini membawahi banyak brand makeup sejenis yang murah-murah juga. Jadi brand makeup ini tidak usah menginvest begitu banyak modal, karena produksinya dilakukan di satu perusahaan yang sama. Hal ini tentu menekan biaya produksi dan membuat harga jual lebih murah.

4. Brandnya memang didesain untuk membuat dupe / knock-off dari brand high-end

Brand-brand seperti ini banyak yang fokus memproduksi produk yang sangat mirip dengan brand high-end. Karena alasan ini, research and development yang mereka lakukan tidak sedetil brand high-end yang mereka tiru.

5. Marketingnya sangat minim

Kebanyakan brand-brand seperti ini promosinya sangat minim. Jangankan memiliki brand ambassador artis terkenal, bahkan website official pun kadang tidak ada. Mereka juga jarang memiliki konter offline, yang tentunya juga mengurangi pengeluaran brand.

6. Cek dulu komposisi dan izin jualnya, ya!

Walaupun ada banyak cara yang membuat brand dapat menekan pengeluaran untuk menjual produk dengan harga super murah, tidak berarti kalian bisa langsung mempercayai semua brand yang harganya murah. Selalu double check dan mencari info lebih lanjut tentang produk yang ingin kalian beli. Kalian bisa mencek aman atau tidaknya komposisi suatu produk di website COSDNA.


Pada akhirnya, semua kembali ke pilihan kalian masing-masing. Apabila kalian sudah melakukan research kalian tentang produk-produk ini dan kalian menganggapnya aman, silakan beli. Apabila kalian tidak merasa produk-produk murah ini aman, tidak usah beli karena tidak ada juga yang mengharuskan kalian untuk membeli produk-produk tersebut.

Berhati-hati bukan hanya di jalan saja, tapi juga dalam memilih produk yang kalian gunakan di tubuh kalian. Stay safe & smart, Moeslemates! ☺

Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and bea...
Like our facebook page if you like this article!
Category: FASHION&BEAUTY


Curator Introduction
Audina Sheila
Audina Sheila
A 20 years old student with a passion for writing and beauty.

no comments

Follow Moeslema on SNS